Cara Mengecek Saldo BPNT Lewat HP



Cara Mengecek Saldo BPNT Lewat HP

Bagi anda yang mungkin pada saat ini sedang mencari cara mengecek saldo BPNT lewat hp berarti anda masuk ke dalam artikel yang tepat, karena kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda di bawah ini.

Terdapat banyak sekali bantuan yang pada saat ini pemerintah lakukan untuk mensejahterakan rakyatnya, selain membuat program Kartu Pekerja untuk pekerja yang terkena PHK dan juga KJP untuk pelajar, pemerintah juga sudah mengandakan bantuan sosiala yang bernama BPNT untuk masyarakat miskin yang cair setiap bulannya.

Sebagai informasi, bantuan pangan Nontunai atau BPNT merupakan salah satu banuan sosial yang sudah diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang menjadi keluarga penerima manfaat atau KPM, penyaluran BPNT dilakukan dalam rangka untuk menanggulangi kemiskinan.

Nah, jika bulanan ini anda sedang menunggu BPNT untuk cair, maka anda bisa langsung saja mengecekknya dengan melalui BPNT online melalui handphone yang jauh lebih praktis dan cepat.

BPNT merupakan sebuah bantuan yang di khususkan untuk masyarakat yang sudah terdaftar dalam DTKS Kemensos sehingga yang berhak menerimnya adalah anggota keluarga penerima manfaat atau KPM.

Bantuan tersebut sebetulnya sudah ada sejak lama, tepatnya pada tahun 2016 silam dengan nama program Beras untuk Keluarga Miskin atau Raksin.

Akan tetapi, dikarenakan adanya perubahan kebijakan, pemerintah juga ikut serta merubah nama dan juga metode pemberian dananya.

Kini, masyarakat yang sudah terdaftar dalam KPM akan mendapatkan bantuan BPNT sebesar Rp 300.000 perbulannya yang akan langsung dikirimkan melalui kartu Elektronik.

Kartu tersebut bisa anda belanjakan di warung rekanan dengan program BPNT, misalnya di Elektronik waring Gotong Royon atau e-Warung, Warung agen 46 ataupun pada toko kelontong lainnya.

Apabila sudah berhasil di cairkan, tidak hanya beras yang bisa anda dapatkan, BPNT nantinya juga bisa anda belanjakan untuk membeli berbagai macam kebutuhan pangan seperti minyak, telur, susu, gula, daging dan yang lainnya.

Secara keseluruhan, terdapat sekitar 5,9 juta PKM yang akan di bantu oleh pemerintah, program tersebut mengganggarkan dana sebesar rp 7 Triliun dan akan terus berlanjut sehingga bisa meringankan beban keluarga yang kurang mampun khususnya di tengah pendemi pada saat ini.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai cara mengecek saldo BPNT lewat hp yang sudah ada di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!

Tujuan dan Manfaat Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai BPNT

Tidak semua masyarakat bisa menjadi penerima menfaat dari bantuan non tunai pemerintah tersebut, dikarenakan adanya syarat dan juga ketentuan yang harus di penuhi.

Sebagai salah satu program bantuan sosial yang sudah diberkan oleh pemerintah, BPNT mempunyai sejumlah tujuan.

Anda harus mengetahui beberapa tujuan dan juga Manfaat dari adanya BPNT sebelum anda masuk ke dalam cara mengecek saldo BPNT lewat hp yang sudah ada di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

A. Tujuan

  • Tujuan utama dari pemberian bantuan pangan non tunai ini utuk masyarakat miskin dan rentan miskin adalah untuk membantu Meringankan Beban Masyarakat, dengan begitu pengeluaran untuk memnuhi kebutuhan pangan bisa di tekan dan dialihkan untuk kebutuhan yang lainnya.
  • Tujuan yang kedua adalah untuk membantu asupan gizi masyarakat miskin ataupun rentan miskin biasanya tidak mudah untuk dipenuhi karena minimnya penghasilan yang di dapatkan, dengan adanya program batuan pangan tersbut maka diharapkan bisa membantu pemenuhan gizi keluarga.
  • Tujuan yang ketiga adalah untuk Meningkatkan Ketepatan Sasaran PKM karena data masyarakat miskin ataupun rentan miskin sudah terintegrasi pada kementrian sosial.
  • Dengan adanya metode penyaluran bantuan melalui KKS atau Kartu Kesejahteraan Sosial maka hal tersebut akan memberikan kendali kepada KPM terutama dalam memenuhi kebutuhan pangan untuk keluarga.
  • Penyaluran bantuan pangan tersebut juga bertujuan untuk bisa mencapai tujuan pembagungan yang berkelanjutan, adapun tujuan pembangunan yang berkelanjutan meliputi beberapa hal, diantaranya adalah tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan yang sehat dan yang lainnya.

B. Manfaat

  • Menafaat utama dari adanya program penyaluran bantuan pangan ini adalah untuk bisa meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan juga masyarakat, hal ini juga menjadi salah satu makanisme untuk bisa membantu menanggulangi kemiskinan.
  • Dalam penyaluran bantuan pangan tersebut menggunakan makanisme kartu elektronik yang bukan hanya sangat mudah untuk di akses, namun juga di pantau, hal tersebut tentu saja akan memberikan manfaat tersendiri dalam hal meningkatkan efisiensi penyaluran bansos sampai lebih terintegrasi dan terkontrol.
  • Pada saat ini pemerintah memang sedang mencanangkan gerakan non tunai yang dikenal dengan istilah GNNT atau Gerakan Nasional Non Tunai yang bertujuan untuk bisa meningkatkan efisensi transaksi, dengan adanya KKS atau Kartu Sejahteraan Sosial ini dalam penyaluran bantuan pangan tersebut maka akan sangat bermanfaat untuk bisa meningkatkan transaksi non tunai.
  • Manfaat lainnya dari adanya program bantuan pangan nontunai ini adalah untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi tidak hanya terbatas bagi penerima manfaat KPN saja namun juga bagi usaha mikro dan juga kecil yang mempunyai usaha penjualan sembako seperti beras dan juga telur.

