Cara Cek Sinyal TV Digital Di Daerah Kita

Cara Cek Sinyal TV Digital Di Daerah Kita – Saat ini, para pengguna layanan siaran televisi sudah dapat mengecek apakah lokasi daerah mereka sudah mendapat sinyal TV digital yang kuat atau tidak. Sedangkan cara untuk mengecek sinyal TV digital di daerah kita bisa dilakukan dengan beberapa cara yang terbilang mudah untuk diterapkan. Tentunya siaran TV digital menjadi jernih dan tak tersendat jika sinyalnya kuat dan begitu juga sebaliknya, siarannya pun dapat terganggu jika sinyalnya lemah. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang menyatakan bahwa Indonesia sudah mulai mengganti siaran TV dari analog ke digital sejak akhir . Peralihan siaran dari TV analog ke TV digital ini dilakukan agar masyarakat bisa mendapatkan layanan siaran TV lebih baik. TV digital juga mampu menghasilkan kualitas gambar yang bersih dan suara yang jernih karena menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi. Karena teknologi yang digunakan lebih canggih daripada TV analog maka kualitas gambar dan suara yang dihasilkan pun jauh lebih baik pastinya. Menurut Kominfo, agar pelayanan penyiaran TV terestrial semakin baik maka Indonesia sudah harus beralih ke siaran TV digital, agar siaran TV analog ke seluruh wilayah di Indonesia menjadi lebih merata dan efisien.

Cara Cek Sinyal TV Digital Di Daerah Kita

Nah, berikut ini kami akan membahas dan membagikan informasi tentang cara cek sinyal TV digital di daerah kita dan informasi penting lainnya yang perlu diketahui.

1. Cara Cek Sinyal TV Digital Di Daerah Kita Menggunakan Aplikasi SinyalTVDigital

Para pengguna baru TV digitak pastinya akan bertanya apakah sinyal TV digital kuat atau tidak di wilayah atau daerahnya? Hal ini dapat dicek menggunakan sebuah aplikasi yang bernama SinyalTVdigital. Aplikasi SinyalTVDigital sendiri dikembangkan oleh Kominfo dan bisa digunakan oleh para pengguna TV digital untuk mengecek sinyal di daerah mereka masing-masing. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, karena para pengguna hanya perlu mengunduh aplikasinya di App Store, Google Play Store atau melalui link berikut ini (Unduh Aplikasi SinyalTVDigital). Dengan begitu, proses pengecekan sinyal TV digital bisa dilakukan hanya lewat HP saja dan tentu hal ini sangat praktis. Untuk cara cek sinyal TV digital di daerah kita menggunakan aplikasi SinyalTVDigital yaitu sebagai berikut:
– Buka aplikasi SinyalTVdigital yang telah diunduh sebelumnya.
– Kemudian berikan izin kepada aplikasi untuk mengakses lokasi Anda.
– Selanjutnya lihatlah warna jangkauan di titik lokasi Anda. Jika warnanya merah atau oranye, maka artinya sinyal TV digital di lokasi tersebut cukup kuat dan jika warnanya hijau atau kuning, maka sinyal sedang. Sementara sinyal yang lemah ditandai dengan warna jangkauan biru dan abu-abu.
– Setelah itu Anda bisa klik simbol pemancar untuk melihat siaran TV apa saja yang tersedia di lokasi Anda.
– Untuk melihat jangkauan sinyal TV digital di daerah lain, silahkan masukkan nama lokasi di kolom ‘Cari Lokasi’, kemudian klik simbol cari dan Anda bisa langsung melihat hasil jangkauan sinyalnya.

2. Cara Cek Sinyal TV Digital Di Daerah Kita melalui Situs Kominfo

Tidak hanya melalui aplikasi, namun sinyal TV digital yang ada di daerah kita juga bisa dicek melalui situs resmi Kominfo di siarandigital.kominfo.go.id. Situs ini dapat diakses melalui perangkat laptop, PC atau komputer, hingga HP dan prosesnya pun cukup mudah untuk diterapkan. Untuk cara cek sinyal TV digital di daerah kita melalui situs Kominfo yaitu sebagai berikut:
– Kunjungi situs Kominfo terlebih dahulu melalui link berikut ini (Kunjungi Situs Resmi Kominfo).
– Setelah situs terbuka, Anda bisa klik ‘Wilayah Siaran TV Digital’.
– Kemudian masukkan nama wilayah di kolom ‘Cari Wilayah’, lalu klik ‘Cari’.
– Selanjutnya pihak Kominfo akan memberikan informasi apakah wilayah Anda sudah mendapat jangkauan sinyal TV digital atau belum melalui status ‘Selesai ASO’.

Lebih Baik Menggunakan TV digital atau STB?

