Cara Reaktivasi Kartu Telkomsel

Cara Menghidupkan Kembali Kartu SIM Telkomsel yang Tidak Aktif

Jika Anda mencari informasi tentang cara reaktivasi kartu Telkomsel yang tidak aktif, Anda berada di tempat yang tepat. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Telkomsel dikenal sebagai penyedia layanan telepon seluler yang sangat populer, dengan jangkauan sinyal yang luas, menjadikannya pilihan utama bagi banyak pengguna.

Namun, terdapat risiko bahwa kartu Telkomsel akan menjadi tidak aktif setelah melewati masa tenggang dan nomornya tidak dapat digunakan lagi.

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna harus mengikuti beberapa langkah reaktivasi kartu Telkomsel yang sudah tidak aktif. Seperti halnya aktivasi kartu Telkomsel baru, pengguna diharuskan untuk menyiapkan data pribadi seperti KTP, KK, dan kartu SIM.

Berikut ini adalah beberapa cara reaktivasi kartu Telkomsel yang dapat Anda coba sebagai solusi. Simak informasinya dengan seksama!

Ciri-Ciri Nomor Telkomsel yang Sudah Tidak Aktif

Sebelum mengetahui cara reaktivasi kartu Telkomsel, penting untuk mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu.

Kartu layanan seluler ini memiliki masa aktif terbatas, sehingga tidak dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama kecuali jika diisi ulang pulsa secara teratur.

Jika tidak diisi pulsa, kartu tersebut akan mengalami masa tenggang dan akhirnya dinonaktifkan oleh provider-nya.

Jika masa tenggang sudah habis, nomor tersebut akan dinyatakan tidak aktif dalam rentang waktu 1 tahun, 3 bulan, 1 bulan, 14 hari, hingga 7 hari.

Berikut adalah ciri-ciri nomor Telkomsel yang sudah tidak aktif:

  • Sinyal di HP hilang atau muncul tanda silang di tempat jaringannya.
  • Tidak dapat menerima pesan dan telepon.
  • Tidak dapat melakukan pengiriman dan penerimaan SMS.
  • Kartu SIM tidak terbaca dalam Smartphone.

Karena itu, Anda perlu mengaktifkannya kembali dengan cara yang akan kami bagikan di bawah ini.

Cara Reaktivasi Kartu Telkomsel

Jika Anda menggunakan nomor Telkomsel yang sudah tidak aktif, Anda dapat melakukan reaktivasi untuk menghidupkannya kembali.

Seiring dengan kemajuan teknologi, banyak orang menggunakan nomor Telkomsel untuk mengakses internet. Namun, mereka kadang lupa untuk mengisi pulsa sehingga nomor mereka menjadi tidak aktif.

Reaktivasi nomor Telkomsel dapat dilakukan dengan beberapa cara yang akan kami jelaskan di bawah ini. Anda dapat mencoba cara-cara ini untuk menghidupkan kembali kartu Telkomsel secara mandiri.

Menurut informasi dari laman Telkomsel, mengaktifkan nomor prabayar yang sudah tidak aktif dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini.

1. Melalui *888*89#

Cara ini cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan, Anda tidak perlu pergi ke GraPARI.

Kode UMB merupakan kode rahasia dari Telkomsel yang memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan yang hanya dimiliki oleh Telkomsel.

Untuk menggunakan kode UMB, Anda perlu menyiapkan KTP, KK, dan Kartu SIM fisik yang ingin diaktifkan kembali.

Berikut langkah-langkah cara reaktivasi kartu Telkomsel melalui *888*89#:

  • Persiapkan KTP, KK, dan Kartu SIM fisik yang ingin diaktifkan.
  • Hubungi *888*89# menggunakan nomor yang tidak aktif.
  • Pilih 1 untuk Reaktivasi Kartu.
  • Pilih 1 lagi untuk menyetujui ketentuannya.
  • Masukkan nomor KTP dan KK.
  • Anda akan menerima SMS pemberitahuan apakah nomor bisa diaktifkan kembali atau tidak.

2. Melalui Telkomsel e-Care

Anda juga dapat melakukan reaktivasi kartu Telkomsel dengan menghubungi Telkomsel E-Care melalui Direct Message (DM). Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan KTP, KK, dan Kartu SIM fisik yang ingin diaktifkan kembali.
  2. Hubungi Customer Service melalui Direct Message (DM) dengan mengetikkan “Reaktivasi Prepaid”.
  3. Dapatkan link untuk melakukan Upload foto KTP, Nomor KK, dan foto kartu SIM fisik yang akan direaktivasi.
  4. Lakukan video call untuk validasi data.

3. Melalui GraPARI

Jika dua cara di atas belum berhasil, Anda dapat mengunjungi GraPARI terdekat dengan membawa data yang diperlukan.

Pastikan Anda membawa KTP, KK, dan Kartu SIM yang tidak aktif. Pengajuan ke GraPARI harus dilakukan sendiri dan tidak dapat diwakilkan.

Proses aktivasi melalui GraPARI ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, Anda perlu melakukan isi ulang pulsa untuk memperpanjang masa aktif setelah reaktivasi.

Periode reaktivasi ini berlaku selama masa tenggang belum berakhir. Jika sudah melebihi waktu tersebut, kartu Telkomsel yang sudah tidak aktif tidak bisa diaktifkan lagi dan akan didaur ulang oleh Telkomsel sebagai nomor baru.

Akhir Kata

Demikianlah informasi tentang cara reaktivasi kartu Telkomsel yang tidak aktif. Semoga Anda dapat menggunakan metode di atas untuk mengaktifkan kembali nomor Telkomsel Anda yang sudah tidak aktif.

Bagikan informasi ini kepada teman, saudara, dan kenalan Anda jika dianggap bermanfaat. Terima kasih atas perhatiannya!

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button