Cara Mengusir Tikus

Cara Mengusir Tikus

Mengusir tikus termasuk ke salah satu tindakan yang wajib dilakukan oleh sebagian orang yang mengalami masalah dengan tikus di sekitar tempat tinggal. Tikus dapat menimbulkan berbagai masalah seperti kerusakan bangunan, pencemaran makanan, serta penyebaran penyakit. Ada berbagai metode cara mengusir tikus yang bisa Anda coba.

Cara Mengusir Tikus

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, kami akan memberikan beberapa tips cara mengusir tikus yang bisa Anda terapkan di tempat tinggal.

1. Pakai Lada

Lada hitam mengandung senyawa kimia yang bisa menjadi racun bagi tikus, memicu iritasi, dan ketidaknyamanan pada hewan pengerat tersebut. Namun, penggunaan lada hitam sebagai cara mengusir tikus harus dilakukan dengan hati-hati karena senyawa kimia tersebut berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan lainnya. Cara aman untuk mengusir tikus dengan lada adalah dengan menumbuk lada kasar dan menyebarkannya ke area tempat tikus sering lewat atau tempat bersarangnya. Selain lada hitam, lada putih juga efektif dalam mengusir tikus karena tikus tidak menyukai bau dan rasa pedas yang dihasilkan lada.

2. Pakai Bawang Bombay

Salah satu cara mengusir tikus secara alami adalah dengan menggunakan bawang bombay. Tikus tidak menyukai bau dari bawang bombay, sehingga cara ini efektif untuk mengusir tikus dari sekitar tempat tinggal dan tempat kerja. Penggunaan bawang bombay juga ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan kimia berbahaya.

3. Irisan Bawang Merah dan Putih

Bawang merah dan bawang putih juga memiliki bau yang efektif untuk mengusir tikus. Penggunaannya mudah, Anda tinggal mengiris bawang merah dan bawang putih lalu menempatkannya di area yang sering dilalui dan dijadikan sarang oleh tikus. Bahan-bahan ini aman dan ramah lingkungan.

4. Pakai Larutan Cabai

Cabai tidak hanya sebagai bumbu dapur, namun juga efektif dalam mengusir tikus secara alami. Caranya sederhana, Anda tinggal membuat larutan cabai dan menyemprotkannya ke tempat-tempat yang sering dilalui atau dikunjungi oleh tikus.

5. Pakai Adonan Soda Kue

Soda kue dapat membantu membasmi tikus secara alami karena reaksi kimia yang dihasilkannya saat tikus memakannya.

6. Pakai Ampas Teh

Ampas teh mengandung senyawa yang tidak disukai oleh tikus, sehingga dapat digunakan untuk mengusir tikus secara alami.

7. Pakai Bedak Bayi

Bedak bayi mengganggu fungsi tubuh tikus saat dikonsumsi, sehingga efektif untuk mengusir tikus.

8. Menyemprotkan Minyak Kayu Putih

Aroma kuat dari minyak kayu putih dapat mengusir tikus dari dalam rumah. Campurkan 5% minyak kayu putih dengan air dan semprotkan larutan tersebut ke area tempat tikus biasanya bersarang.

9. Memanfaatkan Kulit Durian

Kulit durian mengandung senyawa alami yang tidak disukai oleh tikus, sehingga dapat digunakan untuk mengusir tikus dari sekitar tempat tinggal.

10. Memasang Perangkat Tikus

Memasang perangkat tikus dapat membantu Anda mengusir tikus secara praktis dan aman.

Akhir Kata

Itulah berbagai cara mengusir tikus yang bisa Anda coba, baik metode alami maupun kimia. Jika Anda tidak ingin membahayakan tikus, penggunaan perangkat tikus adalah solusi praktis untuk mengusir tikus. Semoga berhasil!

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button