Cara Mengecek Saldo BPNT Lewat HP

1. Cara Mengecek Saldo BPNT Lewat HP Melalui Situs

Bagi anda yang sudah memenuhi kriteria ataupun belum namun ingin mengetahui apakah mendapatkan BPNT dari pemerintah atau tidak bisa melakukan pengecekkan sendiri secara online melalui perangkat smartphone.

Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai cara mengecek saldo BPNT lewat hp melalui situs yang sudah ada di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

  • Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah mengunjungi situs cekbansos. kemensos melalui link yang sudah kami sediakan untuk anda berikut ini (Kunjungi Situs cekbansos. kemensos).
  • Nantinya akan langsung muncul jendela dengan keterangan provinsi, kabupaten, kecamatan, Desa atau kelurahan.
  • Silahkan anda tinggal memasukkan data yang sesuai dengan domisili.
  • Jika sudah, anda bisa langsung saja ketikkan nama lengkap anda sesuai dengan yang ada di KTP.
  • Kemudian anda lanjutkan dengan ketikkan kode 8 huruf yang sudah ada di dalam kotak.
  • Apabila huruf yang ada di sana kurang jelas, maka anda bisa langsung klik icon Refresh untuk bisa mendapatkan kode yang baru.
  • Selanjutnya anda bisa langsung klik opsi Cari Data pada kotak yang sudah tersedia.
  • Bila nama anda sudah termasuk ke dalam daftar penerima manfaat BPNT maka pada kolom BPNT akan langsung terdapat informasi mengenai nama lengkap, usia, status, ketengan, dan juga periodenya.
  • Sebaiknya jika nama anda tidak termasuk ke dalam daftar penerimaan manfaat BPNT, nantinya akan langsung terdapat keterangan bahwa nama anda tidak termasuk penerima manfaat bantuan BPNT.
  • Selesai!!!

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara untuk mengecek saldo yang ada pada BPNT dengan menggunakan situs yang sudah kami berikan di atas yang bisa langsung di terapkan dengan sangat mudah.

2. Cara Mengecek Saldo BPNT Lewat HP Melalui m-Banking BNI

Jika anda ingin mengetahui saldo BPNT yang ada di dalam rekening anda maka cara yang harus dilakukan adalah seperti di bawah ini.

Di bawah ini sudah ada langkah-langkah mengenai cara mengecek saldo BPNT lewat hp melalui m-banking BNI yang bisa langsung di terapkan, yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengunduh aplikasi m-Banking BNI melalui link yang sudah kami sediakan untuk anda berikut ini (Download Aplikasi m-Banking BNI untuk Android).
  • Setelah itu anda tinggal install aplikasinya seperti biasa ke dalam perangkat handphone anda.
  • Kemudian anda tinggal memasukkan Informasi akun dan juga login dengan memasukkan User ID dan juga MPIN.
  • Jika anda sudah berhasil login, maka anda akan langsung mendapatkan informasi mengenai saldo BPNT yang sudah ada pada halaman awal aplikasi.
  • Selesai!!!

Bagaimana, mudah sekali bukan cara untuk melakukan pengecekkan saldo yang masih tersisa di dalam BPNT yang anda miliki melalui aplikasi m-Banking BNI yang bisa langsung di terapkan.

Tidak bisa di pungkiri bahwa penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat miskin dan rentan miskin pada saat ini memang sangatlah membantu.

Terlebih lagi dengan keadaaan ekonomi yang pada saat ini belum juga pulih sepenuhnya akibat pandemi yang sangat berkepanjangan.

Kebuthan pokok menjadi salah satu hal yang sangat sulit dipenuhi akibat tidak adanya pemasukan setelah kehilangan pekerjaan atau usaha bangkrut.

Dengan adanya bantuan pangan dari BPNT ini maka sangat diharapkan bisa sedikit mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin.

Selain itu, penyaluran bantuan pangan juga akan sangat membantu masyarakat yang terdapak dengan adanya pendemi untuk memenuhi segala asupan gizi untuk keluarga.

Karena dengan asupan gizi yang terpenuhi dengan baik, maka masyarakat akan jauh lebih bisa sehat dan juga bersemangat untuk mencari penghidupan yang jauh lebih layak.

Melalui cara melakukan pengecekan bansos BPNT di atas, maka hal tersebut akan jauh lebih memudahkan siapa saja untuk bisa mengetahui apakah terdaftar sebagai penerima manfaat atau tidak.

Akhir Kata

Itulah dia pembahasan mengenai cara mengecek saldo bpnt lewat hp yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat mudah loh guys.

Kami harap dengan adanya uraian cara yang sudah kami berikan di atas anda tidak kebingungan lagi jika ingin mengecek sisa saldo yang ada pada bpnt melalui perangkat handphone.

Jika anda rasa ulasan yang sudah kami bagikan di atas penting, maka anda jangan lupa juga untuk membagikannya ke teman ataupun kerabat yang belum mengetahuinya.

Usai sampai sini saja segala penjabaran pada artikel kali ini, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa.


Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button