Cara Melihat Password Wifi di Laptop Tanpa Aplikasi & Dengan Aplikasi







Cara Melihat Password Wifi di Laptop Tanpa Aplikasi & Dengan Aplikasi

Cara Mencari Kata Sandi Wifi di Laptop Tanpa Aplikasi & Dengan Aplikasi – Biasanya perangkat elektronik seperti ponsel, laptop dan PC bisa tersambung secara otomatis dengan jaringan Wifi jika sudah dihubungkan untuk pertama kali.

Dengan begitu, pengguna tidak harus memasukkan kata sandi Wifi secara berulang kali namun karena sangat jarang dilakukan, kadang-kadang ada pengguna yang lupa kata sandi Wifi miliknya.

Hal seperti tentu sangat menjengkelkan, apalagi pada saat ada orang lain yang ingin tersambung dengan Wifi di rumahnya.

Namun jangan khawatir, kabar baiknya pengguna bisa melihat kata sandi Wifi di laptop atau PC yang sebelumnya sudah terhubung ke dalam jaringan nirkabel terkait.

Untuk informasi lebih jelas, simak beberapa cara mencari kata sandi Wifi di laptop tanpa aplikasi & dengan aplikasi yang akan kami sampaikan di bawah ini.

Cara Mencari Kata Sandi Wifi di Laptop Tanpa Aplikasi

Disini kami akan membagikan beberapa cara mencari kata sandi Wifi di laptop tanpa aplikasi yang bisa digunakan, untuk informasi lebih lengkapnya simak langkah-langkah cara mencari kata sandi Wifi di laptop melalui Windows Settings, Power Shell, Manage Wireless Networks, Command Prompt Center (CMD) dan Utilities.

1. Cara Mencari Kata Sandi Wifi di Laptop Tanpa Aplikasi Melalui Windows Settings

Untuk cara pertama ini cukup mudah dilakukan yaitu dengan memanfaatkan Windows settings, untuk informasi lengkapnya sebaiknya simak langkah-langkah cara mencari kata sandi Wifi di laptop melalui Windows Settings yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda klik menu Start dan pilih Settings, jika jendela pengaturan sudah terbuka tinggal pilih Network & Internet.
  • Lalu klik di pilihan Status dan pilih opsi Network and Sharing Center.
  • Kemudian klik nama Wifi yang ada di kolom View Your Active Networks.
  • Pada saat jendela pop up memunculkan status Wifi anda, klik opsi Wireless Properties.
  • Jika sudah, klik tab Security dan ceklis di opsi Show Characters untuk bisa melihat kata sandi Wifi anda.

2. Cara Mencari Kata Sandi Wifi di Laptop Tanpa Aplikasi Melalui Perintah Power Shell

Tidak hanya itu saja, ada alternatif lain yang bisa digunakan yaitu menggunakan perintah Power Shell karena Power Shell termasuk ke dalam jenis command line interface yang biasanya dipergunakan oleh administrator yang memakai server berbasis Windows.

Biasanya dengan cara satu ini, anda nantinya bisa melihat kata sandi Wifi yang sudah pernah tersambung ke laptop anda sebelumnya namun selama anda belum pernah sama sekali menekan opsi Forget di jaringannya.

Tapi untuk bisa menggunakannya, pastikan anda mengetahui nama jaringan Wifi anda terlebih dahulu dengan memakai perintah netsh.

Untuk informasi lebih lanjut, simak langkah-langkah cara mencari kata sandi Wifi di laptop melalui perintah Power Shell yaitu sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan klik kanan di menu Start, dan pilih opsi Windows PowerShell.
  • Lalu masukkan perintah Netsh Wlan Show Profiles, kemudian tekan Enter. Sehingga anda akan langsung melihat semua jaringan yang tersimpan di bawah User Profiles.
  • Silahkan masukkan nama jaringan Wifi miliknya untuk bisa melakukan perintah baru, bahkan anda bisa tahu passwordnya dengan cara memasukkan perintah berikut ini netsh wlan show profile “name= [wifiname]” key=clear.
  • Jika sudah selesai menekan Enter, anda bisa mengetahui informasi tentang jaringan Wifi yang dipergunakan, termasuk password yang akan tertulis di samping Key Content.

3. Cara Mencari Kata Sandi Wifi di Laptop Tanpa Aplikasi Melalui Manage Wireless Networks

Cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan mengakses opsi Manage Wireless Networks, untuk mempersingkat waktu langsung saja simak langkah-langkah cara mencari kata sandi Wifi di laptop melalui Manage Wireless Networks yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama buka laptop, lalu klik ikon Wifi yang ada di toolbar.
  • Kemudian klik Network & Internet Settings > Wifi.
  • Jika sudah, klik Change Adapter Options lalu klik kanan di jaringan Wifi yang dimaksud.
  • Dilanjutkan dengan klik Status > Wireless Properties > Security.
  • Nanti di bagian Networks Security Key, klik Show Character untuk bisa melihat kata sandi Wifi.

