Cara Mengganti Kata Sandi (Password) Facebook

Cara Mengganti Kata Sandi Facebook – Keamanan Facebook bukan sesuatu yang bisa dianggap enteng. Situs media sosial ini adalah merupakan situs yang paling banyak disasar oleh peretas yang ingin mencuri akun login Anda dan berpotensi mengunci Anda keluar dari akun Anda. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengganti password Facebook agar Anda bisa merubahnya kapan saja.

Salah satu cara Anda dapat mencegah hal ini terjadi atau setidaknya secara drastis mengurangi peluang Anda untuk diretas adalah dengan secara teratur mengubah kata sandi atau password Facebook Anda. Oleh karena itu Anda harus tahu cara mengganti kata sandi Facebook ini.

Untungnya, membuat kata sandi baru mudah di situs web Facebook saat dibuka di browser web Anda maupun di aplikasi seluler Facebook. Hanya perlu beberapa menit dan akan membantu akun Facebook Anda tetap aman. Hal ini akan memberi Anda ketenangan pikiran karena akun Facebook Anda akan sulit untuk diretas.

Cara Mengganti Kata Sandi Facebook Lewat Komputer (PC)

Meskipun saat ini Facebook sudah dapat diakses melalui perangkat seluler, namun masih banyak orang yang lebih suka membuka akun Facebook mereka melalui perangkat komputer atau PC. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan perangkat komputer, akan lebih puas karena memiliki tampilan layar yang lebar. Bagi Anda yang lebih sering online Facebook dengan komputer, tidak ada salahnya untuk sesekali mengganti kata sandi (password) Facebook yang Anda miliki agar lebih aman dari gangguan peretas. Berikut ini adalah cara mengganti kata sandi Facebook melalui komputer atau PC.

Cara mengganti password facebook :

1. Navigasikan ke https://www.facebook.com dan di sudut kanan atas layar Anda, cari panah yang menghadap ke bawah, dan klik untuk membuka menu drop down.

2. Di bagian bawah menu, cari opsi “Pengaturan” dan klik untuk pergi ke halaman pengaturan akun Anda.

3. Pilih “Keamanan dan info Login“. Cari bagian “Login“, dan di sebelah opsi “Ubah kata sandi“, klik edit. Kata sandi yang lebih panjang dan lebih rumit dapat membantu menjaga akun Anda lebih aman.

cara mengganti kata sandi facebook

4. Konfirmasikan kata sandi Anda saat ini, lalu pilih yang baru dan masukkan dua kali untuk mengonfirmasi.

5. Klik “Simpan Perubahan” untuk mengonfirmasi kata sandi baru Anda.

Cara Mengganti Kata Sandi Facebook Lewat HP Android

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa saat ini semakin banyak orang yang mengakses akun Facebook mereka dengan menggunakan smartphone. Ada banyak alasan mereka memilih hal ini, salah satu alasan yang paling kuat adalah kemudahan akses smartphone yang memungkinkan pengguna untuk mengakses akun Facebook mereka dimana saja. Meskipun layar yang dimiliki oleh smartphone tidak besar seperti layar komputer, kemudahan akses ini yang menjadi keunggulan tersendiri. Berikut ini adalah cara mengganti kata sandi Facebook melalui HP Android.

Cara mengganti password facebook :

1. Setelah membuka aplikasi Facebook, cari tiga garis horizontal di sudut kanan atas layar Anda, dan klik untuk membuka menu opsi navigasi.

2. Geser ke bawah hingga Anda mencapai bagian “Pengaturan & Privasi“, klik, lalu klik lagi pada “Pengaturan“.

3. Pada layar berikutnya, di bawah “Keamanan,” klik opsi “Keamanan dan Login” untuk dibawa ke layar berikutnya yang mengungkapkan preferensi login Anda.

4. Di bawah “Login” klik “Ubah kata sandi“.

5. Pada layar ubah kata sandi, masukkan kata sandi Anda saat ini serta kata sandi yang baru Anda pilih dua kali, klik “Simpan Perubahan” untuk menyimpan preferensi Anda. Kata sandi Facebook Anda sekarang diubah. Sekali lagi, kata sandi yang lebih panjang dan lebih rumit dapat membantu menjaga akun Anda lebih aman.

cara mengganti password facebook

Saat Anda membuat kata sandi (password) baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Antara lain:

  • Kata sandi Anda harus mudah diingat, tetapi sulit ditebak oleh orang lain.
  • Kata sandi Facebook Anda harus berbeda dengan kata sandi yang digunakan untuk login ke akun lain, seperti email atau akun bank Anda.
  • Kata sandi yang lebih panjang biasanya lebih aman.
  • Kata sandi Anda tidak boleh berupa email, nomor telepon, atau tanggal ulang tahun Anda.

