Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank

Cara Mengetahui Identitas Lewat Nomor Rekening Bank – Di dalam dunia bisnis dan keuangan, seringkali diperlukan verifikasi identitas sebelum melakukan transaksi atau kerja sama. Pengecekan nomor rekening merupakan salah satu cara yang sering dilakukan untuk menghindari penipuan sebelum melakukan transaksi.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa cara mengetahui identitas lewat nomor rekening bank yang bisa Anda terapkan.

Cara Mengetahui Identitas Lewat Nomor Rekening Bank

Jika dilihat secara umum, pengecekan identitas hanya dapat dilakukan sebatas untuk mengetahui apakah rekening tersebut sudah pernah dilaporkan atas dugaan penipuan, namun tidak diperkenankan untuk mengetahui identitas secara detail dari pemilik rekening tersebut.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui identitas lewat nomor rekening bank:

1. Menggunakan Situs Kredibel.co.id

Langkah-langkah cek identitas lewat nomor rekening bank menggunakan situs Kredibel.co.id:

  • Akses situs melalui link: www.kredibel.co.id
  • Masukkan nomor rekening yang dicurigai ke kolom pencarian.
  • Informasi terkait nomor rekening akan ditampilkan.
  • Untuk informasi lebih rinci, Anda dapat melakukan login atau sign up terlebih dahulu.

2. Menggunakan Situs Lapor.go.id

Langkah-langkah cek identitas lewat nomor rekening bank menggunakan situs Lapor.go.id:

  • Kunjungi situs melalui link: laman.www.lapor.go.id
  • Pilih salah satu dari tiga layanan yang tersedia.
  • Isi laporan dengan lengkap dan benar.
  • Upload bukti-bukti pendukung yang Anda miliki.
  • Klik tombol Lapor untuk menyelesaikan laporan.

3. Menggunakan Situs CekRekening.id

Langkah-langkah cek identitas lewat nomor rekening bank menggunakan situs CekRekening.id:

  • Buka situs CekRekening melalui link: cekrekening.id
  • Klik Periksa Rekening.
  • Pilih bank atau e-wallet yang relevan dan masukkan nomor rekening yang ingin diperiksa.
  • Klik Cek Sekarang.
  • Jika nomor rekening terindikasi ke dalam tindakan pidana, Anda akan melihat informasi bahwa nomor tersebut pernah dilaporkan terkait penipuan.

4. Melalui Media Sosial

Jika langkah-langkah sebelumnya terlalu rumit, Anda dapat menghubungi akun Instagram @indonesiablacklist yang menyediakan daftar nomor rekening penipuan yang sudah dilaporkan.

Kirimkan permintaan informasi lewat Direct Message (DM) ke akun tersebut untuk melakukan verifikasi nomor rekening yang dicurigai.

5. Melalui Bank

Jika Anda sudah terlanjur mengirimkan uang dan baru menyadari bahwa itu adalah penipuan, langkah yang perlu dilakukan adalah membuat laporan ke bank:

  • Pastikan Anda mengunjungi kantor cabang bank dan informasikan tujuan kedatangan Anda di satpam.
  • Ambil nomor antrean dan sampaikan ke Customer Service (CS) bahwa Anda ingin membuat laporan tentang penipuan yang terjadi.
  • Ceritakan kronologi dan berikan bukti-bukti yang Anda miliki.
  • Bank akan memblokir nomor rekening tersebut untuk mencegah tindakan yang sama dilakukan kembali.

Sebelum membuat laporan ke bank, pastikan Anda sudah membuat laporan ke kantor polisi dan mendapatkan surat pengantar untuk melaporkan ke bank.

Kegunaan Mengetahui Identitas Lewat Nomor Rekening Bank

Setiap hari, banyak transaksi keuangan dilakukan secara online, termasuk menggunakan rekening bank. Namun, ada resiko kejahatan yang meningkat seiring dengan kemudahan tersebut. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengecekan identitas sebelum melakukan transaksi.

Berikut adalah beberapa kegunaan mengetahui identitas lewat nomor rekening bank:

1. Mencegah Penipuan

Kasus penipuan melalui rekening bank sering terjadi. Dengan mengetahui identitas lewat nomor rekening bank sebelum melakukan transaksi, dapat meminimalkan risiko penipuan.

2. Memastikan Dana Terkirim Pada Orang yang Tepat

Dengan pengecekan identitas, Anda dapat memastikan bahwa dana terkirim kepada pihak yang tepat, baik itu untuk keluarga ataupun keperluan usaha.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk mengetahui identitas lewat nomor rekening bank yang sudah kami sampaikan. Semoga informasi ini membantu Anda dalam memverifikasi identitas pemilik rekening. Jika artikel ini bermanfaat, jangan ragu untuk membagikannya ke sosial media atau kepada orang lain. Terima kasih.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button