Cara Meretas CCTV

Cara Hack CCTV – Closed Circuit Television atau CCTV menjadi alat keamanan yang sangat populer saat ini. CCTV merupakan sistem pengawasan yang menggunakan kamera video untuk merekam dan menampilkan gambar pada layar monitor. Penggunaan CCTV umumnya untuk keamanan, pengawasan, dan pemantauan di berbagai tempat seperti rumah pribadi, kantor, bank, sekolah, Mall, Cafe dan tempat lainnya.

Dikarenakan keterbatasan akses, banyak orang ingin mengetahui cara untuk meretas atau hack CCTV dengan berbagai alasan tertentu. Namun, penting untuk memanfaatkan informasi ini dengan bijak dan tidak untuk kepentingan negatif.

Cara Meretas CCTV

Berikut ini kita akan membahas dan membagikan informasi tentang cara meretas CCTV dan informasi penting lainnya seputar CCTV yang perlu diketahui.

1. Cara Meretas CCTV di HP dan PC Menggunakan Aplikasi Angry IP Scanner

Angry IP Scanner adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk meretas CCTV di perangkat PC ataupun HP. Untuk cara meretas CCTV di HP dan PC menggunakan aplikasi Angry IP Scanner sebagai berikut:

  • Unduh dan install aplikasi Angry IP Scanner sesuai dengan sistem operasi perangkat yang digunakan melalui tautan berikut: Unduh Aplikasi Angry IP Scanner di angryip.org.
  • Buka Google atau mesin pencari lainnya kemudian ketik My IP lalu catat alamat IP Anda.
  • Buka aplikasi Angry IP Scanner yang sudah terinstal kemudian cari menu “Tools” > “Preferences” > “Ports” lalu masukkan “80, 8080, 23”.
  • Lakukan scanning pada perangkat CCTV yang ingin diakses. Jika scanning tidak berhasil, Anda bisa menggunakan aplikasi WEB Detect/Red Eyes untuk menampilkan perangkat yang terhubung ke internet.
  • Setelah itu, masukkan alamat IP-mu ke kolom yang tersedia di aplikasi Angry IP Scanner.
  • Klik Start.
  • Jika berhasil, rekaman CCTV yang sudah Anda retas akan muncul di layar perangkat.

2. Cara Meretas CCTV di Android Menggunakan Aplikasi Eagle Eyes Lite/ Plus

Aplikasi kedua yang bisa digunakan untuk meretas CCTV adalah Eagle Eyes Lite/ Plus namun kedua aplikasi tersebut hanya bisa dijalankan di perangkat Android saja. Untuk cara meretas CCTV menggunakan aplikasi Eagle Eyes Lite/ Plus sebagai berikut:

  • Silahkan download aplikasi yang akan digunakan melalui link berikut:
  • Setelah aplikasi Eagle Eyes berhasil diinstall di smartphone Android, buka aplikasinya.
  • Hubungkan koneksi wifi pada smartphone Android yang Anda miliki.
  • Pilih dan tekan tanda plus pada bagian kiri bawah setelah itu sebuah pop up akan muncul, tekan tombol manual.
  • Masukkan Title, IP address, Port, Username dan Password yang akan muncul.
  • Unduh aplikasi kedua melalui link berikut: Unduh Aplikasi WIFI FILE TRANSFER.
  • Jika sudah berhasil diunduh dan diinstall, buka aplikasinya kemudian tekan tombol Start dan alamat IP akan muncul secara otomatis.
  • Isi alamat IP tersebut sesuai dengan yang diketahui, sedangkan untuk Title nya bisa diisi dengan nama apa saja (optional).
  • Username dapat ditemukan pada pengaturan koneksi wifi yang terhubung dan password dapat diisi dengan password yang digunakan. Jika password wifi belum didapatkan sebelum proses meretas CCTV dilakukan, maka Anda harus meretas jaringan wifi yang ada di sekitar Anda terlebih dahulu.

Risiko atau Bahaya Meretas CCTV

Sebelum memutuskan untuk meretas CCTV, penting untuk mengetahui risiko atau bahaya yang akan ditimbulkan dari proses tersebut. Meretas atau menyadap CCTV milik orang lain termasuk tindakan yang ilegal dan melanggar hukum. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk melakukannya baik untuk iseng ataupun serius.

Tips Aman Melindungi CCTV Outdoor dari Serangan Hacker

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga akses CCTV dari oknum atau orang-orang yang tidak bertanggungjawab dan salah satunya adalah hacker. Karena cara meretas CCTV bisa dipelajari dan dilakukan dengan mudah, penting untuk mengetahui tips yang bisa dilakukan untuk melindungi CCTV dari serangan hacker.

1. Memperhatikan Sistem Keamanan Pada Perangkat yang Terkoneksi dengan CCTV Outdoor

Tips pertama yang bisa diterapkan untuk melindungi CCTV dari peretasan tidak hanya berfokus pada perangkat CCTV saja, namun juga perangkat yang berhubungan dengan CCTV tersebut.

2. Mengganti Password Secara Rutin

Metode peretasan CCTV yang paling sederhana dan mudah dilakukan saat ini adalah dengan menggunakan password dan username CCTV. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, disarankan untuk mengganti password secara rutin atau berkala.

3. Perbarui Firmware Secara Berkala

Melakukan update firmware secara rutin juga penting untuk melindungi kamera CCTV outdoor. Firmware digunakan untuk mengatasi masalah bug pada software kamera CCTV.

4. Memilih Secara Selektif Perangkat yang Terkoneksi dengan CCTV

Memilih perangkat yang akan terkoneksi dengan CCTV outdoor secara selektif juga dapat membuat CCTV lebih aman dari serangan hacker.

5. Mengaktifkan Fitur Kode Verifikasi

Mengaktifkan fitur verification code juga penting untuk melindungi CCTV. Fitur ini akan meminta untuk memasukkan kode verifikasi yang berbeda dengan password perangkat saat memilih fitur ini.

6. Tingkatkan Keamanan Jaringan Router

Meningkatkan keamanan jaringan router juga penting terutama bagi yang menggunakan jaringan WiFi di tempat umum untuk koneksi internet CCTV.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kita sampaikan tentang cara meretas CCTV dan informasi penting lainnya seputar CCTV yang perlu diketahui. Penggunaan CCTV outdoor saat ini semakin meningkat dan setiap pemilik CCTV dapat meningkatkan sistem keamanan untuk meminimalisir terjadinya tindak kriminal serta ancaman bahaya lainnya. Namun, kami menyarankan untuk tidak menerapkan cara meretas kamera CCTV yang telah kami bagikan, karena hal tersebut termasuk tindakan kriminal yang memiliki sanksi hukum tegas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih!

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button