Cara Melihat QR Code BCA Sendiri

Cara Melihat QR Code BCA Sendiri – Banyak pengguna BCA saat ini ingin mengetahui bagaimana caranya untuk melihat QR Code BCA mereka sendiri. Sejak diperkenalkannya fitur QRIS, akses ke fitur ini tidak lagi tersedia dalam aplikasi BCA Mobile. Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi dengan cara memindai QR Code.

Pada awalnya, fitur ini dikenal dengan nama QRku BCA, namun sekarang telah berganti nama menjadi QRIS dengan fungsionalitas yang lebih canggih. Fitur transfer QRku di BCA Mobile telah dihapus sejak 1 November , yang berarti Anda tidak dapat lagi melakukan transfer uang ke sesama pengguna BCA menggunakan QRku.

Namun, dalam kesempatan ini, kita tidak hanya akan membahas cara melihat QR Code BCA sendiri, tetapi juga manfaat lain dari fitur ini. Mari simak penjelasannya berikut.

Apa Itu QR BCA Mobile?

Sebelum berganti nama menjadi QRIS, fungsi QR BCA atau QRku BCA adalah untuk mempercepat transfer uang sesama pengguna BCA Mobile dengan memindai QR Code.

Mengapa fitur QR BCA dihapus? Menurut Kompas, hal ini terkait dengan diluncurkannya Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai standar nasional untuk kode QR. Teknologi ini digunakan untuk menyelenggarakan sistem pembayaran yang efisien dan inklusif.

Pada awalnya, QRku BCA dapat digunakan untuk transfer ke sesama rekening BCA hanya dengan memindai kode QR, tanpa perlu mengingat atau memasukkan nomor rekening. Namun setelah diganti menjadi QRIS, QR BCA ini menjadi standar transaksi menggunakan kode QR yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Anda dapat melakukan pembayaran dengan BCA Mobile di semua toko atau outlet yang sudah menggunakan QRIS atau QR merchant yang telah bermitra dengan Indonesia. Transaksi menggunakan QR BCA mobile memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

– Transaksi dengan QR lebih nyaman di era kini.
– Fitur QR BCA mobile tidak perlu diisi ulang asalkan saldo di rekening mencukupi.
– Tidak perlu mengetahui nomor rekening tujuan untuk melakukan transfer dana.
– Dapat memindai semua QR berlogo QRIS di merchant.

Cara kerja dari QRIS BCA ini sangatlah mudah, pengguna hanya perlu memindai kode QR melalui aplikasi Mobile yang dimilikinya. Setelah itu, akan muncul informasi detail mengenai nomor rekening tujuan dan jumlah yang harus dibayarkan, terutama untuk kode QR kustom di merchant khusus.

Cara Melihat QR Code BCA Mobile

Para pengguna aplikasi BCA Mobile memiliki QR Code sendiri untuk nomor rekening mereka secara otomatis. Meskipun begitu, masih ada beberapa yang bingung dan tidak tahu bagaimana cara mengetahui kode barcode BCA mereka. Berikut langkah-langkah cara melihat QR Code BCA sendiri pada BCA Mobile:

1. Pastikan Anda memiliki akun BCA mobile.
2. Buka aplikasi dan Klik M-BCA.
3. Masukkan kode akses dan tekan Login.
4. Klik menu QRIS di bagian tengah.
5. Maka akan muncul layar scan QR Code.
6. Pindai QR Code di Merchant.

Sebelum diganti menjadi QRIS, Anda dapat melihat kode QR BCA milik Anda sendiri, yang mencantumkan nama dan nomor rekening di bawahnya. Bahkan, Anda dapat membagikannya ke teman atau menyimpannya di galeri HP untuk digunakan kapan pun. Namun sayangnya, fitur ini sekarang telah dihapus karena fungsinya terbatas hanya untuk pengguna BCA.

Cara Transfer Menggunakan QR Code di BCA Mobile

Sebagai QRIS, Anda dapat melakukan pembayaran di outlet, merchant, taksi, dengan syarat kode QRIS tersebut memiliki logo QRIS, logo GPN, nama outlet atau merchant, terminal ID, dan QR Code.

Bagaimana cara melakukan transaksi dengan memindai QR BCA? Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka fitur QR aplikasi BCA mobile pada ikon scan.
2. Pindai kode QRIS di kasir outlet, merchant, atau taksi.
3. Periksa nama penerima dan Masukkan nilai transaksi.
4. Masukkan PIN m-BCA Anda, dan transaksi akan diproses.
5. Jika berhasil, simpan bukti transaksi apabila diperlukan.

Kenapa QR Code BCA Tidak Muncul?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fitur QR Code BCA tidak lagi dapat ditampilkan dan digunakan untuk transfer uang antar pengguna BCA karena telah dihapus secara resmi sejak 1 November . Hal ini dilakukan sebagai dukungan BCA terhadap penggunaan QRIS sebagai standar kode QR nasional.

Demikianlah informasi mengenai cara melihat QR Code BCA sendiri yang dapat kami bagikan. Fitur ini akan memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi dari semua merchant dengan QRIS. Selain QRIS, aplikasi BCA Mobile juga telah dilengkapi dengan fitur tarik dan setor tunai tanpa melalui menu Cardless, serta menu Debit Online dan Lifestyle untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan gaya hidup pengguna. Bagi para pengguna QRku, bagaimana pengalaman terbaru setelah fiturnya berubah menjadi QR BCA yang fungsinya seperti QRIS? Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button