Cara Setting TV Digital Samsung Tanpa Set Top Box

Tutorial Lengkap: Cara Melakukan Pengaturan TV Digital Samsung Tanpa Set Top Box

Di semua daerah di Indonesia, siaran analog telah dimatikan dan diganti dengan siaran TV digital. Untungnya, masyarakat sekarang dapat menikmati siaran TV digital dengan berbagai cara yang tersedia.

Sebelum kita membahas cara melakukan pengaturan TV digital Samsung tanpa set top box, pertama-tama periksa apakah TV Anda sudah dapat menerima siaran digital. TV harus memiliki standar Digital Video Broadcasting Terestrial Second Generation (DVB-T2) untuk dapat menampilkan siaran digital dengan baik.

Langkah-Langkah untuk Memeriksa TV dengan Standar Digital

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa merek televisi Anda melalui situs resmi Kominfo. Hal ini penting untuk memastikan apakah televisi yang Anda miliki sudah dapat menerima siaran TV digital.

  • Pertama, pastikan TV Samsung Anda sudah berstandar digital melalui link berikut ini: https://siarandigital.kominfo.go.id.
  • Pada halaman situs tersebut, pilih menu perangkat TV digital yang ada di bagian atas layar.
  • Ada tiga pilihan opsi kategori yang harus Anda isi, yaitu nama perangkat, merek, dan model atau tipe perangkat.
  • Pilih opsi kategori “Televisi” di bagian perangkat dan masukkan merek serta model TV Anda.
  • Setelah itu, nama model TV yang Anda miliki akan ditampilkan, menandakan bahwa TV tersebut sudah mendukung siaran TV digital.

Persiapan Sebelum Melakukan Pengaturan TV Digital Samsung Tanpa Set Top Box

Walaupun set top box cukup populer, namun sebenarnya TV digital tanpa set top box juga dapat dilakukan. Sebelum memulai pengaturan TV digital Samsung tanpa set top box, pastikan untuk memeriksa hal-hal berikut:

1. Periksa Fitur HDTV pada TV

Langkah pertama sebelum melakukan pengaturan TV digital Samsung tanpa set top box adalah memastikan bahwa TV Anda sudah mendukung fitur HDTV. Perhatikan apakah TV sudah memiliki jack input built-in atau label yang menunjukkan dukungan terhadap fitur HDTV, seperti Digital Ready, DTV, HD Ready, Digital Receiver, Digital Tuner Built-In, atau Digital Tuner. Anda juga dapat memeriksa spesifikasi TV melalui mesin pencarian Google untuk memastikan fitur tersebut tersedia.

2. Periksa Fitur DTV pada TV

Langkah selanjutnya adalah memeriksa fitur DTV pada TV Anda sebelum melakukan pengaturan TV digital Samsung tanpa set top box. Cara melihatnya cukup mudah:

  • Aktifkan televisi terlebih dahulu.
  • Buka menu Pengaturan atau Channel.
  • Jika terdapat fitur DTV atau channel digital, itu menandakan bahwa TV dapat menerima siaran digital tanpa set top box.
  • Jika fitur ini tidak tersedia, TV masih memerlukan set top box untuk menikmati siaran TV digital.

Langkah-Langkah Pengaturan TV Digital Samsung Tanpa Set Top Box

Jika TV Anda telah memenuhi persyaratan untuk menerima siaran digital, Anda dapat melakukan pengaturan TV digital Samsung tanpa set top box dengan langkah-langkah berikut:

  • Tekan tombol Menu pada remote Smart TV.
  • Arahkan ke Sumber TV dengan menggunakan tombol navigasi pada remote.
  • Tekan tombol Home pada remote, lalu pilih menu Pengaturan dan Enter.
  • Pilih opsi Siaran dan lanjutkan ke Pengaturan Penyetelan Otomatis.
  • Pilih opsi Penyetelan Otomatis dan tekan Mulai.
  • Ubah jenis Saluran menjadi digital, lalu pilih Pindai.
  • Tunggu proses pencarian siaran TV digital pada Smart TV Samsung hingga selesai.

FAQ

Itulah tutorial lengkap tentang cara melakukan pengaturan TV digital Samsung tanpa set top box. Pastikan untuk memeriksa apakah TV Anda sudah dapat menerima siaran TV digital sebelum melakukan pengaturan. Jika sudah, ikuti langkah-langkah di atas dengan benar. Selamat mencoba!

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button