Jumat, 14 Agustus 2020
Beranda Media Sosial WhatsApp Cara Mengembalikan Chat WA (WhatsApp) Yang Terhapus Sebelum Backup

Cara Mengembalikan Chat WA (WhatsApp) Yang Terhapus Sebelum Backup

Cara Mengembalikan Chat WA (WhatsApp) Yang Terhapus Sebelum di Backup – Mungkin Anda suka menggunakan WhatsApp untuk bekerja karena gratis dan mudah digunakan. Mungkin ini merupakan cara mudah untuk tetap berhubungan dengan teman Anda. Bagaimanapun, Anda mungkin memiliki beberapa pesan dan media yang cukup penting di WhatsApp, dan akan membuat Anda stress jika semuanya pesan penting itu tiba-tiba menghilang. Itu sebabnya merupakan ide bagus untuk mengetahui cara backup chat whatsapp baik itu pesan, foto, dan video WhatsApp Anda. Sangat  penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengembalikan chat WA yang terhapus sebelum di backup agar chat Anda bisa dikembalikan.

Mengapa melakukan backup WhatsApp yang Anda miliki sangat penting? Hal ini dikarenakan jika Anda mengalami masalah  chat WhatsApp yang terhapus baik secara sengaja maupun tidak sengaja dan Anda ingin mengembalikan chat tersebut, maka sebelumnya Anda harus mengaktifkan fitur backup di WhatsApp terlebih dahulu. Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan bahasan mengenai cara mengembalikan chat WhatsApp (WA) yang terhapus lama di Android.

Cara Mengembalikan Chat WA (WhatsApp) Yang Terhapus Sebelum di Backup

Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus. Silahkan ikuti langkah-langkah yang telah diberikan agar berhasil.

1. Mengembalikan Chat WhatsApp Via Google Drive

Jika suatu saat ponsel Anda tiba-tiba mengalami kerusakan, sehingga mengharuskan Anda untuk menginstall kembali aplikasi WhatsApp. Hal pertama yang Anda pikirkan mungkin adalah bagaimana cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama tersebut. Banyak hal yang bisa menjadikan chat WhatsApp ini terhapus, antara lain karena kerusakan ponsel Android, ganti ponsel Android yang baru, atau secara tidak sengaja maupun disengaja Anda menghapus chat WhatsApp tersebut.

Cara mengembalikan chat WA (WhatsApp) yang terhapus lama lewat Google Drive:

  1. Luncurkan WhatsApp dari layar Beranda atau laci aplikasi Anda.
  2. Pilih Agree and continue.
  3. Masukkan nomor telepon Anda untuk memverifikasinya.
  4. Pilih Next.
  5. Pilih OK.
  6. Pilih Continue.
  7. Pilih Restore
  8. Masukkan nama Anda.
  9. Pilih Next.
    cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus

Sekarang Anda dapat mengakses chat WhatsApp di ponsel Android mana pun yang memasang WhatsApp. Yang harus Anda lakukan adalah masuk. Jadi jika Anda ingin mengembalikan chat WhatsApp Anda dari satu ponsel ke yang lain, ikuti langkah-langkah di atas.

2. Mengembalikan Chat WhatsApp Via Backup Lokal

Cara paling mudah untuk mengembalikan chat ke ponsel baru adalah dengan menggunakan backup Google Drive. Jika Anda berkeinginan untuk menggunakan backup lokal, Anda perlu mentransfer semua file ke ponsel yang baru menggunakan komputer, file explorer, atau kartu SD. Jika data Anda tidak disimpan di folder /sdcard/WhatsApp/, kemungkinan Anda dapat menemukannya di folder “penyimpanan internal” atau “penyimpanan utama”.

Baca Juga:  Aplikasi Sadap WA (WhatsApp) Online Terbaik 2020

Ponsel Anda akan menyimpan file-file backup lokal yang dibuat dalam tujuh hari terakhir. Google Drive hanya akan menyimpan backup yang terbaru. Jika Anda ingin mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut.

