Cara Skrining BPJS Kesehatan Online

Cara Pemeriksaan Kesehatan BPJS Kesehatan Secara Online – Saat ini, BPJS Kesehatan sedang mendorong peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk melakukan pemeriksaan riwayat kesehatan secara online. Pemeriksaan ini dapat dilakukan melalui aplikasi JKN, situs web BPJS Kesehatan, atau dengan menghubungi Chat Assistant JKN (CHIKA).

Menurut Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, Lily Kresnowati, pemeriksaan ini penting dilakukan untuk mencegah risiko penyakit yang mungkin dialami peserta, dan dapat dilakukan minimal sekali setahun.

Oleh karena itu, diharapkan peserta JKN, khususnya yang berusia 15 tahun ke atas, untuk menjalani pemeriksaan kesehatan ini setiap tahun, serta melakukan pemeriksaan ulang untuk memantau kesehatan mereka.

Jika Anda belum familiar dengan cara pemeriksaan kesehatan BPJS Kesehatan secara online, berikut adalah penjelasannya.

Skrining Riwayat Kesehatan

Skrining adalah proses pemeriksaan atau penilaian kesehatan secara rutin untuk mendeteksi risiko penyakit tertentu. Dalam konteks BPJS Kesehatan, skrining ini bertujuan untuk mendeteksi dini risiko penyakit seperti diabetes melitus, hipertensi, jantung koroner, dan gagal ginjal. Skrining ini penting karena dapat membantu peserta mengambil tindakan preventif lebih awal ketika ditemukan risiko penyakit.

1. Melalui Aplikasi Mobile JKN

Untuk melakukan skrining BPJS Kesehatan secara online melalui aplikasi Mobile JKN, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
– Unduh dan pasang Aplikasi Mobile JKN melalui Google Play Store atau App Store.
– Masukkan nomor kartu JKN-KIS atau email peserta beserta password.
– Cari fitur “Skrining Riwayat Kesehatan”.
– Pilih nomor kartu BPJS Kesehatan.
– Jawab pertanyaan yang terkait dengan kebiasaan dan riwayat kesehatan Anda.
– Hasil skrining BPJS Kesehatan akan ditampilkan beserta risiko penyakit yang mungkin dihadapi.

2. Melalui Situs Web BPJS Kesehatan

Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi, Anda dapat melakukan skrining BPJS Kesehatan secara online melalui situs web resmi BPJS Kesehatan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
– Kunjungi situs web melalui tautan berikut: https://webskrining.bpjs-kesehatan.go.id/skrining/index.html.
– Masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan, tanggal lahir, dan kode captcha, lalu klik Cari Peserta.
– Isi formulir data secara lengkap seperti berat badan, tinggi badan, pendidikan, nomor HP, dan kontak keluarga.
– Jawab pertanyaan mengenai kebiasaan dan riwayat kesehatan Anda.
– Hasil skrining BPJS Kesehatan beserta rekomendasi akan ditampilkan, dan Anda dapat mencetak hasil skrining tersebut jika diperlukan.

3. Melalui CHIKA

Untuk melakukan skrining BPJS Kesehatan secara online melalui CHIKA, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
– Hubungi Chat Assistant JKN (CHIKA) lewat WhatsApp, Telegram, atau Facebook Messenger.
– Balas pesan secara otomatis dengan mengetik “Skrining Riwayat Kesehatan” dan ikuti instruksi selanjutnya.
– Lengkapi identitas peserta dan jawab pertanyaan skrining riwayat kesehatan.
– Jika Anda tidak dapat menggunakan aplikasi atau situs web, Anda dapat melakukan skrining BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sebelum mendapatkan layanan kesehatan.

Dengan melakukan skrining riwayat kesehatan, FKTP dapat melakukan profiling penyakit peserta terdaftar sehingga bisa membantu dalam penanganan penyakit sedini mungkin. Evaluasi tahun menunjukkan bahwa dari 2,2 juta peserta yang melakukan skrining riwayat kesehatan, 14% memiliki risiko hipertensi, 6% risiko jantung koroner, 3% risiko ginjal kronik, dan 3% risiko diabetes melitus.

Manfaat Skrining BPJS Kesehatan Online

Melalui skrining BPJS Kesehatan secara online, Anda dapat mendeteksi dini penyakit, memperoleh informasi kesehatan yang berguna, dan memudahkan akses layanan kesehatan melalui BPJS Kesehatan.

Akhir Kata
Demikianlah informasi mengenai cara pemeriksaan kesehatan BPJS Kesehatan secara online yang telah disampaikan. Pilihlah salah satu cara yang paling sesuai dengan preferensi Anda, dan pastikan untuk mengikuti setiap langkah dengan benar. Semoga Anda dapat mencegah atau mengobati penyakit dengan langkah-langkah ini. Terima kasih dan selamat mencoba.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button