Cara Mencari Channel Indosiar di TV Digital


Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi menghentikan penyiaran Televisi Analog sesuai dengan UU No:11/ tentang Cipta Kerja.

Perbedaan TV Analog dengan digital dijelaskan dalam buku Manajemen Media Kontemporer: Mengelola Media Cetak, Penyiaran, dan Digital yang disusun oleh Muhammad Ikhwan (:280).

Dalam buku tersebut, perbedaan utama siaran TV Analog dan Digital adalah jenis sinyal yang di transmisikan.

Pada TV Analog, sinyal yang di transmisikan adalah sinyal Analog sedangkan di TV Digital yang di transmisikan adalah Bit-bit data.

TV digital dengan sinyal bit akan menghasilkan gambar yang lebih tajam dengan kualitas yang High Definition Television (HDTV).

Akan tetapi untuk mendapatkannya, anda terlebih dahulu harus memiliki TV Digital DVB-T2 atau menambah perangkat Set Top Box TV Digital.

Setelah memiliki salah satu alat diatas, anda bisa mengikuti cara mencari channel Indosiar di TV digital yang kami bagikan pada artikel dibawah ini.

Langkah-Langkah Mencari Channel Indosiar di TV Digital

Setelah penyiaran Analog dihentikan, muncul masalah baru dimana siaran Indosiar tidak muncul di Set Top Box TV digital atau bahkan ada yang belum melihat channel Indosiar semenjak memiliki STB.

Lalu, bagaimana cara menemukan channel Indosiar di Set Top Box?

Indosiar merupakan salah satu siaran Televisi (TV) Favorit yang sudah pindah dari Analog ke sinyal digital.

Banyak pengguna Set Top Box yang mengeluhkan channel Indosiar hilang di TV digital padahal sebelumnya sudah tersimpan.

Tentu saja hal ini adalah permasalahan yang harus segera diatasi, terutama bagi penggemar siaran Indosiar.

Pasalnya ada beberapa alasan yang membuat siaran Indosiar tidak ada di TV Digital, namun alasan umum adalah karena kualitas antena atau lokasi pengguna yang cukup jauh dari pemancar sinyal.

Hal tersebut membuat frekuensi TV Digital yang didapatkan tidak diterima dengan maksimal.

STB yang tidak ada siaran Indosiar dapat disebabkan karena kualitas antena yang digunakan kurang baik.

Selain itu, model antena juga sangat berpengaruh dengan banyaknya channel TV Digital yang didapatkan.

Disarankan untuk menggunakan antena Outdoor agar mendapat hasil yang maksimal.

Apabila siaran Indosiar hilang di TV Digital anda, tenang saja karena anda bisa mencoba beberapa metode dibawah ini untuk mengembalikannya.

1. Menggunakan Alat Set Top Box

Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut sebagai cara mencari channel Indosiar di TV digital dengan STB, yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, siapkan antena TV biasa dan usahakan pasang di luar ruangan pada posisi tinggi agar kekuatan sinyalnya maksimal.
  • Setelah itu, hubungkan kabel antena ke STB dan hubungkan kabel RCA atau HDMI dari STB ke TV.
  • Nyalakan TV dan ubah Mode TV ke AV pada Remote.
  • Selanjutnya, nyalakan STB dan tunggu sampai STB muncul di layar TV.
  • Pada remote STB, buka menu Instalasi > Pencarian Channel > dan Scan.
  • Tunggu sampai proses pencarian (Scan) semua channel selesai.

2. Menggunakan DVB-T2

Apabila anda sudah mempunyai TV digital yang bisa otomatis menerima siaran digital.

Maka berikut adalah langkah-langkah cara mencari channel Indosiar di TV digital DVB-T2 yang harus dilakukan! Detailnya yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, siapkan antena TV biasa dan usahakan pasang di luar ruangan di posisi tinggi agar kekuatan sinyal bisa maksimal diterima.
  • Berikutnya, hubungkan kabel antena ke Port Antena pada bagian belakang TV.
  • Nyalakan TV anda dan pilih tombol Menu pada Remote.
  • Kemudian, pilih Program > Pencarian Channel > Digital.
  • Nanti secara otomatis akan dilakukan proses pencarian (Scan) semua channel, termasuk juga kanal Indosiar.

