Cara Cek Sertifikat Pelaut

Cara Cek Sertifikat Pelaut

Beberapa negara mempunyai regulasi yang mengharuskan melampirkan otentikasi dari sertifikat pelaut untuk nantinya di endorse ataupun hanya sebagai persyaratan. Apabila tidak memenuhi persyaratan sertifikat pelaut, maka anda tidak akan bisa Onboard di kapal. Karena itulah pada kesempatan ini kami akan membagikan tutorial cek sertifikat pelaut, nantinya bisa anda jadikan alat untuk menunjang keaslian sertifikat yang anda anda punya.

Namun beberapa minggu yang lalu terjadi maintenance besar-besaran yang dilakukan oleh pihak Dephub sehingga database pelaut Indonesia tidak bisa diakses. Setelah beberapa lama database pelaut Indonesia tidak bisa diakses, akhirnya sekarang sudah berjalan normal dan bisa diakses kembali. Jika anda penasaran bagaimana cara cek sertifikat pelaut, disarankan untuk terus menyimak ulasan dibawah ini sampai akhir.

Cara Cek Sertifikat Pelaut Melalui InfoPelaut.com

Sekarang ini anda bisa melakukan pengecekan sertifikat melalui website (InfoPelaut.com). Pengecekan ini merupakan cara Shortcut cek sertifikat pelaut dengan melalui Barcode dan akan langsung memasukkan kode sertifikatnya. Oleh karena itu, data yang dihasilkan juga dari sumber resmi pelaut.dephub.go.id! Kami hanya membantu mempersingkatnya agar tidak perlu Scan Barcode.

Caranya sangat sederhana, anda hanya perlu mengetikkan kode sertifikat yang ingin diperiksa saja! Lalu klik Submit dan informasinya akan langsung muncul.

Adapun langkah-langkah cara cek sertifikat pelaut melalui situs InfoPelaut.com, yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, masukkan kode sertifikat ke dalam kolom yang ada di laman website tersebut.
  • Setelah itu, klik Submit (Masukkan 16 Digit Kode Sertifikat Anda).

Untuk lebih detailnya tentang pengecekan sertifikat pelaut ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, seperti apa itu kode pelaut dan nomor sertifikat. Nomor sertifikat pelaut merupakan nomor seri yang ada pada bagian kanan atas sertifikat pelaut Indonesia yang sudah online. Nomor seri sertifikat terdiri dari 16 digit, sedangkan kode pelaut adalah 10 digit pertama dari nomor sertifikat anda. Misalnya, kalau anda mempunyai nomor sertifikat 6234567891012345, maka kode pelaut anda adalah 6234567891 = 10 digit pertama nomor sertifikat.

  • Lanjut! Kunjungi website pelaut.dephub.go.id.
  • Masukkan nomor atau kode sertifikat pelaut anda ke kolom kode pelaut seperti yang kami jelaskan diatas (Langkah pertama).
  • Silahkan samakan Captcha, masukkan huruf atau angka yang ada pada gambar (Besar kecil huruf harus sama persis) Case Sensitive.

Catatan: Untuk sekarang ini fitur Captcha sudah tidak aktif lagi, jadi anda bisa langsung mencari sertifikat anda. Kemudian klik ikon kaca pembesar atau Search, setelah semua dirasa benar dan sesuai. Kalau sertifikat anda sudah terdaftar, maka sertifikat bisa divalidasi. Ada personal detail anda dalam keterangan pencarian seperti Nama Lengkap, Kode Pelaut, Tempat dan Tanggal Lahir, Umur, Jenis Kelamin, Status, Nama Sertifikat dan Masa Berlaku. Apabila terjadi error pada Captcha, anda tidak perlu memasukkan kode Cpatcha dan langsung saja masukkan kode pelaut sertifikat ke kolom yang sudah disediakan. Setelah itu anda bisa klik ikon Search, sampai tahap ini anda sudah bisa melihat keterangan sertifikat tanpa memasukkan Captcha. Kalau terjadi error seperti 404 ataupun Internet Error Server 500, silahkan periksa lagi nomor sertifikat yang dimasukkan apakah sudah benar atau belum. Jika nomor sertifikat sudah benar namun tetap error, maka anda bisa melaporkannya langsung ke perhubungan untuk Request Online Data Sertifikat.

