Cara Memasukan Font ke Photoshop

Cara Memasukkan Font ke Photoshop

Bagi Anda yang sedang mencari tentang bagaimana cara memasukkan font ke Photoshop, tenang saja karena diartikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya untuk Anda.

Photoshop mempunyai beragam font yang bisa digunakan untuk membuat desain, seperti font jenis serif, handwritten, script, monospace, dan lainnya.

Tetapi kalau Anda bosan menggunakan font yang ada saat membuat tulisan di Photoshop, maka Anda bisa menambahkannya sendiri dengan mengunduhnya melalui beberapa situs.

Nantinya Anda bisa mengkreasikan sendiri tulisan di Photoshop sehingga terlihat lebih menarik dan estetik.

Untuk metode memasukkan font ke dalam Photoshop pun cukup mudah, karena Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja.

Langkah-langkah Memasukkan Font ke Photoshop

1. Cara Menambahkan Font ke Photoshop di Semua Perangkat

Menambah atau memasukkan font baru di Photoshop bisa dibilang sangat mudah, karena Anda hanya perlu mengunduh fontnya kemudian di-install di PC atau laptop yang digunakan. Nantinya secara otomatis font tersebut akan muncul di Photoshop dan tulisan yang sedang dibuat.

Untuk cara memasukkan font ke Photoshop, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Siapkan Font

– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan font yang akan dipasang terlebih dulu.
– Anda bisa mengunjungi salah satu situs penyedia font, misalnya melalui link berikut ini (Kunjungi Situs Dafont).
– Setelah situs terbuka, Anda bisa cari jenis font sesuai dengan yang diinginkan dan kalau sudah, Anda bisa download untuk mendapatkan font tersebut.

2. Ekstrak File Font

– Setelah mendapatkan jenis font yang sesuai, maka langkah selanjutnya Anda bisa ekstrak terlebih dulu file font tersebut. Silahkan ekstrak file font seperti bias dengan cara klik kanan kemudian pilih menu Extract Files.
– Kemudian file font akan ditampilkan bersama folder baru sesuai dengan nama font yang telah dibuat sebelumnya.

3. Install Font

– Kalau file font sudah di-ekstrak, maka Anda bisa mulai memasang font. Caranya, Anda hanya perlu klik kanan pada file font dengan format TTF (TrueTypefontFile).
– Untuk memulai proses pemasangan font, Anda bisa pilih menu Install.

4. Cek Font di Photoshop

– Langkah terakhir, Anda bisa mengecek font yang telah dimasukkan apakah sudah terpasang atau tidak dengan cara buka Photoshop. Selanjutnya buat lembar kerja baru kemudian aktifkan ruler Photoshop kalau memang dibutuhkan.
– Lalu pilih Horizontal Type Tool dan Anda bisa cek pada Ribbon Bar kemudian lihat pada Font Style.

2. Cara Memasukkan Font ke Photoshop di Windows

Windows adalah sistem operasi yang sudah sangat banyak digunakan di seluruh dunia, karena pengoperasian dan tampilannya yang sederhana sehingga membuatnya lebih mudah untuk dipahami. Ternyata, tidak hanya cara menginstal aplikasi di PC Windows yang mudah namun juga memasukkan font Photoshop di berbagai software termasuk Windows juga sama mudahnya.

Untuk cara memasukkan font ke Photoshop di Windows, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:
– Download font Photoshop yang Anda inginkan di salah satu situs download font gratis dan pada uraian ini kami akan menggunakan situs DaFont yang bisa diakses melalui link berikut ini (Kunjungi Situs DaFont).
– Setelah situs terbuka, Anda bisa pilih salah satu jenis font yang tersedia, kemudian klik tombol Download yang ada di samping font tersebut.
– Font yang telah di-download akan berupa file ZIP dan Anda harus mengekstrak file tersebut menggunakan software WinRAR.
– Jangan lupa untuk menutup Photoshop terlebih dahulu dan jika Anda tidak melakukan langkah ini, maka font tidak akan muncul di Photoshop.
– Selanjutnya cari file yang memiliki format TTF atau OTF, kemudian klik kanan, lalu pilih opsi Install.
– Photoshop juga telah mendukung kedua format tersebut selain dari TTC, PFB, dan PFM.

3. Cara Memasukan Font ke Photoshop di macOS

Berbeda dengan Windows, macOS masih dianggap mahal dan eksklusif sehingga tidak semua orang menggunakannya. Tetapi, sistem operasi ini memang sangat bisa diandalkan untuk menunjang aktivitas desain grafis. Bahkan Anda juga bisa menggunakan sistem operasi ini untuk menambahkan font di Photoshop untuk perangkat macOS.

Untuk cara memasukkan font ke Photoshop di macOS, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:
– Download font Photoshop yang ingin Anda gunakan terlebih dahulu melalui situs penyedia font seperti yang telah kami bagikan di atas.
– File yang sudah di-download akan berada dalam folder ZIP dan Anda harus klik dua kali pada folder tersebut, kemudian klik dua kali pada file yang memiliki ekstensi .ttf atau .otf untuk membukanya di Font Book.
– Kemudian tutup Photoshop terlebih dahulu supaya font bisa muncul di sana setelah di-install.
– Selanjutnya, klik Install Font pada Font Book lalu buka kembali Photoshop dan cek apakah font yang baru saja didowload sudah muncul di tempat font Photoshop atau belum.
– Anda bisa mengumpulkan berbagai font yang sudah diunduh ke dalam satu folder khusus bernama Fonts atau sesuai yang dengan yang diinginkan agar lebih mudah mencarinya di Finder.

