Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Penulisan daftar pustaka merupakan elemen yang sangat penting dalam karya ilmiah yang harus disertakan dalam daftar sumber referensi yang dapat diandalkan, termasuk dari internet.

Daftar Pustaka sendiri adalah kumpulan referensi atau sumber yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah, yang bisa berasal dari berbagai bentuk seperti buku, artikel, jurnal, skripsi, dan sumber lain yang sering digunakan dalam penelitian ilmiah.

Daftar pustaka juga sering disebut dengan istilah rujukan, referensi, pranala, atau sumber pustaka. Daftar pustaka biasanya ditempatkan di bagian akhir sebuah karya ilmiah.

Mencantumkan daftar pustaka dalam karya ilmiah memiliki tujuan sebagai petunjuk bahwa data yang digunakan bisa dipercaya karena sumbernya yang sah.

Selain itu, mencantumkan daftar pustaka yang lengkap juga merupakan bagian dari etika dalam penulisan karya ilmiah sebagai tanda terima kasih kepada penelitian sebelumnya yang telah memberikan kontribusi bagi pengembangan ide-ide yang digunakan.

Dalam perkembangan ilmu yang pesat saat ini, rujukan ke teori atau kajian ilmiah sebelumnya menjadi hal yang tidak terelakkan.

Meskipun menemukan penemuan baru dalam penelitian, rujukan atau kajian dari penelitian sebelumnya tetap diperlukan.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Setelah memahami konsep daftar pustaka, penting untuk mengetahui cara penulisan daftar pustaka dari internet dengan berbagai sumber.

Berikut penjelasan detail tentang cara menulis daftar pustaka dari internet dan contoh penulisan daftar pustaka dari berbagai media di internet.

1. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Tanpa Penulis Dan Tanggal

Cara menulis daftar pustaka dari internet tanpa mencantumkan penulis dan tanggal dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
Tanpa penulis: “Judul artikel lengkap.” Nama website atau situs, tanggal terbit artikel, URL lengkap.
Contoh penulisan daftar pustaka: “Budidaya Tanaman Sayuran: Tahapan, Manfaat & Peluang Usaha”. Gramedia.com, 21 Agustus , https://www.gramedia.com/best-seller/budidaya-tanaman-sayuran/

2. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Untuk Artikel Online Dengan Nama

Dalam penulisan daftar pustaka untuk artikel online, Anda dapat menggunakan gaya penulisan APA atau MLA dengan susunan yang sesuai format penulisan karya ilmiah.

3. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Untuk Majalah atau Artikel

Cara menulis daftar pustaka dari internet untuk artikel online yang merupakan versi online dari publikasi cetaknya, misalnya pada majalah atau surat kabar, dapat menggunakan gaya penulisan APA dengan format yang sesuai.

4. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Untuk Video Youtube

Penulisan daftar pustaka dari internet untuk video Youtube dilakukan dengan cara mencantumkan informasi mengenai siapa yang membuat video, judul video, nama media, tanggal postingan, dan URL lengkap.

5. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Untuk Blog

Untuk penulisan daftar pustaka dari internet untuk blog, Anda dapat menggunakan gaya penulisan APA dengan format yang sesuai.

6. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Untuk Medsos (Media Sosial)

Cara menulis daftar pustaka dari internet untuk media sosial memerlukan mencantumkan informasi mengenai penulis, tanggal postingan, deskripsi singkat, jenis potongan, nama media sosial, dan URL lengkap.

7. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Untuk Website

Untuk menulis daftar pustaka untuk website, Anda dapat mencantumkan informasi mengenai nama website, tanggal akses website, dan URL lengkapnya.

Akhir Kata

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara menulis daftar pustaka dari internet. Dengan memahami cara penulisan daftar pustaka dari berbagai sumber di internet, diharapkan Anda dapat menyelesaikan karya ilmiah dengan lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button