Cara Cek Kehamilan Lewat HP

Cara Cek Kehamilan Lewat HP – Tidak sedikit orang yang ingin mengetahui kabar kehamilan mereka sesegera mungkin, misalnya dengan rutin melakukan pemeriksaan mandiri dengan Test Pack. Akan tetapi, tekhnologi sekarang ini sudah semakin maju sehingga tes kehamilan juga bisa dilakukan menggunakan Smartphone.

Cek kehamilan menggunakan Smartphone tidaklah seakurat Test Pack, akan tetapi dengan metode ini anda bisa memperkirakan apakah anda hamil atau tidak. Gejala kehamilan biasanya ditandai dengan siklus menstruasi dan masa subur, karena itulah metode ini sangat membantu bagi wanita yang sibuk dengan pekerjaannya. Bahkan tidak sedikit bumil yang lupa ketika dokter atau bidan bertanya kapan hari pertama haid terakhirnya ketika melakukan pemeriksaan kehamilan di Fasilitas Kesehatan. Padahal informasi ini sangat penting untuk mengetahui perkiraan usia kehamilan saat itu. Jadi, mencatat siklus menstruasi anda melalui aplikasi membuat anda lebih mudah memantau masa subur dan mengetahui usia kehamilan kalau memang dinyatakan hamil.

Fungsi Aplikasi Cek Kehamilan
Sekarang ini sudah banyak aplikasi cek kehamilan yang bisa ditemukan di Play Store ataupun App Store, dibawah ini akan kami bagikan informasi terkait menggunakan aplikasi tersebut, diantaranya yaitu:

Persiapan kehamilan
Kalender siklus menstruasi
Menandai hari pertama haid terakhir
Mengetahui perkiraan usia kehamilan
Cek tanda dan gejala awal kehamilan
Pemeriksaan saat kehamilan
Nutrisi saat kehamilan
Kondisi kesehatan saat kehamilan
Mengetahui pertumbuhan dan perkembangan janin sesuai usia hamil
Vitamin hamil yang harus dikonsumsi
Akan tetapi dapat diringkas, ahmpir semua aplikasi periksa kehamilan ini terdiri menjadi 4 tahap! Diantaranya yaitu:

Masa Sebelum Kehamilan.
Masa Kehamilan.
Masa Persalinan.
Masa Pertumbuhan Tumbuh Kembang Anak.
Apabila ingin melakukan pemeriksaan kehamilan, pastikan untuk memilih masa sebelum kehamilan yaa! Dengan begitu anda bisa mengetahui apakah mungkin anda sedang mengandung atau tidak.

Cara Cek Kehamilan Lewat HP Menggunakan Aplikasi Cek Kehamilan
Dibawah ini adalah beberapa aplikasi yang bisa di download di Play Store atau App Store untuk digunakan sebagai cara cek kehamilan lewat HP atau Smartphone.

1. Hallobumil
Hallobumil merupakan aplikasi kehamilan dan parenting pertama di Indonesia yang mendampingi ibu untuk melewati masa persiapan kehamilan sampai masa hamil. Bahkan aplikasi ini akan mendampingi ibu hamil tersebut sampai setelah masa lahiran nanti. Aplikasi ini sudah di download lebih dari sejuta pengguna dan mendapatkan rating 4,4 yang bisa anda cek di Play Store. Hallobumil akan memberikan informasi sesuai kebutuhan anda, apakah anda sedang merencanakan kehamilan atau justru sedang hamil. Setelah mengunduh, anda akan diminta untuk menjawab pertanyaan sampai aplikasi dapat memberikan informasi yang sesuai. Artinya, saat anda sedang program hamil, anda hanya dapat mengakses informasi seputar persiapan kehamilan saja. Untuk mengecek kehamilan melalui aplikasi ini memang hanya dapat dilakukan dengan melihat kalender kesuburan. Awalnya, anda akan diminta untuk mengisi hari pertama haid terakhir, berapa lama haid berlangsung dan berapa lama siklusnya. Dari sana, aplikasi Hallobumil dapat merekomendasikan kapan sebaiknya anda berhubungan seks supaya bisa hamil dengan melihat masa subur. Artinya, anda bisa melihat kemungkinan anda hamil atau tidak saat tidak mengalami menstruasi ketika kalender kesuburan menyatakan anda seharusnya menstruasi. Jika ingin melakukan cara cek kehamilan lewat HP dengan aplikasi Hallobumil ini, berikut adalah beberapa fitur yang tersematkan di dalamnya dan perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

