News

Bacaan Doa Qunut Arab, Latin, Hadist Beserta Terjemahan

android62.com – Doa qunut adalah salah satu doa yang dibaca pada sholat subuh (sholat shubuh) dalam kebiasaan beberapa mazhab di dalam Islam. Doa qunut merupakan doa yang dibaca setelah takbir kelima dalam sholat subuh, yaitu setelah takbir “Allahu Akbar” yang kelima.

Doa qunut merupakan doa yang sangat penting bagi umat Islam, karena doa qunut merupakan doa yang dibaca saat seseorang memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT. Silahkan baca selengkapnya di bawah ini kami telah memberikan lengkap dengan terjemahaan dan hadist.

Penjelasan Tentang Doa Qunut Lengkap

Doa qunut biasanya dibaca saat terjadi bencana alam atau saat umat Islam sedang mengalami kesulitan dan kesusahan. Doa tersebut juga dapat dibaca pada sholat dhuha (sholat dhuhur) dan sholat witir (sholat witir). Sholat witir adalah sholat sunnah yang dilakukan setelah sholat maghrib atau sholat isya.

Biasanya dibaca dengan cara berdiri dan mengangkat tangan ke arah kiblat. Doa ini di baca dengan suara yang lantang, namun tidak terlalu keras, sambil membaca dengan hati yang tulus dan ikhlas.

Sehubungan dengan hal itu kami akan memberikan penjelasan hadist mengenai yang bisa kamu pahami sekaligus pelajari.

Hadits Mengenasi Do’a Qunut

Mengenai hadits tentang doa qunut kamu bisa menyimak nya di bawah ini yang telah kami rangkum secara ringkas. Hadits tentang do’a qunut ketika shalat subuh sudahsangat jelas seperti yang telah di jelaskan oleh para ulama’ bermazhab syafi’i.

1. Hadits Ke 1

عَنْ مُحَمّد قَال: قُلْتُ لِأََنَس: هَلْ قَنَتَ رَسُولُ اللّهِ صلّى اللهُ عليْه وسلّمَ فِي صَلاةِ الصّبْحِ؟ قالَ: نعَمْ بعْدَ الركوعِ يسِيرًا. رواه مسلم

Artinya: Dari Muhammad bin Sirin, ia bertanya kepada Anas bin Malik: Apakah Rasulullah qunut saat shalat Subuh? Anas menjawab: Ya, setelah ruku’, sedikit (dengan selisih waktu yang sebentar). (HR Muslim).

2. Hadits Ke 2

مَازَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ فِي الْفَجْرِ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا

Artinya : Dari Anas bin Malik, ia berkata: “Senantiasa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berqunut pada shalat Shubuh sehingga beliau berpisah dari dunia (wafat).”

Hadits yang kedua ini diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaq, ath-Thahawi, Imam Ahmad, Ibnu Abi Syaibah, ad-Daruquthni, al-Hakim dan lainnya.

3. Hadits Ke 3

قَنَتَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأ َبُوْبَكْرٍ وَعُمَرُ وَعُثْمَان رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ (وَأَحْسَبُهُمْ قَالَ: رَابِع) حَتَّى فَارَقَهُمْ.أخرجه الدارقطني والبيهقي وقال: لا نحتجّ بإسماعيل ولا بعمرو

Baca Juga:  Roam Box Plus Mod Apk VIP Unlocked (Unlimited Money)

Artinya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah qunut, begitu juga Abu bakar, Umar, Utsman sampai meninggal dunia. Di riwayatkan oleh Ad-Daruquthni dan Al-Baihaqi Radiyallahu ‘anha.

Dan berikut inilah penjelasan hadist secara ringkas di bawah ini. Berikut ini kami berikan untuk kamu silahkan pahami secara lengkap di bawah ini.

Penjelasan Lengkap Tentang Hadist

Hadis adalah sebuah catatan atau kisah yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW atau sahabat-sahabatnya. Hadis merupakan salah satu sumber hukum dalam Islam, selain Al-Quran.

Doa tersebut merupakan salah satu doa yang dianjurkan dalam agama Islam, dan terdapat beberapa hadis yang menjelaskan tentang keutamaan dan keistimewaan doa qunut. Berikut ini adalah beberapa poin mengenai hadits nya :

  • Doa qunut merupakan doa yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu melakukan sholat subuh, maka hendaklah ia mengucapkan doa qunut”.
  • Dapat membuka pintu rahmat Allah SWT. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW bersabda : “Doa qunut adalah pintu rahmat Allah SWT, maka janganlah kamu meninggalkannya”.
  • Dapat menghapus dosa-dosa. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW bersabda : “Doa qunut adalah penghapus dosa-dosa”.
  • Doa ini dapat menjadi penolong dalam kesulitan. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Nabi Muhammad SAW bersabda : “Doa qunut adalah penolong dalam kesulitan”.
  • Selain itu dapat menjadi penolong dalam perang. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda : “Apabila kamu mengalami kesulitan dalam perang, maka ucapkanlah doa qunut, maka Allah SWT akan menolongmu”.

