Fungsi dan Kegunaan Google Play Service di HP Android

Kegunaan Google Play Service – Anda pasti pernah melihat aplikasi Google Play Service di perangkat Android Anda. Aplikasi ini telah ada di perangkat Android sejak zaman Android KitKat. Tapi Google Play Service tidak muncul di laci aplikasi. Bisa dikatakan bahwa keberadaan aplikasi ini sebenarnya tidak tampak dengan mata kita. Akan tetapi fungsi Google Play Service ini sangat nyata pada perangkat Android modern saat ini.

Anda mungkin berpikir, “Apa fungsi Google Play Service?” atau “Apa yang terjadi jika saya menghapus Google Play Service?” Aplikasi ini melayani aplikasi dasar pada perangkat Android dan merupakan aplikasi penting agar banyak aplikasi lain dapat berfungsi dengan baik. Pada kesempatan kali ini, android62 akan mencoba untuk menjelaskan secara singkat tentang kegunaan Google Play Service.

Kegunaan Google Play Service

Dalam istilah sederhana, Google Play Service adalah layanan latar belakang yang berjalan pada Android. Yang pada gilirannya membantu dalam mengintegrasikan fungsionalitas Google dengan aplikasi lain. Aplikasi ini juga digunakan untuk memperbarui aplikasi Google. Masalah fragmentasi Google ditangani menggunakan Google Play Service. Aplikasi ini memastikan bahwa versi Android yang lebih lama dapat menikmati fitur-fitur terbaru yang disediakan oleh Google.

Google Play Service pada dasarnya adalah Application Programming Interface (API) bagi pengembang untuk meningkatkan komunikasi antar aplikasi. Ini adalah bundel dari sekelompok layanan lain yang membantu pengguna. Beberapa kegunaan Google Play Service dalam kaitannya dengan API diuraikan di bawah ini:

  • Google Maps API: API ini memungkinkan aplikasi lain untuk mengakses Google Maps tanpa meninggalkan aplikasi. Jika Anda telah menggunakan aplikasi untuk memesan taksi atau menavigasi ke hotel yang dipesan, maka Anda harus menggunakan layanan ini.
  • Location API: API Lokasi dapat digunakan untuk melakukan tindakan otomatis saat pengguna memasuki atau meninggalkan batas geografis tertentu. Penyedia Lokasi yang menyatu berarti mengurangi penggunaan daya saat menggunakan layanan lokasi.
  • Google Drive API: Jika Anda memasang Google Drive di perangkat Anda, berbagi dan menyimpan file dari aplikasi lain menjadi lebih mudah dengan API ini. Salah satu kegunaan Google Play Service yang sangat bermanfaat.
  • Google Play Game Services: Layanan ini digunakan untuk menciptakan pengalaman yang lebih kompetitif dan mendalam dalam sesi permainan multi-pemain melalui papan peringkat dan prestasi. Selain itu, Saved Games API memastikan bahwa Anda tidak kehilangan kemajuan dalam game dengan menyinkronkan dan menyimpan data game Anda.
  • Platform Google+: Anda harus menemukan aplikasi yang memberi Anda opsi masuk “Masuk dengan Google+”. Layanan ini memungkinkan Anda untuk menggunakan nama pengguna dan kata sandi tunggal untuk mengakses beberapa akun di beberapa aplikasi.
  • Google Cast Android API: Memungkinkan aplikasi Android untuk menampilkan konten di layar ke perangkat lain melalui Google Cast.
  • Google Mobile Ads: Google Mobile Ads digunakan untuk mengintegrasikan iklan ke dalam aplikasi dan menampilkan iklan yang cerdas seperti yang didasarkan pada lokasi atau riwayat perambanan. Ini adalah bagaimana ribuan pengembang aplikasi memonetisasi aplikasi mereka.

Beberapa layanan lain yang meningkatkan pengalaman pengguna yaitu:

  • Google Wallet
  • Google Play Protect
  • Google Fit API
  • Metode autentikasi akun Google

Mengapa Google Play Service Memerlukan Banyak Izin?

