Cara Bobol Rekening Lewat SIM Card




Artikel Cara Bobol Rekening Lewat SIM Card

Cara Menembus Rekening Menggunakan SIM Card – Bagi siapa pun yang ingin mengaktifkan layanan m-Banking, sangat penting untuk selalu waspada. Era teknologi yang canggih mempermudah para pelaku kejahatan untuk meretas layanan m-Banking dan mengosongkan rekening melalui nomor ponsel.

Salah satu teknik yang sering mereka gunakan adalah Social Engineering, di mana para pelaku berusaha meyakinkan korban untuk memberikan data pribadi demi kepentingan mereka sendiri. Mereka tidak menggunakan teknik hacking yang canggih untuk mendapatkan data nasabah.

Berikut adalah beberapa cara atau teknik yang digunakan untuk menembus rekening melalui nomor ponsel, agar Anda tidak mudah terkecoh. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang cara menembus rekening menggunakan SIM Card, silakan simak artikel di bawah ini.

1. Cara Menembus Rekening Menggunakan SIM Card dengan Skimming

BCA menjelaskan bahwa skimming merupakan salah satu cara menembus rekening menggunakan SIM Card dengan metode Skimming.

Ini adalah metode pencurian data yang menggunakan alat khusus yang bernama skimmer. Alat ini berbentuk seperti slot kartu ATM, yang membaca dan merekam data pada kartu ATM setiap kali digunakan.

Pada alat skimmer, biasanya terdapat Spy Camera untuk merekam gerakan tangan korban yang memasukkan kode PIN. BCA juga memberikan sejumlah tips untuk menghindari skimming, antara lain:

  • Memeriksa Alat Transaksi.
  • Menutupi tangan saat memasukkan PIN.
  • Mengganti PIN Secara Berkala.
  • Menggunakan kartu Chip-Based.

2. Cara Menembus Rekening Menggunakan SIM Card Lama

Selain dengan metode Skimming, cara menembus rekening menggunakan SIM Card juga bisa dilakukan dengan menggunakan SIM Card lama yang tidak dimusnahkan secara sempurna. Ketika nomor ponsel lama tersebut terhubung dengan layanan m-Banking Anda, pelaku kejahatan bisa mencoba untuk mengaksesnya.

3. Cara Menembus Rekening Menggunakan SIM Card Swap Fraud

Metode Swap Fraud merupakan cara menembus rekening menggunakan SIM Card di mana pelaku kejahatan berusaha untuk mengambil alih nomor ponsel korban dengan cara mendapatkan data pribadi pengguna, seperti melakukan phising atau menelepon korban.

Kasus Pembobolan Rekening Bank melalui Nomor HP

Pada tahun , Polisi Republik Indonesia (Polri) berhasil membongkar kasus pembobolan rekening Bank sebesar Rp 300 juta melalui nomor ponsel yang diambil alih oleh komplotan penjahat. Kasus ini berawal dari data nasabah yang ada di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang ada di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pelaku menggunakan kewenangannya sebagai karyawan Bank untuk menjual data-data ke orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Mereka menggunakan data dari SLIK OJK yang berisi informasi seperti nomor KTP, nomor telepon, alamat, dan jumlah uang yang terdapat dalam rekening.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa pembahasan terkait cara menembus rekening menggunakan SIM Card. Informasi ini disajikan semata-mata sebagai tambahan pengetahuan dan tidak dimaksudkan untuk mendorong tindakan kriminal. Jika Anda merasa informasi ini bermanfaat, silakan bagikan dengan teman, saudara, atau kerabat lainnya. Semoga bermanfaat.


Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button