Batas Nominal Transaksi QRIS

Batas Nominal Transaksi QRIS Terbaru – QRIS merupakan metode pembayaran yang sedang populer di kalangan masyarakat saat ini. Banyak pelaku bisnis atau penjual yang menggunakan QRIS, mulai dari restoran, kafe, hingga pedagang kaki lima.

Apa sebenarnya QRIS itu? QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesia Standard. Berbeda dengan QR Code biasa dari masing-masing bank atau e-wallet, QRIS dapat digunakan untuk semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), baik bank maupun non-bank seperti e-wallet.

Dengan adanya QRIS, transaksi antara penjual dan pembeli menjadi lebih mudah, sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia No. 21/18/2019 yang mewajibkan penggunaan QRIS untuk memudahkan transaksi.

Pada bulan Mei , Bank Indonesia kembali menaikkan batas nominal transaksi QRIS menjadi Rp. 20.000.000,00 per transaksi. Awalnya, Bank Indonesia merencanakan kenaikan batas transaksi QRIS dari Rp. 5.000.000,00 menjadi Rp. 10.000.000,00, namun akhirnya ditetapkan menjadi Rp. 20.000.000,00.

Kebijakan ini diambil untuk mendorong konsumsi masyarakat dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi sosial. Selain itu, Bank Indonesia juga memperpanjang merchant discount rate (MDR) QRIS sebesar 0% untuk pelaku usaha mikro hingga 31 Desember .

Berdasarkan laporan pertemuan tahunan Bank Indonesia , jumlah merchant pengguna QRIS sudah mencapai 12,2 juta, naik 297,1% dari hanya 3,08 juta pada bulan Maret . Pelaku usaha mikro menjadi yang paling banyak terdaftar pada QRIS, mencapai 7,53 juta pada November , diikuti oleh usaha kecil sebanyak 3,2 juta, usaha menengah sebanyak 928 ribu, dan usaha besar sebanyak 449,3 ribu.

Selain itu, Bank Indonesia juga sedang melakukan uji coba penggunaan QRIS antar negara dengan Malaysia dan Thailand. Bank Indonesia juga berencana memperluas penerapan QRIS ini ke sejumlah negara lain seperti Singapura, Filipina, dan Arab Saudi.

Implementasi QRIS antar negara diharapkan akan menguntungkan para nasabah dengan biaya transaksi yang lebih murah, karena tidak perlu lagi menukarkan uang tunai atau menggunakan kartu debit atau kredit.

Dengan adanya penjelasan mengenai batas nominal transaksi QRIS yang telah disampaikan di atas, diharapkan pembaca dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai QRIS. Jika Anda merasa informasi ini penting, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman atau kerabat yang membutuhkannya. Terima kasih atas perhatian Anda.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button