cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Terhapus – Mungkin Anda suka menggunakan WhatsApp untuk bekerja karena gratis dan mudah digunakan. Mungkin ini merupakan cara mudah untuk tetap berhubungan dengan teman Anda. Bagaimanapun, Anda mungkin memiliki beberapa pesan dan media yang cukup penting di WhatsApp, dan akan membuat Anda stress jika semuanya pesan penting itu tiba-tiba menghilang. Itu sebabnya merupakan ide bagus untuk melakukan backup pesan, foto, dan video WhatsApp Anda. Sangat  penting bagi Anda untuk mengetahui cara backup chat WhatsApp agar chat Anda bisa dikembalikan saat terhapus.

Mengapa melakukan backup WhatsApp yang Anda miliki sangat penting? Hal ini dikarenakan jika Anda mengalami masalah  chat WhatsApp yang terhapus baik secara sengaja maupun tidak sengaja dan Anda ingin mengembalikan chat tersebut, maka sebelumnya Anda harus mengaktifkan fitur backup di WhatsApp terlebih dahulu. Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan bahasan mengenai cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama di Android.

Apa Itu WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi freeware, perpesanan lintas platform, dan layanan Voice over IP (VoIP) yang dimiliki oleh Facebook. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk dapat mengirim pesan teks dan pesan suara, membuat panggilan suara dan video, dan berbagi gambar, dokumen, lokasi pengguna, dan media lainnya. Aplikasi WhatsApp berjalan pada perangkat seluler tetapi juga dapat diakses dari komputer desktop, selama perangkat seluler pengguna tetap terhubung ke Internet saat mereka menggunakan aplikasi desktop. Layanan ini mengharuskan pengguna untuk memberikan nomor ponsel seluler untuk bisa mendaftar ke layanan ini.

Backup WhatsApp dari Android ke iPhone

Jika Anda berencana beralih dari ponsel Android ke iPhone dan ingin mengembalikan chat WhatsApp Anda, maka Anda kurang beruntung. Saat Anda melakukan backup chat WhatsApp di ponsel Android Anda, Anda mencadangkan ke Google Drive. Aplikasi Android WhatsApp menggunakan Google Drive untuk mencadangkan dan mengembalikan pencadangan. Sedangkan aplikasi WhatsApp iOS menggunakan iCloud untuk melakukan keduanya.

Bahkan jika Anda memiliki aplikasi iOS Google Drive, Anda masih tidak dapat mengembalikan chat WhatsApp Android dengan cara backup chat WhatsApp ini. IOS WhatsApp hanya akan berkomunikasi dengan iCloud. Meskipun demikian, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan.

Baca Juga:  Cara Mengetahui dan Cara Melihat Pesan WhatsApp Yang Dihapus

Cara Backup Chat WhatsApp

Sebelum Anda mencoba cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus ini, hal yang harus Anda pastikan adalah Anda sudah mengaktifkan fitur backup di WhatsApp. Untungnya, WhatsApp melakukan secara otomatis melakukan backup chat Anda ke memori ponsel Anda setiap hari. Namun, hal ini tergantung dari pengaturan Anda, Anda juga bisa membuat backup chat ke Google Drive. Dengan cara backup chat WhatsApp  ini, kalau-kalau Anda harus menghapus WhatsApp dari ponsel Anda, pesan Anda akan aman. Pastikan untuk melakukan backup semuanya sebelum Anda memutuskan untuk menghapus aplikasi.

Google Drive merupakan cara terbaik untuk melakukan backup chat WhatsApp Anda. Anda dapat berganti dari ponsel Android ke ponsel Android lainnya, dan Anda dapat membuat pesan dan media mengikuti Anda ke mana pun Anda pergi. Ini juga sedikit asuransi tambahan jika WhatsApp tiba-tiba mengalami kerusakan suatu hari, dan Anda akhirnya sangat terpaksa harus menghapus dan menginstalnya kembali. Disinilah cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus bisa berguna bagi Anda.

Cara backup chat WhatsApp ke Google Drive

  1. Buka aplikasi WhatsApp dari layar beranda atau laci aplikasi ponsel Android Anda.
  2. Pilih ikon menu di kanan atas layar. Ikon menu Ini berupa tiga titik vertikal.
  3. Pilih  Settings.
  4. Pilih Chats.
    cara backup chat whatsapp
  5. Pilih Chat backup.
  6. Pilih Back up to Google Drive untuk memilih frekuensi yang Anda ingin buat terhadap backup chat Anda (kami memilih harian/daily untuk contoh ini).
    cara backup chat whatsapp
  7. Pilih Google account yang ingin Anda buat sebagai tempat backup chat.
  8. Pilih Allow.
  9. Pilih Include videos jika Anda ingin melakukan backup video.
  10. Pilih Backup untuk memulai backup chat WhatsApp pertama Anda.