Cara mengembalikan chat WA (WhatsApp) yang terhapus lama dengan Backup Lokal:

  1. Unduh aplikasi file manajer.
  2. Di aplikasi file manajer, buka sdcard/WhatsApp/Databases. Jika data tidak disimpan di kartu SD, Anda mungkin akan menemukannya di “penyimpanan internal” atau “penyimpanan utama”, bukan di kartu SD.
  3. Ganti nama file cadangan yang ingin dipulihkan dari msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12 ke msgstore.db.crypt12. Sangat mungkin bahwa cadangan yang lebih lama berada pada protokol yang lebih lama, seperti crypt9 atau crypt10. Jangan mengubah nomor ekstensi crypt.
  4. Hapus dan install ulang WhatsApp.
  5. Pilih Restore ketika diminta.

3. Backup WhatsApp (WA) dari Android ke iPhone

Jika Anda berencana beralih dari ponsel Android ke iPhone dan ingin mengembalikan chat WhatsApp Anda, maka Anda kurang beruntung. Saat Anda melakukan backup chat WhatsApp di ponsel Android Anda, Anda mencadangkan ke Google Drive. Aplikasi Android WhatsApp menggunakan Google Drive untuk mencadangkan dan mengembalikan pencadangan. Sedangkan aplikasi WhatsApp iOS menggunakan iCloud untuk melakukan keduanya.

Bahkan jika Anda memiliki aplikasi iOS Google Drive, Anda masih tidak dapat mengembalikan chat WA Android dengan cara backup chat WhatsApp ini. IOS WhatsApp hanya akan berkomunikasi dengan iCloud. Meskipun demikian, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan.

4. Cara Backup Chat WhatsApp (WA)

Sebelum Anda mencoba cara mengembalikan chat WhatsApp (WA) yang terhapus lama ini, hal yang harus Anda pastikan adalah Anda sudah mengaktifkan fitur backup di WhatsApp. Untungnya, WhatsApp melakukan secara otomatis melakukan backup chat Anda ke memori ponsel Anda setiap hari. Namun, hal ini tergantung dari pengaturan Anda, Anda juga bisa membuat backup chat ke Google Drive. Dengan cara backup chat WhatsApp  ini, kalau-kalau Anda harus menghapus WhatsApp dari ponsel Anda, pesan Anda akan aman. Pastikan untuk melakukan backup semuanya sebelum Anda memutuskan untuk menghapus aplikasi.

Baca Juga:  Social Spy WhatsApp: WhatsApp Spy Tool Online 2020

Google Drive merupakan cara terbaik untuk melakukan backup chat WhatsApp Anda. Anda dapat berganti dari ponsel Android ke ponsel Android lainnya, dan Anda dapat membuat pesan dan media mengikuti Anda ke mana pun Anda pergi. Ini juga sedikit asuransi tambahan jika WhatsApp tiba-tiba mengalami kerusakan suatu hari, dan Anda akhirnya sangat terpaksa harus menghapus dan menginstalnya kembali. Disinilah cara mengembalikan chat WhatsApp (WA) yang terhapus lama bisa berguna bagi Anda.

Cara backup chat WA (WhatsApp) ke Google Drive:

  1. Buka aplikasi WhatsApp dari layar beranda atau laci aplikasi ponsel Android Anda.
  2. Pilih ikon menu di kanan atas layar. Ikon menu Ini berupa tiga titik vertikal.
  3. Pilih  Settings.
  4. Pilih Chats.
    cara backup chat whatsapp
  5. Pilih Chat backup.
  6. Pilih Back up to Google Drive untuk memilih frekuensi yang Anda ingin buat terhadap backup chat Anda (kami memilih harian/daily untuk contoh ini).
    cara backup chat whatsapp
  7. Pilih Google account yang ingin Anda buat sebagai tempat backup chat.
  8. Pilih Allow.
  9. Pilih Include videos jika Anda ingin melakukan backup video.
  10. Pilih Backup untuk memulai backup chat WhatsApp pertama Anda.