Setelah cara cek sinyal TV Digital di daerah kita selesai dibahas, maka informasi selanjutnya yang akan kami bagikan adalah lebih baik mana, menggunakan TV digital atau STB? Karena mungkin beberapa dari Anda masih bingung, apakah lebih baik membeli TV digital baru atau menggunakan STB sebagai alat bantunya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, hal pertama yang harus dilakukan adalah pastikan bahwa TV yang Anda gunakan bisa menangkap sinyal siaran TV digital atau tidak. Anda bisa memeriksa apakah TV Anda bisa menangkap sinyal digital atau tidak melalui situs Kominfo dan apabila ternyata televisi tersebut tidak masuk dalam daftar, maka sebaiknya Anda menggunakan alat tambahan yaitu STB atau digital box TV yang mendukung DVB-T2 (Digital Video Broadcasting – Second Generation Terrestrial) dengan standar TV digital di Indonesia. Penggunaan STB sebagai alat tambahan ini bertujuan untuk menghemat biaya dan membuat TV analog Anda bisa digunakan lagi. Anda juga bisa melihat rekomendasi set top box TV digital dengan berbagai macam varian harga yang bisa dipilih sesuai dengan isi kantong masing-masing.

Urgensi Migrasi ke TV Digital

Jika membahas tentang cara cek sinyal TV digital di daerah kita, maka tak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang urgensi migrasi dari TV analog ke TV digital. Seperti yang telah disebutkan di dalam UU yang menyebutkan bahwa batas waktu untuk bermigrasi atau berpindah dari TV analog ke TV digital paling lambat dua tahun, yang artinya pada November seluruh siaran televisi harus sudah dipancarkan dengan modulasi digital. Indonesia sendiri sebenarnya termasuk negara yang telah tertinggal dalam penerapan teknologi siaran digital. Sehingga batas akhir dihentikannya siaran analog (analog switch off/ASO) dan penyiaran digital dilaksanakan sepenuhnya oleh seluruh negara anggota ITU adalah 17 Juni 2015, aturan ini berlaku berdasarkan kesepakatan International Telecommunication Union (ITU) di Jenewa pada 2006 lalu.

Keuntungan Migrasi Dari TV Analog ke TV Digital

Saat membahas cara cek sinyal TV digital di daerah kita di uraian awal, kami telah menyebutkan beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika migrasi dari TV analog ke TV digital. Salah satu keuntungan yang akan didapatkan jika migrasi siaran televisi analog ke digital atau biasa disebut dengan Analog switch off adalah bisa menghemat pita frekuensi hingga 112MHz. Karena ketersediaan frekuensi setelah migrasi siaran dari televisi analog ke digital juga akan memberikan dampak terhadap persiapan adopsi jaringan 5G di Indonesia. Dengan melakukan proses migrasi, masyarakat bisa mendapatkan jaringan internet yang lebih cepat dengan 5G. Masyarakat juga bisa mendapat keuntungan berupa kualitas siaran gambar dengan resolusi tinggi dan suara yang lebih jernih jika menggunakan TV digital. Bahkan pilihan saluran televisi yang tersedia juga lebih banyak karena proses digitalisasi penyiaran ini dilakukan pada penyiaran tetap tidak berbayar, sehingga masyarakat bisa menikmati manfaat tersebut secara gratis.

Kelebihan dan Kekurangan TV Digital

Selain cara cek sinyal TV digital di daerah kita, kelebihan dan kekurangan dari TV digital juga perlu diketahui oleh para penggunanya.

Kelebihan TV Digital

Kualitas siaran yang lebih stabil dan tahan terhadap gangguan seperti interferensi, suara dan/atau gambar rusak, berbahaya dan lainnya mampu dihasilkan oleh TV digital.
Memungkinkan siaran dengan resolusi HDTV secara lebih efisien dapat disiarkan.
Dengan pemakaian kanal frekuensi yang lebih efisien, maka TV digital mampu menghadirkan penyiaran multichannel dan multiprogram.
Kemampuan transmisi audio, video, serta data sekaligus.
TV digital dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan seperti subtitle, pilihan audio, dan pilihan bahasa yang lebih lengkap dari TV analog. Sehingga membuat TV digital ini lebih mudah digunakan terutama bagi penonton yang memiliki berkebutuhan khusus, seperti penonton yang tuli atau penonton yang tidak fasih dengan bahasa yang digunakan dalam program televisi.

Kekurangan TV Digital

Bagi sebagian orang yang masih awam tentang teknologi digital mungkin akan kesulitan dalam proses instalasi STB.
Jika tidak mendapat sinyal maka gambar yang muncul hanya gambar pemandangan dan hal ini tergantung dari STB yang digunakan karena sinyal dan internet memiliki peranan yang cukup penting dalam siaran TV digital.
Karena tidak semua stasiun TV menyiarkan siaran digital, maka jangkauan siaran setiap daerah akan mengalami perbedaan dalam jumlah channel yang bisa ditonton.
TV digital membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa pindah dari satu channel ke channel lainnya.
Alat siaran digital yang bernama Set Top Box juga dibutuhkan bila ingin migrasi ke TV digital dan harganya jauh lebih mahal dibandingkan alat siaran analog, yaitu berkisar antara 200-500rb.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara cek sinyal TV digital di daerah kita dan informasi penting lainnya yang bisa dipelajari dan diterapkan. TV digital adalah teknologi yang menggunakan sinyal digital untuk menyiarkan program televisi dan hal ini pastinya akan mempengaruhi penerimaan gambar dan suara pada keluaran Televisi. Tentunya, TV Digital memiliki kualitas yang lebih baik dari segi suara dan gambar dan setiap pengguna bisa mengecek jangkauan Sinyal TV Digital per daerahnya dengan menerapkan cara yang telah kami bagikan di atas. Agar proses pengecekan sinyal berjalan dengan lancar, lakukan setiap langkah dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button