Cara Mengecek Resi JNE, J&T, Anteraja, dan Tiki

Cara Mengecek Resi – Belanja online telah menjadi gaya hidup yang sangat populer di era digital ini. Namun, seiring dengan pertumbuhan industri e-commerce, pengiriman barang juga menjadi semakin penting. Ketika Anda melakukan pembelian online, salah satu hal yang pasti akan Anda temui adalah nomor resi.

Mengenal Nomor Resi

Sebelum kita memulai panduan cara mengecek resi berbagai ekspedisi, mari kita kenali lebih dalam apa itu nomor resi dan mengapa begitu penting. Nomor resi, juga dikenal sebagai connote number atau air waybill number, adalah kode unik yang diberikan oleh jasa ekspedisi kepada pengirim dan penerima barang sebagai bukti pengiriman. Dengan nomor resi, Anda dapat melacak perjalanan paket Anda, mengetahui status pengiriman, dan memiliki bukti bahwa barang Anda telah dikirim.

Nomor resi biasanya terdiri dari kombinasi huruf dan angka yang unik untuk setiap pengiriman. Pengirim dan penerima barang sama-sama dapat menggunakan nomor resi ini untuk memantau dan mengontrol perjalanan paket mereka.

Menentukan Ekspedisi yang Digunakan

Langkah pertama dalam cara cek resi adalah menentukan jasa ekspedisi yang digunakan. Setiap jasa ekspedisi memiliki sistem pelacakan resi mereka sendiri, sehingga Anda perlu tahu ekspedisi mana yang mengirimkan barang Anda sebelum melanjutkan.

Cara Mengecek Resi JNE

JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) adalah salah satu jasa ekspedisi terkemuka di Indonesia, dan banyak orang mempercayainya untuk mengirimkan paket mereka. Berikut adalah langkah-langkah untuk cek resi JNE:

  1. Temukan nomor resi. Nomor resi JNE biasanya terletak di atas, sebelah tulisan ‘Air Waybill Number’ atau ‘No e-connote’ pada lembar bukti pengiriman Anda.
  2. Buka situs resmi JNE di https://www.jne.co.id/id/beranda
  3. Pada kolom ‘Lacak Kiriman’, masukkan nomor resi atau connote Anda.
  4. Klik ‘Tracking’.
  5. Status dan posisi paket Anda akan ditampilkan pada layar.

Cara Mengecek Resi J&T

J&T adalah jasa ekspedisi lain yang populer di Indonesia. Nomor resi J&T juga terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Berikut adalah cara cek resi J&T:

  1. Cari nomor resi J&T pada nota bukti pengiriman paket Anda. Nomor resi biasanya terletak di bawah barcode. Jika Anda melakukan transaksi melalui e-commerce atau marketplace, nomor resi biasanya akan terdapat di menu pelacakan pesanan.
  2. Buka situs resmi J&T di https://jet.co.id/track
  3. Pilih “Trace & Track”.
  4. Masukkan nomor resi pada kotak pelacakan/tracking pengiriman.
  5. Klik “Search”.
  6. Status pengiriman dan posisi paket Anda akan ditampilkan secara real-time di bawah kotak pencarian.

Cara Mengecek Resi Anteraja

Anteraja merupakan perusahaan penyedia jasa pengiriman yang kini semakin populer. Berikut adalah cara cek resi Anteraja:

  1. Pelanggan Anteraja bisa melakukan tracking resi melalui website resmi Anteraja di https://anteraja.id/
  2. Masukkan 13 digit nomor resi, lalu klik tombol ‘Lacak’ untuk melihat posisinya.

Cara Mengecek Resi Tiki

Tiki adalah salah satu pioneer dalam layanan pengiriman barang di Indonesia. Berikut adalah cara cek resi Tiki:

  1. Konsumen Tiki bisa tracking kiriman di situs resmi mereka, yakni www.tiki.id
  2. Masukkan nomor resi.
  3. Klik tombol ‘Cek Resi’.
  4. Pelanggan Tiki juga bisa melakukan tracking resi melalui aplikasi mobile Android dan iOS yang tersedia di PlayStore maupun AppStore. Cukup masukkan nomor resi yang akan dicek.

Keuntungan Menggunakan Layanan Cek Resi Online

Menggunakan layanan cek resi online memiliki banyak keuntungan. Anda dapat dengan mudah melacak pengiriman Anda dari mana saja dan kapan saja. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi real-time tentang posisi barang Anda. Hal ini sangat membantu untuk memastikan keamanan dan keberhasilan pengiriman barang Anda.

Dengan kemajuan teknologi, sekarang Anda bahkan dapat menerima notifikasi melalui pesan teks atau email tentang perkembangan terbaru dalam pengiriman Anda. Ini memberi Anda kendali penuh atas pengiriman barang Anda.

Tips dan Trik untuk Melacak Pengiriman dengan Mudah

Selain langkah-langkah cara mengecek resi di atas, ada beberapa tips dan trik yang dapat Anda gunakan untuk melacak pengiriman dengan lebih mudah. Beberapa di antaranya adalah:

  • Simpan nomor resi dengan baik: Pastikan Anda selalu menyimpan nomor resi dengan baik, baik sebagai bukti pengiriman maupun untuk melakukan pelacakan di kemudian hari.
  • Periksa secara berkala: Selalu periksa status pengiriman secara berkala untuk mendapatkan pembaruan terbaru.
  • Gunakan aplikasi mobile: Banyak jasa ekspedisi yang memiliki aplikasi mobile resmi. Gunakan aplikasi ini untuk pelacakan yang lebih mudah dan cepat.

Kesimpulan

Dengan mengetahui cara mengecek resi berbagai ekspedisi, Anda dapat mengontrol pengiriman barang Anda dengan lebih baik. Ketika Anda dapat melacak perjalanan paket Anda, Anda akan lebih percaya diri dalam berbelanja online. Semoga panduan ini membantu Anda dalam melacak pengiriman barang Anda dengan mudah dan efisien.

Google News

Berita Terkait

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button