Sekarang semuanya telah di backup. Sekarang Anda dapat menerapkan cara mengembalikan chat WhatsApp (WA) yang terhapus lama setiap kali Anda menginstal ulang WhatsApp, dengan perangkatnya apapun asalkan tetap menggunakan Android. Perhatikan bahwa setiap kali Anda melakukan backup ke Google Drive, WhatsApp juga melakukan backup ke memori internal ponsel Anda, yang berarti akan membutuhkan ruang memori. Jika Anda memiliki aplikasi pengelola file yang sudah diinstal sebelumnya atau seperti ES File Explorer, Anda dapat masuk dan memberi ruang memori jika perlu.

Baca Juga:  Cara Sadap WhatsApp (WA) Tanpa Barcode Verifikasi Lewat Internet

Mungkin bijaksana untuk memastikan bahwa baterai ponsel Anda penuh ketika membuat backup chat WhatsApp, karena cadangan pertama bisa memakan waktu cukup lama, tergantung pada ukuran chat Anda. Yang menarik adalah bahwa setiap backup yang Anda lakukan setelah yang pertama bersifat inkremental, yang artinya itu akan menambah cadangan saat ini. Alih-alih menghapus semuanya dan memulai kembali atau menambahkan seluruh backup di atas yang lama, hal ini akan menghabiskan lebih sedikit ruang memori.

5. Penyebab Gagal Backup Chat WhatsApp (WA)

Jika Anda mengalami kegagalan dalam mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus melalui Google Drive atau memori lokal, maka ada beberapa hal yang bisa menjadi kemungkinan.

Penyebab gagal mengembalikan chat WhatsApp (WA) yang terhapus:

  1. Anda tidak terhubung ke akun Google yang sama.
  2. Anda tidak menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang digunakan untuk membuat backup.
  3. Kartu SD atau riwayat chat rusak.
  4. Tidak ada file backup di akun Google Drive atau backup lokal di memori telepon Anda.

Bagi Anda yang sedang mengalami kesulitan mengembalikan chat WhatsApp baik karena ganti ponsel baru atau aplikasi WA mengalami masalah, Anda dapat mencoba cara mengembalikan chat WA (WhatsApp) yang terhapus lama tersebut diatas. Untuk Anda yang ingin memunculkan kembali percakapan WA karena ganti ponsel sangat disarankan untuk mengembalikan percakapan WhatsApp dengan Google Drive. Bagi Anda yang ingin mengembalikan chat WA yang terhapus lama, dapat menggunakan fasilitas pengembalian percakapan WA dengan backup lokal seperti diatas.

android62
android62https://android62.com
android62 merupakan situs berita online tentang informasi terkini seputar gadget Android serta informasi tutorial Android terbaru dan terupdate.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Melihat Pesan WhatsApp (WA) Yang Dihapus

Cara Melihat Pesan WhatsApp (WA) Yang Dihapus - Pernahkan Anda mengalami situasi dimana saat Anda hendak membuka aplikasi WhatsApp untuk membaca pesan yang masuk....

Social Spy WhatsApp: Sadap WhatsApp Online 2020

Cara Menggunakan Social Spy WhatsApp Sadap WhatsApp Online - Mungkin aplikasi WhatsApp spy tool untuk melakukan sadap WhatsApp (WA) yang paling banyak...

Social Spy WhatsApp: WhatsApp Spy Tool Online 2020

Social Spy WhatsApp - Aplikasi Media Sosial saat ini sudah sangat pesat perkembangannya. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi smartphone yang juga berkembang begitu pesat. Bayangkan...

34 KOMENTAR

  1. Saya selalu mencadangkan chat ketika mau nonaktifkan wa, nah semalem sy mau memulihkan. Ketika sudah 30% memulihkan, hpnya mati lobet. Nah skrg ketika sy buka wa lagi, yg ada cm sedikit chat. Chat yg penting2 lainnya ga ada. Itu gmn ya caranya?

