Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan

Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan

Apabila Anda lupa membayar iuran dalam jangka waktu tertentu, sehingga tanpa sadar Anda mempunyai tunggakan iuran BPJS Kesehatan. Tenang saja, sekarang ini pengecekan tunggakan atau tegihan BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan Anda tidak perlu lagi datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan karena ada beberapa cara untuk mengecek tunggakan BPJS Kesehatan via online. Untuk informasi lebih jelas dan detailnya, simak terus beberapa cara cek tunggakan BPJS Kesehatan dibawah ini.

Cara Mengecek Tunggakan BPJS Kesehatan
Peserta BPJS Kesehatan yang menunggak iuran kepesertaan selama berbulan-bulan harus melunasi tunggakan supaya bisa kembali mendapatkan layanan kesehatan dari fasilitas kesehatan (Faskes). Cara mengecek tunggakan BPJS Kesehatan dapat dilakukan via aplikasi Mobile JKN, layanan Chat Assistant JKN (Chika), SMS, sampai e-Commerce penyedia layanan pembayaran Iuran BPJS Kesehatan. Peserta cukup mempersiapkan nomor kartu BPJS Kesehatan atau NIK KTP untuk memproses informasi tentang jumlah tunggakan iuran kepesertaan.

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial merupakan suatu lembaga yang menjamin kesehatan dan ketenagakerjaan di Negara Indonesia. Untuk BPJS Kesehatan, nantinya akan diminta melakukan pembayaran setiap bulannya dan itu dilakukan sewaktu-waktu Anda mengalami sakit atau lainnya. Jadi, kesehatan bagi pengguna BPJS sudah ditanggung oleh badan penyelenggara tersebut! Dalam proses pembayaran BPJS ini Anda akan diminta untuk membayarnya secara tepat waktu.

Cara-Cara Mengecek Tunggakan BPJS Kesehatan
1. Melalui Aplikasi JKN
Cara cek tunggakan BPJS Kesehatan bisa dilakukan melalui aplikasi JKN, adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:
Pertama, download aplikasi JKN di Play Store untuk Android dan App Store untuk iPhone/iOS.
Selanjutnya, masuk ke akun Anda! Kalau belum punya akun, bisa lakukan registrasi akun kepesertaan BPJS Kesehatan Anda dengan mengisi nomor Identitas, Password, dan kode Captcha untuk verifikasi.
Silahkan pilih menu “Tagihan”.
Pilih juga opsi “Premi” dan sistem secara otomatis akan menampilkan jumlah tunggakan BPJS Kesehatan yang harus dilunasi.

2. Melalui e-Commerce
Sekarang ini, banyak aplikasi e-Commerce yang bisa digunakan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan, aplikasi tersebut adalah Shopee dan Tokopedia. Selain itu, bisa juga melalui e-Commerce untuk mengecek jumlah tunggakan yang harus dibayar. Adapun langkah-langkah cara cek tunggakan BPJS Kesehatan melalui e-Commercer, yaitu sebagai berikut:
Buka aplikasi Tokopedia, kalau di HP Anda belum terinstall aplikasinya bisa download dahulu.
Berikutnya, pilih menu “Top Up dan Tagihan”.
Lalu, pilih BPJS dan masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan Anda.
Silahkan klik “Cek Tagihan” dan jumlah tunggakan BPJS Kesehatan Anda akan dimunculkan oleh sistem.

3. Melalui Website BPJS Kesehatan
Cara cek tunggakan BPJS Kesehatan yang lainnya adalah dengan mengakses situs resmi BPJS Kesehatan, adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:
Pertama, kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan di (bjps-kesehatan.co.id).
Berikutnya, pilih menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan”.
Silahkan lengkapi data yang dibutuhkan, seperti nomor kartu BPJS Kesehatan, Tanggal Lahir, dan kode Captcha di gambar.
Silahkan klik menu “Cek” dan data tunggakan iuran BPJS Anda akan keluar.