Jika Anda melihat izin Aplikasi untuk Google Play Service, Anda akan melihat bahwa aplikasi tersebut meminta banyak izin untuk mengakses sensor tubuh, kalender, kamera, kontak, mikrofon, telepon, SMS, dan penyimpanan. Dibutuhkan begitu banyak izin karena kegunaan Google Play Service bertindak sebagai hub tempat aplikasi lain bergantung pada layanan keamanan yang disediakan oleh Google.

Google Play Service memiliki akses tingkat sistem untuk menyediakan beberapa fitur internal dan menyembunyikan informasi sensitif dari aplikasi lain. Juga, hampir semua aplikasi Google menggunakan Google Play Service ini.

Apakah Google Play Service Penting?

Banyak aplikasi bergantung pada Google Play Service dalam mengakses Google API untuk fungsionalitas tambahan. Hal ini bisa menandakan fungsi Google Play Service yang begitu penting. Karena sebagian besar aplikasi dari Play Store mengandalkan layanan ini, menonaktifkan atau mencopot pemasangan Google Play Service dapat menyebabkan aplikasi tersebut rusak. Juga, Google Apps tidak akan berfungsi.

Baca Juga:  Cara Memperbarui dan Cara Update Google Play Service Manual di HP

Bagaimana cara menghapus Google Play Service? Sekarang, Anda mungkin berpikir untuk menghapusnya dari telepon Anda. Maka izinkan kami memberi tahu Anda bahwa Google tidak membiarkan Anda melakukannya sama sekali, mengingat kegunaan Google Play Service yang penting tersebut. Namun, jika mau, Anda dapat menonaktifkan Google Play Service seperti halnya Anda menonaktifkan aplikasi lain.

Apakah Aman Menghapus Data Google Play Service?

Meskipun Anda dapat menghapus data dan cache dari Google Play Service, kami tidak merekomendasikannya karena data tersebut sangat penting untuk berfungsinya aplikasi. Selain itu, data ini hanya akan secara otomatis dihasilkan setelah dihapus.

Namun, ada beberapa contoh di mana Anda mungkin harus melakukannya. Masalah umum adalah ketika pengguna menghadapi pesan berulang “Layanan Google Play telah berhenti bekerja.” Restart perangkat Anda atau membersihkan data dan cache dari Google Play Service dapat menyelesaikan masalah ini. Dengan demikian fungsi Google Play Service dapat normal kembali.

Apakah Saya Memerlukan Google Play Service?

Jawabannya Iya, karena aplikasi atau API, apa pun namanya, diperlukan untuk kelancaran fungsi perangkat Android Anda. Meskipun tidak memiliki antarmuka pengguna, kami telah melihat bahwa Google Play Service akan meningkatkan pengalaman Android Anda secara keseluruhan.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Aplikasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Selain itu, aplikasi ini membantu mempercepat pencarian offline dan menyediakan peta dan akses lokasi ke aplikasi lain. Selain itu, juga meningkatkan pengalaman bermain game dengan memungkinkan Anda mempertahankan kemajuan dan pencapaian Anda, bahkan jika Anda bermain di perangkat yang berbeda dengan akun Anda.

Demikian ulasan singkat mengenai kegunaan Google Play Service ini. Jadi sekarang Anda sudah mengetahui betapa pentingnya fungsi Google Play Service yang ada di perangkat smartphone milik kalian. Jangan sekali-kali Anda mencoba untuk menghapus atau menonaktifkan aplikasi ini apapun alasannya. Kecuali jika Anda sedang mengalami masalah dengan Google Play Service ini.

Review Artikel

Review

Nilai rating dari pembaca

User Rating: No Ratings Yet !

android62

android62 merupakan situs berita online tentang informasi terkini seputar gadget Android serta informasi tutorial Android terbaru dan terupdate.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button