Cara Membuat Story di Telegram

Membuat Cerita di Telegram

– Telegram baru-baru ini mengumumkan peluncuran fitur story yang mirip dengan fitur yang ada di WhatsApp. Apakah kamu sudah tahu cara membuat cerita di Telegram? Jika belum, mari kita simak cara membuat cerita di Telegram dalam artikel ini.

Telegram Story memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video yang akan hilang setelah beberapa saat, mirip dengan cerita di WhatsApp dan Instagram. Namun, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih berapa lama cerita tersebut akan tersedia, mulai dari 6, 12, 24, hingga 48 jam. Selain itu, Telegram juga memungkinkan pengguna membuat daftar dengan konten berbeda untuk setiap cerita.

Hal ini berarti pengguna dapat berbagi cerita tertentu dengan teman, dan cerita lainnya hanya untuk rekan kerja. Yuk, simak cara membuat cerita di Telegram namun sebelumnya, mari kita lihat informasi lebih detail di bawah ini.

Fitur Cerita Telegram

Bukan hanya cara membuat cerita di Telegram yang penting untuk diketahui, namun juga penting untuk memahami layanan-layanan yang terdapat dalam fitur tersebut. Manfaatkan seluruh fasilitas yang tersedia untuk membuat ceritamu semakin menarik. Berikut adalah beberapa layanan yang terdapat dalam fitur ini:

  • Ikon Pensil: Ikon ini berguna untuk menggambar dengan berbagai macam pilihan kuas dan warna. Kamu juga dapat menambahkan bentuk seperti segi empat, lingkaran, bintang, dan panah.
  • Ikon T dengan Tanda Plus: Digunakan untuk menambahkan tulisan di dalam gambar cerita. Kamu dapat menulis keterangan di dalam gambar, mengatur warna dan font, serta menambahkan emoji.
  • Ikon Stiker: Tombol ini akan menambahkan stiker pada ceritamu, dan juga memungkinkanmu untuk menyelipkan lokasi.
  • Atur Preset: Di sini kamu dapat mengatur preset gambar mulai dari kecerahan, efek blur, dan banyak lagi.

Cara Membuat Cerita di Telegram

Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna premium, namun kini fitur cerita sudah tersedia untuk semua pengguna. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat cerita di Telegram:

  • Buka aplikasi Telegram di ponselmu.
  • Login ke akun Telegram dan di halaman beranda, geser sampai muncul bulatan-bulatan cerita.
  • Klik tombol plus (+) atau ikon kamera untuk membuat cerita baru, sehingga kamu akan langsung diarahkan ke halaman kamera.
  • Tangkap gambar atau video baru menggunakan kamera Telegram, atau unggah foto dan video dari galeri ponselmu.
  • Di halaman editing, sesuaikan gambar dengan kebutuhanmu. Misalnya, tambahkan ilustrasi, teks, emoji, dan atur preset gambar dan video dengan mudah.
  • Atur berapa lama cerita ditampilkan, lalu klik ikon 24 dengan lingkaran terputus dan pilih durasi yang diinginkan. Akun premium bisa mengatur tampilan cerita selama 8, 12, dan 48 jam, sedangkan akun non-premium hanya tersedia opsi 24 jam.
  • Tambahkan caption jika diperlukan, lalu klik Lanjut untuk melanjutkan proses pembuatan cerita di Telegram.
  • Atur siapa saja yang dapat melihat unggahanmu pada pop-up izin tampilan yang muncul.
  • Geser toggle postingan di profil Saya menjadi OFF jika tidak ingin unggahan disimpan pada profil lebih dari durasi yang diinginkan.
  • Terakhir, klik Posting Cerita dan ceritamu akan terupload secara otomatis pada akun Telegram milikmu.

Kelebihan Fitur Cerita Telegram

Jika kamu sudah memahami cara membuat cerita di Telegram dan fiturnya, sekarang mari kita pahami kelebihan fitur cerita di Telegram jika dibandingkan dengan sosial media lainnya. Berikut adalah kelebihannya:

1. Atur Durasi Penayangan Cerita

Fitur ini memungkinkan pengaturan durasi penayangan cerita lebih fleksibel dibandingkan dengan sosial media lainnya. Telegram menawarkan pilihan 8, 12, 24, dan 48 jam serta penayangan secara permanen pada profil, namun opsi ini hanya tersedia untuk pengguna premium.

2. Akses Tangkapan Layar

Pengguna dapat mengatur izin tangkapan layar pada cerita mereka, sehingga cerita tidak bisa di-screenshot oleh orang lain.

3. Fitur Tambahan yang Beragam

Telegram memberikan ruang untuk mengedit preset gambar dan video, serta menawarkan beragam pilihan font untuk kreativitas yang lebih variatif.

4. Filter Penonton

Telegram menyediakan fitur filter penonton cerita, memungkinkan pengguna untuk mengurutkan penonton berdasarkan preferensi.

Kesimpulan

Itulah informasi lengkap mengenai Cara Membuat Cerita di Telegram. Proses pembuatan cerita di aplikasi Telegram tidak sulit, asalkan kamu mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. Semoga informasi ini membantu, dan jika bermanfaat, jangan ragu untukbagikan artikel ini ke sosial media milikmu. Terima kasih dan selamat mencoba!

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button