4. Melalui SMS
Langsung saja, dibawah ini langkah-langkah cara cek tunggakan BPJS Kesehatan melalui SMS! Detailnya yaitu sebagai berikut:
Pertama, buka aplikasi pesan atau Message di Smartphone Anda dan buatlah pesan baru.
Berikutnya, ketikkan TAGIHAN(Spasi)Nomor Kartu BPJS Kesehatan (Ex. TAGIHAN 0123456789).
Setelah itu, kirim pesan tersebut ke nomor 08775500400.
Tunggu beberapa saat sampai Anda mendapatkan balasan yang berisi nomor kartu BPJS Kesehatan dan jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

5. Melalui WhatsApp Chika
Untuk mengecek tunggakan BPJS Kesehatan lainnya, Anda bisa menggunakan layanan WhatsApp Chika. Ini adalah sebuah layanan yang memungkinkan peserta mengetahui informasi terkait kepesertaan BPJS Kesehatan via Chat Admin di kontak 08118750400. Adapun langkah-langkah cara cek tunggakan BPJS Kesehatan melalui WhatsApp Chika Admin, yaitu sebagai berikut:
Langkah pertama adalah mengirim pesan dengan isi apa saja ke Admin Chika.
Setelah itu, Chika akan membalas dengan memberikan informasi terkait nomor layanan.
Silahkan balas dengan mengirimkan angka 2 untuk mengecek tagihan iuran.
Lalu, masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan untuk NIK KTP Anda.
Kemudian, masukkan tanggal lahir Anda sesuai format yang diminta.
Admin Chika akan memberikan rincian tentang jumlah tunggakan kepesertaan BJPS Kesehatan Anda.

6. Melalui Virtual Account
Sebagai informasi, setiap peserta BPJS Kesehatan akan diberikan nomor kartu dan nomor rekening Virtual untuk mengecek tagihan, pembayaran dan status keanggotaannya. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa nomor Virtual Account BPJS Kesehatan untuk setiap bank berbeda-beda. VA atau (Virtual Account) BPJS Kesehatan di Bank BRI dan BNI (Misalnya adalah 88888, sedangkan di bank Mandiri nomornya adalah 89888). Bagaimanakah cara cek tunggakan BPJS Kesehatan melalui Virtual Account? Simak langkah-langkah dibawah ini, yaitu sebagai berikut:
Pertama, tentukan Bank yang akan digunakan.
Berikutnya, pilih untuk menggunakan ATM atau Aplikasi Mobile Banking Bank yang bersangkutan.
Pilih pembayaran via Virtual Account.
Masukkan nomor Virtual Account BPJS Kesehatan di ATM atau Mobile Banking serta nomor kepesertaan BPJS Kesehatan tepat di sebelahnya.

7. Melalui BCA Mobile
Jika Anda merupakan pengguna Bank BCA, nantinya Anda dapat melakukan cek tagihan BPJS dengan menggunakan aplikasi Banking satu ini. Caranya sangat mudah, lho! Anda bisa melakukan banyak hal nantinya dengan aplikasi ini. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana caranya, tenang saja karena dibawah ini akan kami bagikan tutorialnya untuk Anda. Tanpa berlama-lama, langsung saja ke langkah-langkah cara cek tunggakan BPJS Kesehatan melalui BCA Mobile! Detailnya yaitu sebagai berikut:
Silahkan akses aplikasi BCA Mobile menggunakan perangkat Smartphone Anda.
Pada halaman utamanya, Anda bisa langsung klik “M-Payment”.
Pilih BPJS dengan mudah dan pilih lagi “BPJS Kesehatan”.
Anda akan diberikan pilihan, silahkan klik “Input No. Bayar”.
Kalau sudah, Anda dapat menuliskan nomor JKN KIS BPJS Kesehatan yang sudah dimiliki.
Setelah selesai menuliskannya, klik OK dan tekan Send.
Selesai! Anda akan diberikan informasi berupa tagihan dari BPJS yang dimiliki.

Akhir Kata
Demikianlah beberapa cara cek tunggakan BPJS Kesehatan secara online dengan mudah dan praktis yang bisa dicoba terapkan. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa metode yang kami bagikan diatas, gunakan yang paling mudah menurut Anda. Dengan mengetahui tutorial diatas, Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mengunjungi kantor BPJS Kesehatan dan mengantre lama. Semoga bermanfaat.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button