Cara Menyembunyikan Foto di Galeri

Cara Menyembunyikan Foto di Galeri

Mungkin di sini ada beberapa orang dan termasuk anda sedang mencari sebuah ulasan tentang strategi menyembunyikan foto di dalam galeri, maka anda sudah masuk ke dalam artikel yang tepat karena disini kami akan membahasnya secara tuntas. Tidak begitu banyak orang yang sudah mengetahui apabila perangkat Smartphone Android sudah mempunyai sebuah fitur yang bisa menyembunyikan dokumen, file, video ataupun foto.

Dengan menggunakan fitur tersebut, anda nantinya akan bisa mengamankan video ataupun foto-foto yang dimana sifatnya itu sangat penting sekali dan juga rahasia supaya tidak diketahui oleh pengguna yang lain. Setiap video dan juga foto yang para pengguna ambil dengan memakai kamera Smartphone, tentunya nantinya akan otomasi langsung tersimpan di dalam galeri foto. Dan begitu juga pada saat mendownload video dan juga gambar dari internet. Tetapi, kadangkala dari semua kumpulan video dan juga foto di dalam galeri tersebut akan terdapat sejumlah konten yang bersifat “rahasia”, entah itu karena di dalamnya sudah mengandung informasi sensitif atau pun sifat pribadi, sehingga tidak mau dilihat oleh pengguna yang lain. Apapun itu alasannya, para pengguna sebetulnya dapat dengan sangat mudah untuk bisa menyembunyikan video atau foto dari galeri perangkat Smartphone Android.

Ada beberapa perangkat Smartphone seperti halnya Realme, Samsung, dan juga LG sudah mempunyai fitur bawaan untuk bisa menyembunyikan video dan juga foto yang dari galeri. Untuk para pengguna yang di Smartphone nya itu tidak mempunyai fitur bawaan untuk bisa menyembunyikan video atau foto, tidak usah berkecil hati ya. Karena, para pengguna dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk bisa menyembunyikan video dan juga foto dari galeri. Cara untuk bisa menyembunyikan video dan foto di perangkat Smartphone akan bisa membantu anda untuk bisa melindungi file foto atau gambar yang dimana bersifat begitu pribadi sekali.

Selain sangat privasi, segi keamanan menjadi alasan paling utama dari beberapa orang pada saat mau melakukan hal tersebut. Selain sebagai alat komunikasi, sekarang ini perangkat Smartphone memang sudah menjadi perangkat untuk tempat menyimpan berbagai dokumen atau file digital yang sangat penting sekali milik para penggunanya. Namun terkadang, anda tidak mau jika data-data yang ada di dalam perangkat Smartphone itu, termasuk dengan video dan juga foto dilihat oleh pengguna yang lain.

Dan untungnya, anda dapat mencegah hal itu dengan cara menyembunyikan video dan juga foto yang terdapat di dalam Smartphone tersebut. Khawatir jika foto-foto atau video pribadi tersebut sampai di salah pakai untuk melakukan kejahatan atau peretasan siber lain?

Cara Menyembunyikan Foto di Galeri

Ya apapun itu alasannya, silahkan untuk langsung saja simak beberapa cara menyembunyikan foto di Galeri dibawah ini, sebagai berikut.

1. Dengan File Manager

Hampir seluruh jenis perangkat Smartphone Android yang keluaran terbaru itu sudah dilengkapi dengan sebuah aplikasi File Manager. Aplikasi File Manager ini adalah aplikasi yang akan bisa membantu para penggunanya di dalam mengelola sebuah file-file yang ada di dalam perangkat Smartphone. Selain bisa berfungsi untuk tempat menyimpan seluruh jenis file, ya termasuk dengan video dan foto, aplikasi File Manager ini juga bisa dipakai untuk bisa menyembunyikan file-file itu. Dan berikut ini adalah langkah-langkah cara menyembunyikan foto di Galeri dengan memakai aplikasi File Manager:

  • 1. Langkah yang pertama, silahkan anda buka aplikasi File Manager yang ada di perangkat Smartphone anda itu.
  • 2. Silahkan anda pilih opsi Settings.
  • 3. Setelah itu nyalakan toggle Show hidden files agar bisa mengaktifkan beberapa file-file yang sudah tersembunyi tersebut.
  • 4. Kemudian tekan tanda panah untuk anda kembali ke dalam menu, setelah itu pilih opsi SD Care atau penyimpanan internal.
  • 5. Lalu anda pilih opsi Create New Folder atau New Folder.
  • 6. Lalu anda ubah nama folder tersebut dengan cara menambahkan yang tanda titik (.) tersebut sebelum dan juga sesudahnya, misalnya itu seperti .folder.
  • 7. Silahkan buka Gallery, kemudian pilih foto dan juga video yang mau disembunyikan itu ke dalam folder itu.
  • 8. Langkah yang selanjutnya itu anda pilih opsi Hidden Album untuk bisa menambahkan video dan foto-foto yang sudah anda pilih ke dalamnya itu.
  • 9. Langkah berikutnya, anda buka menu File Manager, kemudian pilih opsi Settings.
  • 10. Silahkan untuk ulangi langkah yang ke dua itu, kemudian ansa nonaktifkan opsi toggle Show hidden files untuk bisa menyembunyikan folder anda itu.
  • 11. Selesai.

