Blog

Cara Mematikan Talkback Xiaomi

Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi

Penggunaan Talkback sering dicari oleh pengguna smartphone dengan merek Xiaomi. Software ini bertujuan membaca layar pada perangkat Android, dan sangat membantu bagi orang dengan keterbatasan khusus.

Saat pengguna menyentuh menu atau aplikasi di ponsel Xiaomi, suara instruksi terkait menu yang dipilih akan muncul. Namun, tidak semua perangkat Android memiliki fitur Talkback di dalamnya.

Ada cara untuk memasang fitur Talkback secara manual dengan mengunduh aplikasinya di Google Play Store secara gratis. Namun, banyak pengguna ingin menonaktifkan fitur ini namun tidak tahu caranya.

Fitur ini memungkinkan pengguna dengan keterbatasan penglihatan tetap bisa mengoperasikan perangkat mereka, namun bagi pengguna normal, fitur ini bisa mengganggu aktivitas mereka.

1. Cara Mematikan Talkback Xiaomi Melalui Tombol Volume

Cara ini dapat dilakukan apabila aksesibilitas pintasan tombol volume aktif untuk fitur Talkback. Berikut langkah-langkahnya:

  • Nyalakan ponsel Xiaomi anda.
  • Buka kunci HP dengan cara geser layar ke atas menggunakan 2 jari, lalu masukkan sandi, pin, atau pola
  • Tekan dan tahan tombol volume atas dan volume bawah secara bersamaan selama kurang lebih 3 detik.
  • Fitur Talkback akan langsung dinonaktifkan.

2. Cara Mematikan Talkback Xiaomi dengan Menu Pengaturan

Jika cara pertama tidak berhasil, anda bisa mencoba menonaktifkan fitur Talkback melalui menu pengaturan ponsel Xiaomi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Nyalakan ponsel Xiaomi anda.
  • Buka kunci HP dengan cara menggeser layar ke atas menggunakan 2 jari, lalu masukkan pola, sandi, atau pin untuk membuka layar.
  • Pilih Setelan atau pengaturan dengan cara menggeser dua kali pada menu setelan untuk membukanya.
  • Kemudian gulirkan layar ke atas dan pilih menu “Setelan tambahan” dengan tap 2 kali untuk membukanya.
  • Pada menu Setelan Tambahan, klik dua kali pada menu Aksesibilitas.
  • Pilih “Talkback” dan ketuk dua kali untuk membukanya.
  • Klik dua kali pada tombol aksesibilitas.
  • Klik dua kali pada “Hentikan Talkback” untuk menonaktifkan fitur Talkback.

Alasan Menonaktifkan Fitur Talkback

Pengguna Xiaomi ingin menonaktifkan fitur Talkback karena penggunaan fitur ini mengganggu aktivitas sehari-hari. Saat fitur Talkback aktif, ponsel akan selalu mengeluarkan suara setiap kali digunakan, sehingga banyak pengguna merasa terganggu dengan hal ini.

Ketika fitur Talkback aktif, pengguna harus menggunakan 2 jari untuk mengoperasikan layar, dan harus menekan dua kali untuk membuka menu, aplikasi, atau fitur lainnya.

Akhir Kata

Dengan mengetahui cara menonaktifkan fitur Talkback pada Xiaomi, pengguna dapat memperbaiki pengalaman penggunaan ponsel mereka. Bagikan informasi ini kepada teman atau keluarga yang memerlukan informasi ini dan jangan lewatkan informasi menarik lainnya di situs kami.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button