  2. min, kalo posisi kita tidak pernah mencadangkan ,harian,mingguan atau bulanan dan tidak juga di google drive, pesan ny sudah d hapus bberapa hari lalu.bisa d pulihkan tidak? mohon bantuannya

  3. Min saya login wa di hp A karena hp saya yg B sedang rusak, tetapi di hp A tidak ada data backup chat pada akun google nya, kalo nanti saya logout di hp A terus login lagi di hp B kalo hp nya sudah selesai diperbaiki apakah history chat di hp B tetap ada? Itu sama2 hp android

  4. Min, mau nanyak
    Kalau misalnya wa kita gk di cadangkan di google drive dan didatabasenya itu di hpus apakah bisa di pulihkan kebali, tolong di akrab ya min, trima kasih min

  5. Handphone saya ke reset sblm chat di cdangkan, pas masuk lagi, kontak sya sudah tidak ada dan hanya tersisa grup saja. Nomornya pun tidak ke save. bisa tidak melihat chat terakhir?

  6. Tadi pagi saya buka wa, lalau ada tulisan ”menginisiasi”…. Truss semua chat pribadi hilang hilang dan utk chatt grup saya seperti baru ditambahkan ke grup tersebut…
    Mohon bantuannya…
    Nb: setelah hal diatas terjadi saya sempat mengklik”cadangkan” pada setelan chat…

    terimakasih

  7. Sy sdh cb pulihkan chat lokal. Berhasil. Hny sj, pemulihan chat lokal hny bs tampil 1 hari sj sesuai pilihan hari yg kita pilih y? & ternyata chat hari ini yg sdg berlangsung tdk ditampilkan (tertindih)? . Bs nggak memulihkan chat lbh dr 1 hari sekaligus?

  8. Min saya mau memulihkan chat yg kehapus dan belum sempat di backup februari dan maret tapi di database nya cuma ada pilihan tgl 28 maret – 5 april gimana ya?

  9. bagaimana caranya mengembalikan chat yang sudah lama hilang jika data backup tersebut sudah terhapus karena alasan memori internal hp sudah overload.
    terimakasih

    • Kalau file backup yang ada di memori HP sudah tidak ada lagi satu-satunya solusi adalah dengan mengecek lewat Google Drive. Jika sebelumnya fitur backup dengan Google Drive tidak diaktifkan, maka chat tidak bisa dikembalikan lagi. Karena tidak ada file backup yang tersedia.

  10. jika chat dihapus beberapa saat setelah dibuat maka tidak bisa dibuka kembali karena biasanya backup dilakukan pada malam hari sehingga data backupnya pun tanpa data yang sudah dihapus, termasuk yang direkam pada msgstore WA juga datanya sudah terhapus.

    • kalau kita menghapus data mgstore karena memori penuh, namun data mgstore wa nya terlebih dahulu telah dipindahkan ke pc, bisa ga kita copas data mgstore nya lagi ke tempat semula dan mengembalikan chat wa sebelumnya yang terhapus ?

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama disini

ARTIKEL TERBARU

Cara Kerja NFC Pada Smartphone (Penjelasan Lengkap)

Cara Kerja NFC Pada Smartphone - NFC menjadi sangat umum sebab pertumbuhan sistem pembayaran di internet seperti Samsung Pay serta Android Pay. Terutama begitu...

Cara Melihat Pesan WhatsApp (WA) Yang Dihapus

Cara Melihat Pesan WhatsApp (WA) Yang Dihapus - Pernahkan Anda mengalami situasi dimana saat Anda hendak membuka aplikasi WhatsApp untuk membaca pesan yang masuk....

Pengaruh Game Terhadap Anak dan Remaja (Waspada)

Pengaruh Game Terhadap Anak - Ada perbedaan antara membesarkan anak-anak saat ini dan cara orang tua mereka dibesarkan oleh orang tua mereka. Alasan utama...

Urutan Jenis Layar HP Terbaik Saat Ini Untuk Smartphone

Layar HP Terbaik - Saat ini banyak sekali jenis layar smartphone yang ada di pasaran. Layar smartphone berfungsi sebagai penghubung antara perangkat smartphone dan...

Chipset Terbaik Untuk Smartphone Android (Update 2020)

Chipset Terbaik Smartphone - Pada sebuah smartphone, performa satu buah Sistem-on-Chip (SoC) atau chipset yang terdiri dari bermacam-macam komponen termasuk CPU serta GPU merupakan...

ADVERTISEMENTS