Demikian adalah beberapa poin mengenai hadis nya. dan silahkan simak bacaan panjangnya di bawah ini yang telah kami berikan beserta arti dan terjemahan nya.

Lafazd Arab Do’a Qunut dan Artinya

Bacaan latin : 

Allahummah dinii fii man haadaiit, Wa ‘aafinii fiiman ‘aafait, wa tawallanii fii man tawallaiit, Wa baarik lii fii ma a’thaiit, Wa qinni birohmatika syarra maa qadhaiit, Fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaiik, Wa innahu la yazillu man wa lait, Wa la ya’izzu man ‘adait, Tabarakta rabbana wa ta’alait, Fa lakal hamdu a’la ma qadhait, Astagfiruka wa atubu ilaik, Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin Nabiyyil ummiyyi Wa ‘ala alihi Wa shahbihi Wa sallam.

Artinya : “Ya Allah berilah aku petunjuk sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah diriku sebagaimana orang-orang yang sudah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan untukku dari apa yang sudah Engkau berikan.

Selamatkanlah diriku dari bahaya kejahatan yang sudah Engkau tentukan. Engkaulah yang berhak menghukum dan bukan dihukum. Tidak akan hina orang yang telah Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang telah Engkau musuhi. Maha Suci Engkau duhai Tuhan kami dan Yang Maha Tinggi.

Bagi-Mu seutuhnya pujian di atas apa yang telah Engkau tentukan. Diriku memohon ampun kepada-Mu dan menyatakan bertaubat kepada-MU. Semoga engkau ya Allah mencurahkan rahmat dan karuniamu atas junjungan kami Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarga, dan semua para sahabatnya.”

Beberapa Macam Bacaan Doa Qunut yang Bisa Kamu Hafalkan

Doa tersebut juga dapat di baca dengan bahasa Arab, namun ada juga yang di baca dengan bahasa Indonesia atau bahasa lainnya. Silahkan simak penjelasan dan doa nya berikut ini, beserta sabda NAbi SAW.

Baca Juga:  Link Kalkulator Kesehatan Mental Online (Viral) Paling Akurat

Ada beberapa macam doa ini yang dapat dibaca, di antaranya adalah:

  • Doa qunut nazilah, yang merupakan doa qunut yang paling umum dibaca pada sholat subuh.

Sebagaimana sabda Nabi SAW

إِنَّمَا قَنَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعْدَ الرُّكُوعِ شَهْرًا أُرَاهُ كَانَ بَعَثَ قَوْمًا يُقَالُ لَهُمْ الْقُرَّاءُ زُهَاءَ سَبْعِينَ رَجُلًا إِلَى قَوْمٍ مِنْ الْمُشْرِكِينَ دُونَ أُولَئِكَ وَكَانَ بَيْنَهُمْ وَبَيْنَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَهْدٌ فَقَنَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَهْرًا يَدْعُو عَلَيْهِمْ

Artinya : “Rasulullah SAW pernah membaca doa qunut satu bulan penuh sambil mendoakan salah satu penduduk daerah Arab,” (HR Abu Dawud dan Ibnu Lahi’ah).

Doa nazilah berbunyi : “Allahumma inna nasta’inuka wa nastaghfiruka, wa nu’minu bika wa natawakkalu ‘alaika, wa nuthni ‘alika al-dayna wa nusni al-hayya. La ilaha illa anta, subhanaka inni kuntu minazh-zhalimin”.

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya kami meminta pertolongan kepada-Mu, memohon ampunan dari-Mu, dan beriman kepada-Mu. Kami berserah diri kepada-Mu dan memohon pertolongan kepada-Mu dalam menghadapi kesulitan. Tidak ada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku adalah orang yang berdosa”.

  • Doa dua bahasa adalah doa qunut yang dibaca dengan bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Doa dua bahasa biasanya digunakan untuk memudahkan umat Islam yang belum menguasai bahasa Arab.
  • Doa lengkap adalah doa qunut yang dibaca dengan mengucapkan semua ayat-ayat yang terdapat dalam Al-Quran yang berkaitan dengan doa qunut. Doa qunut lengkap biasanya dibaca oleh ulama atau orang-orang yang sudah mahir dalam bahasa Arab.

Sampai juga ke pengujung akhir artikel ini. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lainnya di bawah ini.