Aplikasi Pengganti Google Play Service di HP Android

Aplikasi Pengganti Google Play Service – Seringkali tampaknya masalah pada Android kebanyakan terkait dengan Google Play Service. Tetapi apa sebenarnya Google Play Service tersebut? Kenapa setiap ponsel Android pasti ada aplikasi Google Play Service? Disini android62 akan memandu Anda untuk mengerti lebih banyak tentang apa itu Google Play Service. Serta mengapa aplikasi itu digunakan dan mengapa sangat diperlukan.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang hal tersebut diatas, kami ingin memberitahu kepada Anda jangan sekali-kali untuk mencoba menghapus Google Play Service ini jika kalian ingin perangkat Android yang kalian miliki dapat bekerja dengan normal. Bisa dipastikan jika kalian melakukan hal ini, maka perangkat Android akan langsung mengalami banyak permasalahan. Bahkan beberapa aplikasi tidak akan bisa dibuka lagi. Baiklah, langsung masuk ke pembahasan tentang aplikasi pengganti Google Play Service.

Apa Itu Google Play Service

Google Play Service bukanlah sebuah aplikasi dengan cara yang kebanyakan orang pikirkan tentang aplikasi. Ketika Anda mencoba membukanya, tidak ada yang terjadi. Namun, aplikasi itu diinstal secara default di semua perangkat Android. Aplikasi ini juga melihat pembaruan rutin, dan jumlah izin yang diperlukannya mengesankan sangat banyak. Semuanya berjalan: akses ke dan kontrol atas SMS, akses ke data log sensitif, akses ke semua informasi dari aplikasi Google.

Singkatnya, Google Play Service adalah sebuah aplikasi yang sangat terkait erat dengan sistem Android itu sendiri.

Ini adalah paket API (hal-hal yang membantu programmer dan memungkinkan aplikasi berkomunikasi dengan mudah dengan aplikasi lain) yang memastikan lebih sedikit aplikasi yang bergantung pada pembaruan OS Android untuk dijalankan.

Faktanya, Google Play Service mewakili revolusi kecil smartphone. Ambil contoh Google Maps: sebelum Google Play Services, aplikasi ini diperbarui ketika OS Android diperbarui. Kita semua tahu betapa lambatnya operator dan produsen ketika harus meluncurkan pembaruan. Hari ini, tidak ada lagi menunggu pembaruan untuk Google Maps. Semua dilakukan secara otomatis melalui Google Play Service. Oleh karena itu Anda akan mengalami kesulitan menemukan aplikasi pengganti Google Play Service.

Baca Juga:  Cara Memperbarui dan Cara Update Google Play Service Manual di HP

Google Play Service dengan demikian memungkinkan ponsel cerdas Anda mendapatkan manfaat dari versi aplikasi terbaru tanpa harus meningkatkan ke versi Android terbaru. Namun ini tidak termasuk semua aplikasi, sebagian besar untuk aplikasi buatan Google (Gmail, Google+, Google Play, dll.). Namun, aplikasi yang menggunakan layanan Google, yang jumlahnya banyak, mungkin juga akan terpengaruh.

Intinya, ini berarti bahwa versi Android apa pun, mulai Android 2.2 ke atas, dapat memanfaatkan aplikasi dan fitur baru, terlepas dari pembaruan OS. Ini pada dasarnya adalah cara dalam fragmentasi dan memastikan bahwa sebanyak mungkin pengguna Android dapat terus menikmati fitur-fitur baru di Android.

Bisa dikatakan ini adalah perubahan dalam sistem operasi yang datang dengan Android 4.3 tetapi terus tumbuh secara bertahap dengan pembaruan Android baru. Terutama dengan kedatangan Lollipop dan Marshmallow. Saat ini, dengan Android 9.0 Pie tersedia secara luas, Google Play Service telah menjadi bagian yang sangat penting dari ekosistem Android.

