Cara Mengatasi Bootloop Xiaomi

Cara Mengatasi Bootloop Xiaomi

Jika Anda sedang mencari solusi untuk mengatasi masalah bootloop pada Xiaomi, tenang saja karena dalam artikel ini kami akan memberikan semua informasi yang Anda butuhkan.

Saat ini, banyak sekali jenis ponsel pintar dengan berbagai merek yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti menjelajah internet, melakukan panggilan, dan lainnya.

Ada kemungkinan pengguna mengalami masalah bootloop pada ponsel yang digunakan, yang mana bootloop sendiri adalah kondisi di mana ponsel terus-menerus melakukan proses booting.

Situasi ini membuat perangkat tidak bisa masuk ke dalam sistem, bahkan layar ponsel hanya akan menampilkan logo saja.

Masalah bootloop dapat terjadi pada semua perangkat Android, termasuk salah satunya adalah Xiaomi. Oleh karena itu, jika Xiaomi Anda mengalami bootloop, maka ini adalah masalah serius.

Namun, bagi Anda yang menghadapi masalah bootloop pada ponsel Xiaomi, jangan khawatir karena dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara mengatasi bootloop yang terjadi pada Xiaomi.

Kami juga akan merinci beberapa penyebab dari bootloop pada ponsel Xiaomi.

Jika Anda sudah tidak sabar ingin mendapatkan solusi terhadap masalah bootloop pada Xiaomi, maka mari kita simak beberapa metode yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah bootloop pada Xiaomi.

Jenis Bootloop pada Xiaomi

Sebelum kami menjelaskan solusi untuk mengatasi bootloop pada Xiaomi, kami akan memberikan informasi terlebih dahulu bahwa masalah bootloop ini terdiri dari tiga jenis, yaitu:

  • Bootloop ringan, di mana ponsel Xiaomi masih bisa menyala dan masuk ke menu utama, tetapi hanya untuk sementara sebelum melakukan restart kembali.
  • Bootloop sedang, yang terjadi saat ponsel dinyalakan namun hanya menunjukkan logo MI atau Android, namun masih memungkinkan untuk masuk ke menu Mi Recovery atau TWRP.
  • Bootloop berat, yang terjadi ketika ponsel terjebak pada logo MI atau Android tanpa bisa masuk ke menu Mi Recovery atau TWRP.

4 Metode Mengatasi Bootloop pada Xiaomi

Sekarang setelah Anda mengetahui jenis-jenis bootloop yang terjadi pada ponsel Xiaomi, langkah selanjutnya adalah mengatasi masalah bootloop yang mungkin terjadi pada Xiaomi Anda.

1. Dengan Hard Reset melalui Mi Recovery

Jika Anda mengalami masalah bootloop ringan atau bootloop sedang pada ponsel Xiaomi, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan atau tanpa bantuan software.

Hard Reset atau Wipe Data adalah salah satu opsi yang direkomendasikan untuk mengatasi bootloop pada ponsel Xiaomi.

Langkah-langkah untuk melakukan Hard Reset melalui Mi Recovery pada ponsel Xiaomi:

  • Pastikan baterai mencukupi sebelum melakukan proses Hard Reset.
  • Matikan ponsel Xiaomi dan masuk ke menu Recovery Mode dengan menekan tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan hingga muncul logo Xiaomi / Redmi / MI.
  • Pilih “Bahasa Inggris” jika diperlukan.
  • Lakukan Hard Reset dengan memilih “Wipe Data” dan kemudian “Wipe All Data”.
  • Tunggu hingga proses selesai.

2. Dengan Flashing Ulang MIUI melalui System Update

Jika Hard Reset tidak berhasil memperbaiki masalah bootloop, Anda dapat mencoba flashing ulang MIUI melalui System Update.

Langkah-langkahnya meliputi unduhan ROM yang sesuai dengan tipe ponsel Xiaomi Anda, dan proses pemasangan ROM melalui menu “Setelan” → “Tentang telepon” → “Pembaruan sistem”.

3. Dengan Flashing Ulang MIUI melalui Xiaomi Flash Tool

Jika flashing ulang MIUI melalui System Update tidak berhasil, Anda dapat mencoba metode ini dengan menggunakan Xiaomi Flash Tool.

Proses flashing ulang MIUI melalui Xiaomi Flash Tool memerlukan langkah-langkah khusus, termasuk memasukkan ponsel Xiaomi ke Fastboot mode dan menggunakan Xiaomi Flash Tool di PC atau komputer dengan OS Windows.

4. Dengan Flashing Ulang MIUI melalui Mi PC Suite

Terakhir, Anda dapat melakukan flashing ulang MIUI melalui Mi PC Suite, yang merupakan alternatif lain untuk mengatasi bootloop pada ponsel Xiaomi.

Mi PC Suite masih dapat digunakan untuk ponsel Xiaomi seri lama dan memerlukan persiapan khusus sebelum menjalankan proses flashing ulang MIUI.

Penyebab HP Xiaomi Bootloop

Selain memberikan solusi untuk mengatasi bootloop pada ponsel Xiaomi, kami juga akan menjelaskan beberapa penyebab yang dapat menjadi faktor terjadinya bootloop pada ponsel Xiaomi:

a. Bugs Pada Sistem Android

Bugs pada sistem Android (MIUI) dapat menjadi salah satu penyebab utama bootloop pada ponsel Xiaomi.

b. HP Sudah Dilakukan Root

Penggunaan metode root pada ponsel Xiaomi dapat meningkatkan risiko terjadinya bootloop.

c. Komponen IC eMMC Rusak

Rusaknya komponen IC eMMC pada ponsel Xiaomi dapat menyebabkan ponsel mengalami bootloop.

d. Penggunaan Custom ROM

Penyebab lain dari bootloop pada ponsel Xiaomi adalah penggunaan Custom ROM yang bermasalah.

Kesimpulan

Inilah empat metode yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah bootloop pada ponsel Xiaomi. Namun, untuk menghindari terjadinya bootloop, penting untuk menghindari faktor-faktor yang dapat menyebabkan masalah tersebut.

Apabila Anda merasa informasi dalam artikel ini bermanfaat, silakan bagikan kepada keluarga dan teman-teman Anda. Terima kasih atas kesetiaan Anda dalam membaca artikel ini.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button