Cara Cek Ijazah Pelaut Online

Ijazah adalah sebuah dokumen yan wajib dimiliki oleh setiap pelaut, akan tetapi kini banyak ijazah palsu yang beredar di Masyarakat. Karena itulah, kalau anda mempunyai ijazah pelaut maka anda harus memeriksanya apakah sudah terdaftar atau mungkin Ijazah yang anda miliki itu palsu. Sekarang ini, memeriksa ijazah pelaut bisa dilakukan secara online dari mana dan kapan saja menggunakan perangkat Smartphone atau elektronik lainnya. Anda hanya perlu memasukkan kode pelaut seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya dalam ulasan cara cek sertifikat pelaut diatas. Setelah memasukkan kode tersebut, maka akan muncul beberapa dokumen milik anda seperti ijazah pelaut, sertifikat pelaut, dan lainnya. Apabila ijazah yang ditampilkan sesuai dengan yang anda punya, maka bisa dipastikan bahwa ijazah tersebut adalah asli. Akan tetapi tidak datanya berbeda dengan milik anda atau data tidak tersedia, dipastikan juga bahwa ijazah tersebut adalah palsu. Berbeda halnya dengan sertifikat pelaut, ijazah pelaut tidak mempunyai masa berlaku! Artinya ijazah pelaut bisa digunakan seumur hidup. Akan tetapi, ijazah pelaut dapat diperbarui dari operasional ke manajemen dengan syarat minimal satu tahun pengalaman berlayar.

Istilah Basic Safety Training (BST)

BST atau Basic Safety Training merupakan sebuah dokumen yang harus dimiliki oleh seorang pelaut, BST adalah sertifikat pelatihan dasar keselamatan dan mencegah musibah. BST tidak hanya diikuti oleh calon pelaut saja, namun juga bisa diikuti oleh para perusahaan lain. Bagi para pekerja kelautan atau pelaut, sertifikat Basic Safety Training adalah salah satu dokumen yang sangat penting. Pasalnya BST digunakan sebagai syarat dalam pembuatan buku pelaut, karena itulah setiap pelaut wajib mempunyai BST (Basic Safety Training). Adapun manfaat BST bagi para pelaut, diantaranya yaitu: Meningkatkan moral perusahaan dan keryawan untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja, Meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan kecelakaan di lingkungan kerja, Meningkatkan kesadaran peserta atau pelaut terhadap pentingnya tindakan kecelakaan dan pencegahan kecelakaan.

Persyaratan Membuat Basic Safety Training (BST)

Setelah mengetahui cara cek sertifikat pelaut dan istilah BST, perlu diketahui beberapa syarat untuk membuatnya. Untuk membuat sertifikat BST, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi! Diantaranya yaitu sebagai berikut: Sertifikat pendukung lainnya seperti sertifikat keahlian pelaut, Surat keterangan masa berlayar yang di sahkan oleh pejabat terkait (Berlaku bagi pelaut yang sudah pernah berlayar), Surat keterangan sehat dari dokter, Surat keterangan catatan kepolisian, Fotocopy Akta Kelahiran atau Kartu Tanda Penduduk (KTP), Pas foto 5×5 dan 3×5 sebanyak 3 lembar dengan latar belakang biru untuk bagian NAUTIKA dan merah untuk bagian TEKNIKA. Untuk pelaksanaan pembuatan sertifikat Basic Safety Training, biasanya dilangsungkan selama 8-10 hari tergantung dari tempat pelatihan.

Selain itu dalam pelaksanaannya juga, biasanya dilakukan dengan 8-6 hari pelajaran teori dan sisanya 2 hari digunakan untuk melakukan praktek dari teori yang dipelajari. Pelaksanaan pelatihan dilakukan selama 8 jam setiap harinya, untuk biaya pembuatan sertifikat BST bisa dikatakan sedikit murah. Biaya pembuatan sertifikat BST (Basic Safety Training) sekitar Rp.1,2 Juta sampai Rp. 1,5 Juta. Mirip dengan dokumen lainnya di kelautan, sertifikat BST mempunyai masa berlaku sekitar sampai 5 tahun. Akan tetapi, jika masa berlaku sertifikat BST sudah habis anda tidak perlu melakukan pelatihan lagi! Cukup melakukan perpanjangan masa berlaku BST dengan cara revalidasi BST.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan seputar cara cek sertifikat pelaut, cara cek ijazah pelaut dan beberapa informasi lainnya yang perlu diketahui. Semoga dengan adanya tutorial diatas dapat membantu anda para pelaut yang ingin memeriksa keaslian data yang dimiliki. Anda dapat membagikan informasi ini ke media sosial yang dimiliki seperti WA, IG, Twitter dan lainnya agar sama-sama mengetahuinya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button