Sekarang semuanya telah di backup. Sekarang Anda dapat mengembalikan chat WhatsApp setiap kali Anda menginstal ulang WhatsApp, dengan perangkatnya apapun asalkan tetap menggunakan Android. Perhatikan bahwa setiap kali Anda melakukan backup ke Google Drive, WhatsApp juga melakukan backup ke memori internal ponsel Anda, yang berarti akan membutuhkan ruang memori. Jika Anda memiliki aplikasi pengelola file yang sudah diinstal sebelumnya atau seperti ES File Explorer, Anda dapat masuk dan memberi ruang memori jika perlu.

Baca Juga:  Cara Sadap WhatsApp (WA) Lewat Internet Tanpa Verifikasi

Mungkin bijaksana untuk memastikan bahwa baterai ponsel Anda penuh ketika membuat backup chat WhatsApp, karena cadangan pertama bisa memakan waktu cukup lama, tergantung pada ukuran chat Anda. Yang menarik adalah bahwa setiap backup yang Anda lakukan setelah yang pertama bersifat inkremental, yang artinya itu akan menambah cadangan saat ini. Alih-alih menghapus semuanya dan memulai kembali atau menambahkan seluruh backup di atas yang lama, hal ini akan menghabiskan lebih sedikit ruang memori.

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp

Semuanya didukung. Bagus! Anda telah mengubah ponsel atau harus menginstal ulang WhatsApp. Tidak begitu bagus. Sekarang bagaimana Anda mendapatkan semua obrolan Anda kembali? Begini caranya!

Jika suatu saat ponsel Anda tiba-tiba mengalami kerusakan, sehingga mengharuskan Anda untuk menginstall kembali aplikasi WhatsApp. Hal pertama yang Anda pikirkan mungkin adalah bagaimana cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama tersebut. Banyak hal yang bisa menjadikan chat WhatsApp ini terhapus, antara lain karena kerusakan ponsel Android, ganti ponsel Android yang baru, atau secara tidak sengaja maupun disengaja Anda menghapus chat WhatsApp tersebut.

Cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lewat Google Drive

  1. Luncurkan WhatsApp dari layar Beranda atau laci aplikasi Anda.
  2. Pilih Agree and continue.
  3. Masukkan nomor telepon Anda untuk memverifikasinya.
  4. Pilih Next.
  5. Pilih OK.
  6. Pilih Continue.
  7. Pilih Restore
  8. Masukkan nama Anda.
  9. Pilih Next.
    cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus

Sekarang Anda dapat mengakses chat WhatsApp di ponsel Android mana pun yang memasang WhatsApp. Yang harus Anda lakukan adalah masuk. Jadi jika Anda ingin mengembalikan chat WhatsApp Anda dari satu ponsel ke yang lain, ikuti langkah-langkah di atas.

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Terhapus Lama di Android

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Terhapus Lama

Cara paling mudah untuk mengembalikan chat ke ponsel baru adalah dengan menggunakan backup Google Drive. Jika Anda berkeinginan untuk menggunakan backup lokal, Anda perlu mentransfer semua file ke ponsel yang baru menggunakan komputer, file explorer, atau kartu SD. Jika data Anda tidak disimpan di folder /sdcard/WhatsApp/, kemungkinan Anda dapat menemukannya di folder “penyimpanan internal” atau “penyimpanan utama”.

Ponsel Anda akan menyimpan file-file backup lokal yang dibuat dalam tujuh hari terakhir. Google Drive hanya akan menyimpan backup yang terbaru. Jika Anda ingin mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut.

Cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama dengan Backup Lokal

  1. Unduh aplikasi file manajer .
  2. Di aplikasi file manajer, buka sdcard/WhatsApp/Databases. Jika data tidak disimpan di kartu SD, Anda mungkin akan menemukannya di “penyimpanan internal” atau “penyimpanan utama”, bukan di kartu SD.
  3. Ganti nama file cadangan yang ingin dipulihkan dari msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12 ke msgstore.db.crypt12. Sangat mungkin bahwa cadangan yang lebih lama berada pada protokol yang lebih lama, seperti crypt9 atau crypt10. Jangan mengubah nomor ekstensi crypt.
  4. Hapus dan install ulang WhatsApp.
  5. Pilih Restore ketika diminta.

Penyebab Gagal Backup WhatsApp

Jika Anda mengalami kegagalan dalam mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus melalui Google Drive atau memori lokal, maka ada beberapa hal yang bisa menjadi kemungkinan.

Penyebab gagal mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus:

  • Anda tidak terhubung ke akun Google yang sama.
  • Anda tidak menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang digunakan untuk membuat backup.
  • Kartu SD atau riwayat chat rusak.
  • Tidak ada file backup di akun Google Drive atau backup lokal di memori telepon Anda.

Bagi Anda yang sedang mengalami kesulitan mengembalikan chat WhatsApp baik karena ganti ponsel baru atau aplikasi WhatsApp mengalami masalah, Anda dapat mencoba cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama tersebut diatas. Untuk Anda yang ingin mengembalikan chat WhatsApp karena ganti ponsel sangat disarankan untuk mengembalikan chat WhatsApp dengan Google Drive. Bagi Anda yang ingin mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama, dapat menggunakan fasilitas pengembalian chat WhatsApp dengan backup lokal seperti diatas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar!
Masukkan nama disini