4. Cara Mencari Kata Sandi Wifi di Laptop Tanpa Aplikasi Melalui Command Prompt Center (CMD)

Anda juga bisa menggunakan CMD atau Command Prompt, walaupun terlihat begitu rumit tapi sebetulnya cara satu ini cukup gampang dilakukan sebab anda tinggal mengetik beberapa perintah CMD yang terkait.

Untuk informasi lebih lanjut, simak langkah-langkah cara mencari kata sandi Wifi di laptop melalui Command Prompt Center yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama anda tinggal klik menu Start dan cari aplikasi Run atau bisa juga memakai Shortcut dengan cara tekan Windows + R.
  • Kemudian ketik CMD dan klik OK.
  • Jika sudah muncul kotak berlatar belakang hitam, ketik [netsh wlan show profiles] tanpa tanda kurung lalu klik Enter.
  • Nanti akan segera muncul berbagai Wifi yang sudah pernah dipergunakan.
  • Tinggal temukan Wifi yang mau di cek passwordnya, lalu ketik [netsh wlan show profiles “Nama wifi” key=clear].
  • Selanjutnya akan muncul hasilnya, sehingga anda bisa mengetahui password di kolom Security Settings pada bagian Key Content.

5. Cara Mencari Kata Sandi Wifi di Laptop Tanpa Aplikasi Melalui Utilities

Alternatif terakhir yaitu dengan memakai Mac Utilities yang hanya dapat diterapkan untuk para pengguna laptop Mac saja, untuk informasi lebih lanjut simak langkah-langkah cara mencari kata sandi Wifi di laptop melalui Utilities yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama buka laptop anda.
  • Jika sudah, nanti anda buka menu Finder dan klik Go.
  • Nanti di menu Dropdown, klik dua kali di Keychain Access.
  • Lalu cari nama jaringan Wifi yang dimaksud, disana anda klik dua kali dan klik Attributes setelah itu pilih opsi Show Password.
  • Sehingga akan muncul perintah, masukkan password Mac anda dan klik Allow.

Cara Mencari Kata Sandi Wifi di Laptop Dengan Aplikasi

Bukan hanya memakai fitur yang ada di laptop saja, anda juga bisa memakai bantuan dari aplikasi untuk dapat melihat kata sandi Wifi yang ada di laptop miliknya.

Di bawah ini ada dua cara mencari kata sandi Wifi di laptop dengan aplikasi yang bisa digunakan diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Cara Mencari Kata Sandi Wifi di Laptop Dengan Aplikasi Wifi Master Key

Untuk aplikasi pertama, kami sarankan memakai Wifi Master Key yang juga dapat dipergunakan melihat kata sandi Wifi serta berbagi koneksi dengan teman.

Jika ingin lebih jelasnya, sebaiknya langsung saja simak langkah-langkah cara mencari kata sandi Wifi di laptop pakai Wifi Master Key yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama anda buka aplikasinya, jika belum memiliki tinggal unduh melalui link berikut ini (Download Aplikasi Wifi Master Key).
  • Nanti kalau sudah selesai, silahkan klik opsi Lakukan Sekarang.
  • Kemudian klik tombol Aktifkan Wifi dan pindai Hotspot.
  • Silahkan izinkan aplikasi tersebut untuk bisa mengakses Wifi di HP anda.
  • Lalu anda klik kembali Lakukan Sekarang.
  • Sehingga akan langsung menampilkan daftar koneksi internet dengan keterangan Aman, Koneksi Gratis dan Sambungkan.
  • Tinggal klik Sambungkan untuk bisa menyambungkan dengan Wifi.

2. Cara Mencari Kata Sandi Wifi di Laptop Dengan Aplikasi Wifi Password Recovery

Cara terakhir yang bisa anda gunakan yaitu dengan aplikasi Wifi Password Recovery, aplikasi seperti bisa digunakan jika anda sudah pernah tersambung dengan sebuah Wifi namun lupa dengan kata sandinya.

Lansung saja anda ikuti langkah-langkah cara mencari kata sandi Wifi di laptop pakai Wifi Password Recovery, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Unduh dan install Aplikasi Wifi Password Recovery melalui link berikut ini (Download Aplikasi Wifi Password Recovery).
  • Nanti silahkan berikan izin pada saat aplikasi meminta akses untuk Wifi.
  • Sehingga Wifi akan langsung menampilkan riwayat yang sudah pernah dipergunakan beserta dengan kata sandinya.
  • Selesai.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai Cara Mencari Kata Sandi Wifi di Laptop tanpa aplikasi & dengan aplikasi yang sudah kami berikan dua cara baik itu menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi.

Silahkan pilih salah satu cara yang cukup mudah untuk diterapkan, lalu anda ikuti setiap langkah-langkah yang kami sampaikan dengan benar supaya tidak terjadi kesalahan pada saat proses mencari kata sandi Wifi di laptop.

Semoga dengan adanya informasi semacam ini anda bisa lebih mudah mengetahui kata sandi Wifi yang dimiliki, tanpa perlu bertanya-tanya atau cemas soal kata sandi Wifi yang dimiliki karena lupa kata sandinya. Sekian dan selamat mencoba.

Penulis adalah praktisi finance, bisnis dan teknologi sejak tahun 2013.


Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button