2. Dengan Google Photos

Google Photos ini adalah salah satu jenis aplikasi yang sudah biasa dipakai untuk bisa mengarsipkan video dan juga foto. Dengan menggunakan cara yang kali ini, anda juga bisa menyembunyikan video dan foto anda itu dengan cara mengarsipkannya ke dalam Google Photos. Dan berikut ini merupakan langkah-langkah cara menyembunyikan foto di Galeri dengan Google Photos:

  • 1. Silahkan anda buka aplikasi Google Photos yang sudah di perangkat Smartphone anda itu.
  • 2. Kemudian pilih video dan juga foto yang mau anda sembunyikan.
  • 3. Setelah itu klik ikon yang tanda titik tiga (⋮) yang sudah terletak di sudut sebelah kanan atas layar tersebut.
  • 4. Dan silahkan untuk pilih opsi Move to Archive.
  • 5. Selesai

3. Cara Menyembunyikan Foto di Galeri Pada Samsung

Para pengguna perangkat Smartphone Samsung dengan menggunakan OS Android 7.0 atau menggunakan OS yang jauh lebih baru dapat memakai fitur “Secure Folder” untuk bisa menyembunyikan video atau foto. Berdasarkan dari beberapa pengalaman orang yang sudah memakai Smartphone Samsung Galaxy M62 yang sudah menjalankan perangkat OS Android 11, maka berikut ini merupakan cara menyembunyikan foto di Galeri pada Smartphone Samsung:

  • 1. Silahkan anda buka menu Pengkaturan atau Settings, pilih opsi Biometrics and security, pilih opsi Secure Folder.
  • 2. Jika tidak ingin ribet, para pengguna dapat langsung saja mencari opsi “Secure Folder” di dalam kolom pencarian Pengaturan atau Settings.
  • 3. Pada saat pertama kali anda mengakses opsi Secure Folder, para pengguna nantinya itu akan diminta untuk langsung login atau masuk ke dalam akun Samsung.
  • 4. Sesudah itu, para pengguna dapat memilih jenis metode penguncian yang mau dipakai, apakah dengan memakai Pola, PIN, Kata Sandi, atau fingerprint.
  • 5. Para pengguna juga nantinya itu harus mengatur secara otomatisasi penguncian opsi “Secure Folder” ke dalam opsi “each time I leave an app”.
  • 6. Dengan cara anda memilih opsi yang ini, maka untuk opsi “Secure Folder” ini nantinya akan secara otomatis langsung terkunci jika para pengguna sudah keluar dari aplikasi “Secure Folder” tersebut.
  • 7. Untuk bisa memindahkan video atau foto ke dalam “Secure Folder”, para pengguna hanya tinggal membuka video atau foto di dalam galeri.
  • 8. Setelah itu, klik icon titik tiga vertikal yang berada di pojok sebelah kanan bawah layar, lalu pilih opsi “move to secure folder”.
  • 9. Video atau Foto akan secara otomatis disembunyikan di dalam Secure Folder yang telah dilindungi dengan kata sandi yang tadi.
  • 10. “Secure Folder” dapat langsung diakses lewat laci aplikasi di perangkat Smartphone. Maka para pengguna harus memasukkan password yang sudah dipilih setiap mau mengakses “Secure Folder” tersebu.
  • 11. Selesai.

Akhir Kata

Dan mungkin hanya itu saja ulasan yang dapat kami bagikan untuk anda semua di dalam artikel yang kali ini tentang cara menyembunyikan foto di Galeri. Semoga bermanfaat dan selemat mencobanya ya. Sekarang ini, keperluan seseorang terhadap perangkat Smartphone sudah menjadi jauh semakin besar. Oleh karena itu, ada begitu banyak sekali pengguna perangkat Smartphone yang ingin memanfaatkan Smartphone untuk tempat menunjang aktivitas atau kegiatan yang sehari-harinya. Dan bahkan, tidak jarang juga dipakai untuk tempat menyimpan berbagai macam jenis file yang sudah bersifat rahasia atau pribadi. Dan untungnya, ada beberapa jenis Smartphone yang sudah beredar saat ini telah dibekali dengan fitur untuk bisa menjaga keamanan privasi para pengguna nya itu.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button