Baca Juga:  Cara Memblokir Akun Facebook (FB) Sendiri Lewat HP dan Komputer

Jika Anda melihat pesan yang memberitahukan bahwa kata sandi (password) yang dimasukkan kurang kuat, coba gunakan perpaduan huruf besar dan kecil. Anda juga bisa membuat kata sandi yang lebih rumit dengan membuatnya lebih panjang menggunakan frasa atau rangkaian kata yang mudah diingat, tetapi tidak diketahui oleh orang lain. Panduan cara mengganti kata sandi Facebook diatas cukup mudah bukan?

Cara Mereset Kata Sandi Facebook

Bagaimana jika ternyata Anda lupa dengan kata sandi (password) akun Facebook yang Anda miliki? Tentu hal ini akan menjadikan Anda tidak bisa masuk ke akun Facebook yang Anda miliki. Tapi tenang saja, Facebook telah menyediakan fasilitas bantuan bagi Anda yang mengalami lupa kata sandi atau password ini.

Cara mereset password Facebook :

  1. Buka Halaman Facebook “Temukan Akun Anda“.
  2. Ketikkan email, nomor ponsel, nama lengkap, atau nama pengguna yang terhubung dengan akun Facebook Anda, lalu klik Cari.
  3. Ikuti petunjuk di layar.

Cara Mereset Kata Sandi Facebook

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Facebook

Perlu dicatat bahwa jika Anda tidak cukup mempercayai kata sandi sederhana untuk melindungi akun Anda. Anda memiliki opsi untuk menambahkan otentikasi dua faktor ke login Facebook Anda. Selain cara mengganti kata sandi Facebook, kami juga akan memberikan  panduan untuk menggunakan autentikasi dua faktor di Facebook.

Baca Juga:  Cara Melihat Orang Yang Sering Ngintip FB Kita Tanpa Aplikasi

Alih-alih memasukkan kata sandi Anda untuk masuk ke Facebook, Anda juga harus memasukkan kode khusus yang dikirimkan ke nomor telepon Anda yang dikonfirmasi setiap kali Anda mencoba mengakses situs tersebut.

Otentikasi dua faktor Facebook hanya masuk ketika login aktif kedaluwarsa atau Anda masuk dari perangkat lain. Anda tidak perlu memasukkan kode jika sudah masuk ke situs melalui aplikasi atau komputer Anda.

Cara menggunakan autentikasi dua faktor Facebook :

1. Buka Pengaturan Keamanan dan Login dengan mengklik tanda panah kebawah di sudut kanan atas Facebook dan mengklik Pengaturan > Keamanan dan Info Login.

2. Geser turun ke bawah di bagian Gunakan autentikasi dua faktor dan klik Edit.

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Facebook

3. Akan muncul dialog Tambahkan Keamanan Extra Dengan Autentikasi Dua Faktor. Klik Mulai.

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Facebook

4. Pilih Metode Keamanan yang ingin Anda tambahkan kemudian klik Selanjutnya. Ikuti petunjuk di layar. (Metode SMS disarankan)

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Facebook

5. Anda akan diminta untuk memasukkan kode yang dikirim ke nomor HP Anda (Jika Anda memilih metode keamanan melalui SMS). Klik Selanjutnya dan ikuti petunjuk di layar.

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Facebook

Untuk dapat menggunakan fasilitas autentikasi dua faktor ini, pastikan bahwa Anda sudah mengedit nomor HP yang ada di Facebook. Pastikan bahwa nomor HP tersebut aktif. Karena setiap Anda login, akan diminta untuk memasukkan kode yang telah dikirimkan lewat SMS ke nomor HP Anda.

Itulah beberapa cara mengganti kata sandi Facebook yang dapat Anda lakukan untuk menambah keamanan akun Facebook yang Anda miliki. Pastikan bahwa Anda sudah benar-benar memahami cara tersebut di atas sebelum menerapkannya. Karena jika Anda salah dalam mengisi kata sandi atau password, maka Anda tidak akan bisa login ke akun Facebook yang Anda miliki. Semoga artikel cara mengganti password Facebook ini bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar!
Masukkan nama disini