Cara Pengembalian Barang di Shopee COD

Cara Pengembalian Barang di Shopee COD

Apakah rumit mengembalikan barang COD di Shopee? Tentu tidak begitu sulit, namun anda perlu mengetahui syarat-syarat yang diperlukan untuk melakukan pengembalian.

COD saat ini menjadi metode pembayaran kontroversial karena banyak pembeli yang enggan membayar atau menolak pesanan ketika barang sudah diantarkan.

Padahal, sistem COD ini sangat disukai karena memungkinkan pengguna untuk membeli barang dengan cepat dan mudah tanpa keluar uang terlebih dahulu. Namun, sebagian pelanggan kecewa saat menerima barang yang tidak sesuai.

Barang yang rusak, tidak sesuai pesanan, salah ukuran, atau masalah lainnya pada pesanan COD seharusnya dapat langsung dikembalikan.

Jika anda ingin tahu cara pengembalian barang di Shopee COD, berikut syarat-syaratnya.

Syarat dan Ketentuan Pengembalian Barang di Shopee COD

Ada beberapa prosedur pengembalian barang di Shopee COD yang harus diikuti, namun pengembalian COD hanya dapat dilakukan jika pesanan belum ditandai sebagai diterima.

Pembeli juga harus memenuhi syarat dan ketentuan tertentu jika ingin mengembalikan barang COD, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pengajuan Retur Tidak Melebihi dari 3×24 Jam

Pembeli akan diberikan waktu 2 hari untuk memeriksa pesanan. Jika ditemukan barang rusak atau tidak sesuai, pengembalian bisa diajukan ke penjual.

Jadi, jangan langsung menolak barang yang tidak sesuai dan mengembalikannya kepada kurir. Anda masih punya waktu 3 hari untuk mengajukan retur.

2. Wajib Menyertakan Bukti Foto & Video Unboxing Paket

Saat membeli dengan sistem COD, pastikan untuk mengambil foto dan video saat membuka paket. Foto dan video ini penting untuk menjadi bukti saat melakukan retur barang.

Jangan lupa untuk menyertakan foto kondisi paket, jika rusak akibat pengiriman, dan foto isi paket jika produk kurang lengkap.

Juga, jangan lupa untuk menyertakan foto label pengiriman resmi dengan rincian pesanan dan nomor resi.

3. Komplain ke Seller Via Chat

Selanjutnya, pengguna harus menghubungi seller Shopee untuk melakukan komplain terkait pesanan. Komplain ini harus dilakukan karena retur barang hanya dapat dilakukan dengan persetujuan pemilik toko.

4. Kerusakan Barang Bukan Akibat Kesalahan Konsumen

Pengembalian barang COD hanya diperbolehkan jika kesalahan berasal dari pihak seller atau jasa kurir, bukan dari pembeli. Oleh karena itu, retur barang wajib disertai foto dan video sebagai bukti.

5. Proses Pengembalian Barang Dilakukan Dalam 5 Hari

Jika terdapat kecurangan saat memeriksa barang, ajukan pengembalian dalam 3 hari setelah mendapatkan persetujuan dari seller dan Shopee. Barang harus dikembalikan dalam 5 hari.

6. Alasan Pengembalian Barang yang Jelas

Pengembalian barang di Shopee COD hanya diperbolehkan jika ada alasan yang jelas. Beberapa alasan yang diperbolehkan untuk melakukan retur COD antara lain:

a. Produk Rusak atau Tidak Berfungsi Selayaknya

Jika pesanan mengalami masalah seperti ini, sertakan foto dan video saat mengajukan retur.

b. Produk Tidak / Kurang Lengkap

Jika produk tidak lengkap, tunjukkan foto atau video isi paket saat mengajukan retur.

c. Produk Salah

Jika pesanan salah, sertakan foto dan video kondisi barang saat melakukan retur.

d. Produk Tidak Original atau Palsu

Jika produk palsu atau tidak asli, scan kode QR untuk memastikan keasliannya dan buat video unboxing.

Bandingkan kondisi produk asli dengan produk yang diterima dari label, kemasan, dan lainnya.

Cara Pengembalian Barang di Shopee COD

1. Foto Paket & Buat Video Unboxing

Saat kurir mengantarkan paket pesanan Shopee COD, terima barangnya terlebih dahulu. Selanjutnya, foto paket dari berbagai sisi dan buat video unboxing dari mulai paket utuh hingga terbuka semua isinya.

2. Hubungi Penjual Via Chat

Jika barang tidak sesuai, terima barang terlebih dahulu dari kurir. Jika ada masalah, hubungi penjual via chat dan sampaikan keluhan yang anda dapatkan.

Jangan lupa untuk mengambil screenshot chat dengan seller sebagai bukti saat melakukan retur.

3. Ajukan Retur Barang COD

Jika seller menyetujui permintaan retur, ajukan pengembalian barang melalui menu Pesanan Saya di aplikasi Shopee.

4. Ajukan Alasan Pengembalian Barang

Ajukan alasan pengembalian barang dengan cara akses menu Pengembalian dan pilih alasan yang sesuai.

5. Unggah Bukti Foto dan Video

Unggah bukti foto dan video unboxing pesanan pada halaman menu pengembalian. Juga masukkan keterangan singkat alasan pengembalian barang.

6. Lakukan Konfirmasi

Konfirmasi masalah ke seller dan lanjutkan dengan mengirimkan permintaan pengembalian.

7. Kirimkan Paket ke Seller

Tunggu notifikasi bahwa pengembalian sudah berhasil. Konfirmasi pengiriman pesanan dan tunggu sampai seller menerima barang untuk diproses.

Akhir Kata

Demikianlah informasi cara pengembalian barang di Shopee COD yang kami sampaikan. Sebelum melakukan pengembalian barang Shopee COD, pastikan anda sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Shopee.

Ikuti langkah-langkah dengan benar agar tidak salah dalam melakukan pengembalian barang. Selamat mencoba.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button