Cara Memasukkan Banyak Font Sekaligus di Photoshop

Tidak hanya cara memasukkan font ke Photoshop, namun kami juga akan membagikan informasi lain yang tak kalah pentingnya untuk diketahui.

Informasi yang kami maksud adalah cara install banyak font secara sekaligus di Photoshop.

Cara ini sangat bisa diandalkan kalau Anda sedang mencari beberapa inspirasi font untuk kebutuhan desain, sehingga tidak perlu menginstall fontnya satu per satu.

Untuk cara install banyak font sekaligus di Photoshop yaitu sebagai berikut:

1. Siapkan Beberapa Font

– Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan beberapa jenis font sesuai dengan yang diinginkan.
– Kemudian kunjungi salah satu situs penyedia font melalui link berikut ini (Kunjungi Situs MyFonts).
– Setelah situs terbuka, Anda bisa mencari beberapa jenis font untuk di-download dan kalau pada satu situs masih kurang, maka Anda bisa kunjungi situs lainnya.

2. Ekstrak Seluruh File Font

– Anda perlu mengekstrak semua file-nya ke dalam satu folder, setelah beberapa jenis font selesai disiapkan.
– Untuk cara mengekstrak seluruh file font, Anda bisa seleksi semua file dengan cara tekan tombol Ctrl + A > klik kanan > pilih Extract Files.
– Selanjutnya buatlah folder baru dengan cara klik New Folder sebagai tempat untuk meletakkan file-file font-nya.

3. Install Semua Font

– Kalau sudah di-ekstrak, selanjutnya Anda hanya perlu menginstallnya sekaligus dan caranya hampir sama dengan tutorial sebelumnya, yaitu Anda bisa tekan Ctrl + A untuk menyeleksi semua file > klik kanan > pilih Install.
– Tunggulah beberapa saat hingga proses instalasi selesai. Lamanya proses ini tergantung jumlah dan ukuran font yang ingin Anda install atau pasang.
– Kalau ada notifikasi muncul dan memiliki arti file lisensi.txt tidak bisa terinstall, maka Anda klik Close saja dan proses instalasi font nantinya akan berjalan kembali.

4. Pastikan Font Muncul di Photoshop

– Langkah terakhir, Anda hanya perlu memastikan kalau semua font tadi sudah berhasil terpasang atau belum dengan cara buka Photoshop kembali.
– Setelah itu, Anda bisa membuat lembar kerja baru kemudian aktifkan Horizontal Type Tool.
– Jika sudah, maka Anda tinggal lihat pada Ribbon Bar kemudian klik Font Style.
– Kemudian Anda bisa mencari jenis font yang sudah terinstall melalui kolom pencarian font.

Daftar Situs Penyedia Font Photoshop Gratis Terbaik

Jika membahas tentang cara memasukkan font ke Photoshop, maka tak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang daftar situs penyedia font Photoshop gratis dan terbaik.

Karena saat ini memang sudah banyak tersedia situs penyedia font Photoshop, namun tidak semuanya gratis. Sehingga pada kesempatan kali ini kami akan merekomendasikan beberapa daftar situs yang gratis dan terbaik untuk digunakan.

Untuk daftar situs penyedia font Photoshop gratis terbaik yaitu sebagai berikut:

1. MyFonts

MyFonts adalah situs penyedia font Photoshop gratis dan terbaik pertama yang kami rekomendasikan untuk Anda.

MyFonts sebenarnya sama seperti situs sejenis lainnya yakni memiliki banyak font premium dan bisa dipilih serta digunakan sesuai dengan yang diinginkan.

(Kunjungi Situs MyFonts)

2. Google Fonts

Selanjutnya ada Google Fonts dan melalui situs ini, Anda bisa mendownload lebih dari 900 font secara gratis.
Sementara keunikan dari situs Google Fonts ialah dilengkapi fitur Pairings dan tidak akan ditemukan di situs font lainnya.

Fungsi dari fitur ini sendiri bisa digunakan untuk menemukan perpaduan font yang cocok untuk desain tertentu.

(Kunjungi Situs Google Fonts)

3. Dafont

Dafont adalah salah satu website atau situs yang menyediakan lebih dari 50.000+ pilihan jenis font, sehingga bisa dikatakan sangat lengkap. Keunggulan dari situs ini adalah Anda bisa menemukan font style dengan menggunakan fitur themes, misalkan Games, Valentine, Halloween dan lainnya.

(Kunjungi Situs Dafont)

4. Font Squirrel

Situs download font menarik selanjutnya adalah Font Squirrel dan menawarkan berbagai jenis font gratis yang bisa Anda download dengan mudah dan cepat. Sedangkan keunikan dari situs ini adalah dilengkapi dengan fitur Find Fonts yang berfungsi untuk mencari jenis font berdasarkan kategori, misalnya seperti kategori, Comics, Script, Sans Serif dan lainnya.

(Kunjungi Situs Font Squirrel)

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara memasukkan font ke Photoshop dan informasi penting lainnya yang bisa dipelajari dan diterapkan.

Dengan menerapkan cara yang kami bagikan di atas, maka Anda bisa menambahkan satu per satu hingga sekaligus. Nantinya font baru tersebut bisa Anda masukkan ke desain yang dibuat di lembar kerja, misalnya di tabel Photoshop, shape tertentu, dan lainnya.

Anda bisa langsung kirim pertanyaan tersebut ke kolom komentar jika memiliki pertanyaan seputar font di Photoshop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button