Aplikasi Pengganti Google Play Service

Masalah dengan Google Play Service adalah ia mengkonsumsi banyak data dan baterai. Banyak orang menghapus instalan yang menganggapnya tidak ada gunanya, tetapi kemudian ketika aplikasi lain mulai berperilaku tidak masuk akal, mereka menginstal ulang Google Play Service ini. Aplikasi ini tidak hanya mengkonsumsi data internet tetapi juga menambang data untuk mengambil banyak ruang penyimpanan. Jadi, hari ini kami akan berbicara tentang aplikasi pengganti Google Play Service yang merupakan tiruan kecil dari Aplikasi dan memungkinkan Anda menjalankan Aplikasi Google tanpa harus memasang Google Play Service.

Aplikasi yang akan kita bicarakan adalah microg. MicroG adalah versi modifikasi kecil dari Google Play Service. Aplikasi ini dapat melakukan semua fungsi yang diperlukan yang dibutuhkan oleh sebagian besar aplikasi tanpa menghabiskan baterai dan data. Ini juga membantu dalam privasi dan keamanan data Anda.

Cara Instal MicroG – Aplikasi Pengganti Google Play Service

Sebelum masuk ke langkah-langkah instalasi, izinkan kami memberi Anda gambaran singkat tentang Aplikasi MicroG.

Kelebihan MicroG

  • Aplikasi kecil dengan ukuran 2MB
  • Berjalan di latar belakang
  • Tidak muncul di App drawer
  • Sedikit mengkonsumsi data, penyimpanan dan baterai
  • Fungsi utama Google Play Service
  • Bekerja pada beberapa Aplikasi individual seperti YouTube Vanced (Premium)

Kekurangan MicroG

  • Anda perlu menginstal Custom ROM untuk menggunakan Aplikasi MicroG
  • Mungkin tidak stabil untuk beberapa Aplikasi (jarang)

Persyaratan Menginstal MicroG

  • Unlocked Bootloader
  • Custom Recovery (TWRP)
  • Custom ROM terinstal

Cara Instal MicroG

Langkah 1: Pastikan ROM Anda mendukung pemalsuan signature. Semua ROM Kustom pada umumnya Mendukung Spoofing secara default. Ini diperlukan untuk menipu sistem agar meyakini bahwa Aplikasi Google Play Service yang sebenarnya telah diinstal. Jika semuanya baik, instal ROM Kustom pada perangkat Anda.

Langkah 2: Jangan menginstal GApps. MicroG tidak akan berfungsi jika Anda mem-flash paket GApps. Lewati menginstal file G-Apps. Dalam kasus jika Anda menginstal G-Apps, sekali lagi flash ROM Kustom dan menghapus data G-Apps. Ini merupakan hal yang harus diperhatikan sebelum menginstal aplikasi pengganti Google Play Service MicroG.

Langkah 3: Sekarang langkah penting adalah menginstal MicroG. Unduh saja NanoDroid dengan MicroG (file Zip). Boot perangkat ke mode recovery (TWRP), pilih tombol instal dan cari file zip di penyimpanan perangkat Anda di mana Anda mengunduhnya, geser ke kanan untuk menginstal file. Setelah selesai reboot perangkat.

Langkah 4: Setelah Anda reboot perangkat, Anda akan menemukan Aplikasi Pengaturan MicroG di App Drawer. Buka Aplikasi dan berikan semua izin yang diminta oleh Aplikasi.

Langkah 5: Sekarang di Pengaturan Aplikasi MicroG, Anda akan melihat opsi Self Check. Buka dan jika semuanya benar maka Anda akan melihat tanda centang yang benar di hampir semua kotak centang. Jika spoofing tanda tangan tidak dilakukan, ubah ROM Kustom yang diinstal.

Sekarang Anda dapat menginstal semua Aplikasi Google dan menggunakan layanan yang didukung tanpa Google Play Service.

Itulah ulasan singkat mengenai MicroG sebagai aplikasi pengganti Google Play Service yang bisa kalian gunakan. Perlu diperhatikan bahwa kalian harus menggunakan Custom ROM agar dapat menginstal aplikasi MicroG tersebut. Jika ROM yang kalian gunakan saat ini masih default (dari pabrikan) bisa dipastikan bahwa kalian tidak akan bisa menginstal MicroG. Jadi tetap gunakan Google Play Service agar terhindar dari masalah di ponsel Android.

android62

android62 merupakan situs berita online tentang informasi terkini seputar gadget Android serta informasi tutorial Android terbaru dan terupdate.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button