Status Harian. Berisi informasi tentang beragam hal yang perlu diperhatikan dan dihindari untuk mempersiapkan kondisi fisik dan mental bagi pasangan dalam menjalani program hamil.
Timeline Kesuburan. Menunjukkkan usia kehamilan, lengkap dengan tips dan artikel tentang kehamilan.
Kick Counter. Dapat memantau pergerakan janin dengan menghitung tendangan janin.
Kalender Kesuburan. Fitur untuk memperkirakan masa subur dalam persiapan kehamilan.
Pertumbuhan si kecil merupakan fitur untuk mencatat dan memantau tumbuh kembang anak.

2. Teman Bumil
Teman Bumil merupakan aplikasi kehamilan buatan Indonesia yang sudah didownload lebih dari satu juta pengguna dengan rating 4,9. Aplikasi ini ditujukan kepada wanita hamil yang sedang melakukan program hamil sampai setelah melahirkan. Untuk mengetahui status kehamilan, silahkan masuk ke Checklist dan pilih “Cek Tanda Kehamilan”. Anda juga bisa memilih Program Hamil untuk mengetahui informasi tentang kesuburan, posisi seks, nutrisi, gangguan kesehatan yang berhubungan dengan masa pra kehamilan. Jika tertarik melakukan cara cek kehamilan lewat HP menggunakan aplikasi Teman Bumil ini, berikut adalah beberapa fitur yang perlu diketahui, diantaranya yaitu:

Milestone untuk memantau tumbuh kembang janin.
Rekam medis yang bisa digunakan untuk menyimpan data ibu hamil dan juga si kecil.
Artikel sebagai sarana pemberian informasi seputar kehamilan.
Komunitas yang merupakan wadah untuk belajar bersama sejak fase program hamil, menjalani kehamilan, sampai menjalani pola asuh.

3. Momly
Aplikasi lainnya untuk melakukan cara cek kehamilan lewat HP dengan sidik jadi adalah Momly: Panduan Ibu Hamil, Pantau Kehamilan (ID). Seperti aplikasi pada umumnya, Momly juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang bermanfaat bagi ibu hamil. Ketika menggunakan aplikasi Momly, anda perlu menjawab sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan tanda-tanda kehamilan. Berdasarkan jawaban dari pertanyaan tersebutlah, nantinya anda (Calon Ibu) bisa mengetahui kondisi sedang mengandung atau tidaknya. Setelah menggunakan aplikasi Momly untuk tes tekhamilan, anda bisa tetap menggunakannya untuk mengetahui informasi terkait kehamilan dengan mudah. Intinya, aplikasi ini sangat berguna untuk anda! Rekomendasikan juga aplikasi ini kepada calon ibu lainnya yaa!

4. Pregnancy +
Pregnancy + adalah aplikasi untuk melakukan cara cek kehamilan lewat HP atau secara online yang sudah memiliki 10 juta lebih pengguna dari seluruh Indonesia. Sehingga tidak heran, aplikasi ini mempunyai segala sesuatu yang dibutuhkan ketika hamil. Anda bisa mendapatkan semua informasi seputar tanda-tanda kehamilan melalui aplikasi tes kehamilan ini hanya dengan sidik jari saja. Tidak hanya itu, tersedia juga beberapa fitur lainnya yang dapat anda manfaatkan! Diantaranya yaitu sebagai berikut:

Log Kehamilan
Buku Harian Kehamilan
Waktu Olahraga
Dokumen Kunjungan
Catatan Diet
Kontraksi Timer
Meski dengan fitur diatas, jangan sampai anda lupa memeriksakan kehamilan secara rutin ke dokter kandungan agar hasilnya lebih akurat.