3. Dengan Reset Ulang STB

Melakukan reset ulang Set Top Box merupakan upaya mengembalikan semua pengaturan Set Top Box seperti semula.

Ini adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi malfungsi pada sistem STB yang mungkin menjadi penyebab mengapa channel Indosiar tidak ada di STB anda.

Setiap pemilik Set Top Box tentu memiliki cara mencari channel Indosiar di TV Digital mereka dengan mengakses menu pengaturan ulang.

Namun biasanya menu ini dapat diakses melalui Pengaturan di Set Top Box, setelah reset ulang selesai anda harus mengisi formulir instalasi seperti pertama kali menyalakan STB.

4. Dengan Update Software STB

Kesulitan mencari channel Indosiar di Set Top Box? Bisa saja Software Set op Box anda sudah terlalu lama sehingga perlu dilakukan Update.

Software juga berpengaruh dengan kinerja STB, kalau sudah lama tidak di Update kemungkinan sudah banyak Bug di Software tersebut.

Namun tidak perlu hawatir, karena anda bisa melakukan cara mencari channel Indosiar di TV digital dengan meng-upgrade STB.

Umumnya, kebanyakan Set Top Box akan memberikan informasi kepada penggunanya kalau sudah ada versi Software terbaru.

Dengan syarat, Set Top Box harus tetap terhubung ke jaringan WiFi atau Internet! Anda juga dapat melakukan Upgrade Software secara manual melalui Flashdisk.

5. Gunakan Antena Outdoor

Cara mencari channel Indosiar di TV digital yang lainnya adalah dengan menggunakan antena Outdoor.

Memang sedikit ribet, namun ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan banyak siaran Televisi digital di Set Top Box anda.

Antena Outdoor atau luar ruangan mempunyai jangkauan sinyal yang lebih luas, sehingga channel yang terpindai dapat lebih banyak.

Jika anda masih menggunakan antena Indoor, kami sarankan untuk menggantinya ke antena Outdoor dan mengatur ketinggian serta posisi antena dengan benar.

Sudah banyak Merk dan Model antena Outdoor yang dapat ditemukan di Marketplace atau toko elektronik offline lainnya.

6. Scan Ulang Siaran TV Digital

Setelah beberapa cara mencari channel Indosiar di TV digital telah dicoba namun tidak ada perubahan, disarankan untuk melakukan pemindaian ulang channel TV Digital.

Kemungkinan masalah siaran Indosiar hilang di TV digital disebabkan karena terjadinya perubahan frekuensi dari saluran TV ini.

Perubahan frekuensi dapat saja terjadi di semua saluran TV digital, cobalah untuk melakukan pindai ulang siaran agar STB bisa mendapatkan frekuensi terbaru dari semua channel yang ada.

Misalnya, anda menggunakan Set Top Box Matrix Apple HD untuk scan ulang channel TV! Caranya yaitu sebagai berikut:

  • Silahkan hubungkan TV dan STB anda.
  • Setelah itu, colokkan Jack Antena ke STB.
  • Kemudian, hidupkan TV dan STB anda.
  • Silahkan tekan tombol “Menu” pada remote STB dan pilih “Search”.
  • Pada bagian Search Mode, pilih DVB-T2 > Search Type (All), Country/Region (Indonesia), Antena Power (ON).
  • Terakhir, pilih Auto Search dan klik tombol OK di remote STB.
  • Tunggu sampai proses Scan ulang siaran televisi digital selesai.

Penutup

Itulah beberapa cara mencari channel Indosiar di TV digital yang dapat anda coba terapkan untuk mengembalikan channel Indosiar yang tiba-tiba hilang di TV digital anda.

Penyebab siaran Indosiar bisa hilang ada banyak, salah satunya adalah karena jenis antena dan lokasi pengguna STB (hal ini sangat berpengaruh).

Anda dapat membagikan artikel ini ke media sosial yang dimiliki supaya pengguna lainnya bisa mengetahui informasi ini. Sekian dan semoga bermanfaat.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button