Cara Cek Kode Pembayaran KAI Access

Cara Cek Kode Pembayaran KAI Access – PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menyediakan layanan aplikasi bernama KAI Access untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pelanggan setia yang menggunakan layanan kereta api. Tidak hanya untuk pembelian tiket, KAI Access juga menyediakan fitur-fitur yang dapat membantu memudahkan perjalanan kereta api menjadi lebih simpel.

Salah satu hal yang seringkali membuat orang kebingungan adalah bagaimana cek kode pembayaran KAI Access. Kode pembayaran atau kode booking ini merupakan kode yang berisi informasi mengenai data penumpang, seperti nama, nomor identitas, nama kereta, jam keberangkatan, dan lainnya. Kode pembayaran ini diperlukan setelah Anda melakukan pemesanan dan pembayaran tiket kereta api.

Jika Anda ingin mengetahui kode booking atau kode pembayaran KAI Access Anda, Anda dapat mengeceknya melalui perangkat HP maupun komputer. Namun, banyak orang yang masih belum mengetahui cara melakukan pengecekan tersebut. Untuk itu, kami akan menjelaskan secara detail mengenai cara cek kode pembayaran KAI Access melalui situs resmi KAI Access.

Cara Cek Kode Pembayaran KAI Access
Pertama-tama, pastikan Anda terhubung ke jaringan internet yang stabil sebelum melakukan pengecekan. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka peramban di perangkat Anda dan kunjungi situs resmi KAI Access di https://www.kai.id/.
2. Pilih menu “Pemesanan Tiket” yang terletak di sebelah kanan layar untuk perangkat HP, atau di sebelah kiri untuk perangkat PC.
3. Klik menu “Cek Kode Booking” yang ada di bawah menu “Pemesanan Tiket”.
4. Masukkan kode booking atau kode bayar di kolom yang sudah disediakan.
5. Klik tombol “Tampilkan” dan pastikan Anda menginput dengan benar kode booking atau kode pembayaran KAI.
6. Jika semuanya sudah benar, informasi mengenai tiket kereta Anda akan ditampilkan. Pastikan informasi tersebut sesuai dengan yang dipesan.

Setelah Anda mengecek kode pembayaran KAI Access, pastikan untuk memeriksa kembali data-data informasi yang tertera pada layar, seperti nama, status pembayaran, jam keberangkatan, nama stasiun, nomor ID, dan tempat duduk. Perbedaan data yang diinput dengan kartu identitas Anda bisa menimbulkan masalah. Pastikan juga untuk mencetak tiket sebelum keberangkatan.

Cara Cetak Tiket KAI Access
Setelah Anda berhasil melakukan pengecekan kode pembayaran, langkah berikutnya adalah mencetak tiket KAI Access. Boarding pass dapat dicetak di Check In Counter yang ada di stasiun kereta api mulai dari 7 x 24 jam sebelum jadwal keberangkatan. Proses cetak tiket kereta api di stasiun dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

1. Cari mesin tiket yang tersedia di area stasiun keberangkatan.
2. Check in menggunakan nomor kode booking tiket dari struk atau bukti pembelian tiket.
3. Masukkan data diri lengkap seperti nomor KTP pada mesin cetak yang sudah disediakan.
4. Klik “Scan struk bukti pembelian tiket” dan “Cetak tiket” untuk mencetak boarding pass.

Namun, tiket kereta api yang dibeli melalui KAI Access tidak perlu dicetak boarding pass. Cukup print e-boarding pass pada aplikasi, kemudian scan QR Code di scanner yang disediakan pada meja petugas.

Fitur-fitur KAI Access
Selain memberikan kemudahan dalam pemesanan tiket, KAI Access juga menyediakan berbagai fitur unggulan, seperti:

a. Pemesanan Tiket Kereta Api: Memungkinkan Anda melakukan pemesanan tiket dengan mudah dan cepat, bahkan 1 jam sebelum keberangkatan.
b. Penggantian Jadwal Perjalanan: Memungkinkan penggantian jadwal perjalanan tanpa harus datang langsung ke stasiun kereta.
c. Pembatalan Tiket Kereta Api: Memungkinkan pembatalan tiket dengan mudah melalui aplikasi KAI Access.
d. Layanan E-Boarding Pass: Memungkinkan print e-boarding pass pada aplikasi untuk kemudian melakukan scan QR Code di stasiun.
e. Pemesanan Makanan Didalam Kereta: Memungkinkan pemesanan makanan dan minuman tanpa harus membawa dari luar.

Dengan berbagai fitur tersebut, semakin banyak masyarakat yang antusias untuk menggunakan layanan KAI Access. Diharapkan pengguna dapat memanfaatkan fitur-fitur tersebut dengan bijak untuk memberikan kenyamanan dalam perjalanan kereta api.

Sampai di sini, kami harap Anda sekarang bisa melakukan pengecekan kode pembayaran KAI Access dengan mudah. Selamat menggunakan layanan KAI Access dan semoga perjalanan Anda menjadi lebih nyaman.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button