Cara Cek TV Samsung Sudah Digital atau Belum

Cara Cek TV Samsung Sudah Digital atau Belum

Pemerintah telah meluncurkan program penghentian siaran televisi analog (Analog Switch Off/ASO) secara bertahap. Hal ini mengharuskan pemilik televisi untuk memastikan apakah perangkatnya sudah mendukung siaran digital atau belum. Namun sebelumnya, bagi Anda yang jenis televisinya baru bisa menangkap siaran TV Analog, Anda dapat memasang Set Top Box (STB) agar nantinya dapat menerima siaran TV Digital. STB adalah alat yang berfungsi untuk merubah sinyal digital yang dipancarkan oleh stasiun TV menjadi gambar dan suara yang akan ditampilkan pada TV menggunakan alat ini. TV Digital, jika dibandingkan dengan TV Analog, akan memberikan kualitas gambar dan suara yang jauh lebih jernih. Jenis siaran ini tidak akan terpengaruh oleh cuaca, berbeda halnya dengan TV Analog yang sangat rentan terganggu jika cuaca sedang tidak bagus.

Cara Cek TV Samsung Sudah Digital atau Belum
Untuk mengetahui bagaimana cara cek TV Samsung sudah digital atau belum, Anda dapat mengikuti beberapa cara berikut:

Melalui Situs Kominfo
Untuk mengetahui apakah TV telah mendukung siaran digital, Anda dapat mengunjungi situs Kominfo dan mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Buka laman siarandigital.kominfo.go.id dan pilih menu “Perangkat TV Digital”.
2. Pada pilihan yang muncul pilih “Kategori” dan pilih “Televisi”.
3. Isi merek televisi Anda serta model/type-nya.
4. Jika merek televisi dan tipe sudah dapat menerima siaran TV Analog, maka keterangannya akan muncul. Namun, jika TV tidak terdaftar, maka akan muncul keterangan “Mohon Maaf, perangkat yang anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum sertifikasi perangkat”.

Periksa Fitur HDTV
Untuk mengetahui apakah TV sudah mendukung siaran digital, Anda dapat memeriksa stiker di belakang TV. Biasanya, untuk TV yang mendukung siaran TV Digital akan ada stiker bertuliskan ATSC, DTV, Digital Ready, HD Ready, HDTV, Digital Tunner, dan lainnya. Jika Anda tidak berhasil menemukan stiker, Anda bisa mencari keterangan spesifikasi TV baik secara online atau dari buku manualnya. TV yang mendukung siaran TV digital biasanya terdapat tulisan DVB-T2 di dalam spesifikasinya.

Cara Mengatur TV Analog ke TV Digital
Setelah memastikan bahwa TV sudah mendukung siaran digital, Anda perlu tahu bagaimana cara mengatur TV Analog ke TV Digital. Cara ini dilakukan dengan menggunakan Set Top Box (STB) dan memastikan bahwa daerah tempat tinggal Anda sudah terdapat siaran TV Digital. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan antena UHF yang biasa baik berupa antena luar rumah (Outdoor) atau antena dalam rumah (Indoor) untuk menangkap siaran digital.

Daftar STB Siaran Digital Resmi
Masyarakat dapat memperoleh STB untuk mengakses siaran TV digital dengan membelinya di toko online, namun pastikan perangkat tersebut sudah tersertifikasi Kominfo atau resmi. Untuk memudahkan masyarakat, setiap STB tersertifikasi Kominfo akan mempunyai tanda khusus pada kemasannya, yaitu logo DVB T2: juga bertuliskan “Siap Digital” dan gambar maskot Modi.

Akhir Kata
Dengan demikian, Anda dapat memastikan apakah TV Samsung sudah mendukung siaran digital atau belum dengan mengikuti beberapa langkah di atas. Pastikan untuk membagikan informasi ini kepada teman, saudara, atau media sosial Anda agar orang lain juga dapat mengetahui cara cek TV Samsung sudah digital atau belum. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button