Cara Edit Pesan WA yang Sudah Terkirim Android

– Jika kalian ingin merubah pesan WhatsApp yang sudah terkirim di HP Android, caranya sangatlah mudah. Cukup tekan titik tiga yang terletak di pojok kanan atas atau langsung pilih Edit.

Mungkin beberapa pengguna WhatsApp pernah melakukan kesalahan atau tiba-tiba berubah pikiran ketika mengirim pesan atau chat. Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu cemas karena sudah bisa melakukan pengeditan pesan dengan mudah di aplikasi WhatsApp.

Namun sebelum melakukan pengeditan pesan WhatsApp, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Pesan yang dapat di edit biasanya mempunyai batasan waktu maksimal 15 menit setelah dikirim.

Pesan atau chat WhatsApp yang sudah terkirim dan sudah di edit akan langsung menampilkan tanda “Diedit” sehingga kontak atau penghuni grup WhatsApp bisa mengetahui apakah pesan tersebut otentik atau sudah di edit sebelumnya.

Fitur ini tidak berlaku untuk mengedit foto, video atau jenis media apa pun keterangan lainnya, dan pesan yang sudah di edit juga tidak akan langsung menampilkan notifikasi chat baru ke orang atau grup di dalam aplikasi WhatsApp.

Jika kalian belum tahu cara edit pesan WA yang sudah terkirim Android, simak ulasan dibawah ini.

Cara Edit Pesan WA yang Sudah Terkirim Android Setelah 15 Menit

Walaupun pesan yang dikirim dapat di edit, namun WhatsApp membatasi durasi pengeditan pesan hanya dalam waktu 15 menit setelah pesan tersebut terkirim. Setelah waktu tersebut, WhatsApp tidak akan menampilkan riwayat pengeditan yang dapat dilihat oleh pengirim ataupun penerima pesan.

Karena biasanya WhatsApp akan memberikan label yang bertuliskan “Diedit” untuk pesan yang sudah di edit.

Jadi bagaimana cara melakukan pengeditan pesan WhatsApp yang sudah terkirim tanpa perlu menghapusnya?

Mark Zuckerberg menuliskan di dalam postingan Facebook miliknya bahwa pengguna WhatsApp saat ini sudah bisa mengubah pesan di dalam waktu 15 menit setelah mengirimnya.

Untuk cara edit pesan WA yang sudah terkirim Android setelah 15 menit, silahkan simak langkah-langkah di bawah ini:

  • Langkah pertama yaitu tekan dan tahan pesan yang sudah terkirim untuk di edit.
  • Pilih opsi “Edit” untuk mengubah isi pesan tersebut.
  • Tulis pesan yang ingin dikirimkan.
  • Kirim pesan tersebut setelah selesai.

Pesan yang sudah di edit akan mempunyai tag “Diedit” pada samping stempel waktu untuk menandai perubahan.

Ingatlah, batas waktu untuk mengedit pesan sejak pesan terkirim adalah 15 menit. Selama batas waktu tersebut, pengguna bisa mengubah atau mengedit pesan WhatsApp berkali-kali.

Tetapi jika sudah melewati batas waktu tersebut, maka tidak bisa mengedit pesan yang sudah terlanjur terkirim. Aplikasi pesaing WhatsApp seperti Telegram dan Signal sudah lama menawarkan fitur untuk mengedit pesan. Sedangkan iOS 16 Apple juga telah memperkenalkan fitur untuk mengedit dan membatalkan pengiriman pesan yang terkirim melalui Message.

Cara Edit Pesan WA yang Sudah Terkirim iPhone

Jika kalian sudah paham cara edit pesan WA yang sudah terkirim Android, simak langkah-langkah cara edit pesan WA yang sudah terkirim iPhone:

  • Pastikan sudah menginstall aplikasi WhatsApp versi terbaru.
  • Pilih chat yang ingin di edit pesan, lalu tekan dan tahan pesan yang akan di edit sampai muncul menu pop up.
  • Pilih Edit pada menu pop up yang muncul, lalu pilih opsi Edit untuk masuk ke dalam mode pengeditan.
  • Edit pesan sesuai dengan keinginan.
  • Simpan perubahan setelah selesai mengedit pesan, lalu tekan ikon centang atau tombol Kirim. Pesan yang sudah di edit akan menggantikan pesan asli di chat dengan tanda “Diedit” untuk memberi tahu penerima pesan.
  • Selesai.

Fitur edit pesan WhatsApp hanya dapat digunakan di aplikasi versi terbaru. Pastikan selalu mengecek update aplikasi WhatsApp di Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iPhone.

Akhir Kata

Demikian artikel mengenai Cara Edit Pesan WA yang Sudah Terkirim Android dan iPhone. Ingat, batas waktu 15 menit dan belum dibaca, itulah batas anda melakukan pengeditan. Selain itu, hati-hati dalam melakukan pengeditan agar tidak mempengaruhi konteks pesan. Selamat mencoba.
Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button