5. AMMA Pregnancy Tracker: Baby Due Date Calculator
Cara cek kehamilan lewat HP menggunakan AMMA mirip dengan aplikasi sebelumnya, anda hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan yang dijasikan oleh AMMA Pregnancy Tracker. Setelah menjawab pertanyaan yang diajukan, maka jawaban yang keluar akan menentukan kondisi apakah anda sedang mengandung atau sebaliknya. Karena menggunakan aplikasi, sehingga tesnya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja secara praktis. Selain untuk melakukan tes kehamilan, anda juga dapat memanfaatkan AMMA Pregnancy Tracker untuk mengetahui informasi penting seputar kehamilan.

6. Hallo Belly: Pregnancy Tracker
Dapat dikatakan aplikasi ini mempunyai tampilan terkece dari beberapa aplikasi untuk cara cek kehamilan lewat HP sebelumnya. Aplikasi ini memungkinkan anda bisa memperoleh tips kehamilan yang disertai dengan ilustrasi-ilustrasi. Ada juga pelacak perkembangan janin dalam perut yang disertai dengan tampilan menarik dan memuaskan hasrat visual anda tentang janin dalam perut. Dengan kehadiran aplikasi ini tentu akan sangat membantu anda lebih praktis dalam melakukan tes kehamilan. Apabila anda merasa kurang puas dengan jawabannya, anda bisa langsung memeriksa kehamilan menggunakan Tes Pack atau datang langsung ke klinik kesehatan.

Tips Memilih Aplikasi Cek Kehamilan
Setelah mengetahui cara cek kehamilan lewat HP menggunakan aplikasi yang kami bagikan, kami berikan juga untuk anda beberapa tips memilih aplikasi cek kehamilan yang bagus.

1. Cari Aplikasi dengan Rating Tinggi
Hal ini dapat dilihat ketika anda hendak mengunduh sebuah aplikasi, biasanya terletak pada bagian bawah halaman dan akan tertera peringkat dan ulasan dengan kisaran bintang 1 sampai bintang 5.

2. Cari Aplikasi dengan Review Paling Baik
Berdasarkan ulasan, anda bisa mengetahui fitur yang umumnya disukai pengguna dan kendala yang dihadapi oleh pengguna lain.

3. Pilih Aplikasi yang Memiliki Paket Komplit
Yang dimaksud paket komplit adalah aplikasi yang membantu dan memberikan informasi terkait kehamilan dari mulai proses sebelum kehamilan (Masa subur atau masa yang tepat untuk pembuahan), proses kehamilan, proses persalinan, proses setelah melahirkan sampai informasi tentang tumbuh kembang anak. Karena itulah, biasanya anda harus mencoba beberapa aplikasi untuk mengetahui mana yang paling sesuai kebutuhan anda.

4. Cari Aplikasi yang Bahasanya Mudah anda Mengerti
Jangan sampai, keterbatasan anda memahami aplikasi berbahasa asing menyebabkan pemahaman yang salah akan informasi.

5. Carilah Aplikasi yang Update
Gunakan aplikasi yang Update akan informasi yang diberikan, karena pastikan akan selalu ada perubahan seiring berjalannya waktu.

Akhir Kata
Nah, itulah beberapa cara cek kehamilan lewat HP menggunakan aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan informasi seputar tanda awal kehamilan sampai perhitungan masa subur. Dengan menggunakan aplikasi diatas, anda bisa melakukan beberapa tes dahulu sebelum memeriksa lebih lanjut ke dokter kandungan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, gunakan Tes Pack atau langsung kunjungi bidan terdekat di daerah anda. Sekian dan semoga bermanfaat.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button