Daftar Radiasi HP Tertinggi dan Terendah

Saat ini, dimungkinkan untuk melihat seseorang bertahan hidup tanpa kebutuhan dasar kehidupan, tetapi tidak tanpa smartphone. Smartphone telah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan kita sehari-hari. Dari pekerjaan profesional hingga pekerjaan akademik dan tugas sehari-hari. Perangkat genggam ini telah membawa segalanya di telapak tangan kita. Artikel kali ini akan membahas tentang beberapa HP smartphone dengan radiasi HP tertinggi yang ada di pasaran saat ini.

Semua tidak ada yang sempurna dan semuanya datang dengan harga. Semuanya memiliki pro dan kontra. Dalam hal HP smartphone, kontra pada dasarnya adalah radiasi yang dipancarkan dari ponsel. Radiasi ini dapat memiliki efek jangka panjang pada kesehatan pengguna. Meskipun penelitian longitudinal yang komprehensif tentang efek radiasi sulit dilakukan dan dianalisis secara menyeluruh, tetap saja data yang dapat dikumpulkan dapat bermanfaat bagi pengguna.

Bundesamt für Strahlenschutz, Kantor Federal Jerman untuk Perlindungan Radiasi, berhasil mengumpulkan banyak sekali data radiasi HP tertinggi yang berguna, berkat serangkaian telepon yang tersedia di sana. Informasi seperti tingkat radiasi yang dipancarkan ditentukan, kriteria juga ditetapkan. Tingkat penyerapan diukur dalam watt per kilogram.

Baca Juga:  Cara Sadap WhatsApp Online dan Sadap WhatsApp Web

Ditemukan bahwa Samsung Galaxy Note 8, dari semua smartphone, menghasilkan radiasi paling sedikit (0,17 watt per kilogram). Bahkan sejumlah ponsel Samsung dikenal karena menciptakan tingkat radiasi yang rendah. Apple di sisi lain, memiliki beberapa iPhone yang dikenal untuk menghasilkan radiasi HP tertinggi. Namun Mi A1 dari Xiaomi mengambil nominasi dalam hal memancarkan radiasi HP tertinggi. Mengikutinya dalam daftar ini adalah ponsel China lain yang disebut OnePlus 5T. Ponsel Apple yang ditampilkan memiliki radiasi cukup tinggi adalah iPhone 7 dan 8.

Berbicara tentang level radiasi tinggi dan radiasi rendah, harus dicatat bahwa tidak ada level yang ditetapkan yang dapat dianggap “aman”. Namun “Der Blaue Engel”, sertifikasi Jerman untuk ramah lingkungan memastikan untuk hanya mengesahkan telepon tersebut yang tingkat penyerapannya kurang dari 0,60 watt per kilogram.

Daftar Radiasi HP Tertinggi dan Terendah

Berikut adalah daftar sejumlah smartphone, mulai dari penghasil radiasi tingkat rendah yang “aman” dan yang tinggi dan berpotensi berbahaya.

Ponsel Memancarkan Radiasi Paling Sedikit Tingkat penyerapan (dalam watt per kilogram) Ponsel Memancarkan Radiasi Terbanyak Tingkat penyerapan (dalam watt per kilogram)
Samsung Galaxy Note8 0.17 Xiaomi Mi A1 1.75
ZTE Axon Elite 0.17 OnePlus 5T 1.68
LG G7 0.24 Xiaomi Mi Max 3 1.58
Samsung Galaxy A8 0.24 OnePlus 6T 1.55
Samsung Galaxy S8+ 0.26 HTC U12 life 1.48
Samsung Galaxy S7 edge 0.26 Xiaomi Mi Mix 3 1.45
HTC U11 life 0.28 Google Pixel 3 XL 1.39
LG Q6/Q6+ 0.28 OnePlus 5 1.39
Samsung Galaxy S9+ 0.29 iPhone 7 1.38
Motorola Moto g5 plus 0.30 Sony Xperia XZ1 Compact 1.36
Motorola Moto Z 0.30 HTC Desire 12/12+ 1.34
Samsung Galaxy j6+ 0.31 Google Pixel 3 1.33
ZTE Blade A610 0.31 OnePlus 6 1.33
Samsung Galaxy j4+ 0.32 iPhone 8 1.32
Samsung Galaxy S8 0.32 Xiaomi Redmi Note 5 1.29
ZTE Blade V9 0.32 ZTE AXON 7 mini 1.29

Sumber: Bundesamt für Strahlenschutz, Kantor Federal Jerman untuk Perlindungan Radiasi

Dengan demikian, terbukti dari tabel diatas bahwa Ponsel Samsung menghasilkan radiasi tingkat rendah yang hampir setengah dari patokan yang ditentukan (0,6). Di sisi lain, tingkat radiasi yang dihasilkan Xiaomi dan Apple lebih dari dua kali lipat dari tolok ukur itu.

Meskipun wawasan radiasi HP tertinggi ini mungkin tidak akan berpengaruh pada penjualan ponsel Samsung atau Apple saat ini, mengejar gaya hidup yang lebih aman tentunya dapat memiliki peran besar untuk kebaikan di masa depan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar!
Masukkan nama disini