Cara Download Video Reels Instagram Tanpa Aplikasi Ketiga

Reels kini menjadi salah satu fitur paling populer di Instagram. Beragam konten video pendek yang menarik dan kreatif banyak dibuat oleh para creator dan brand di platform ini. Terkadang Anda ingin menyimpan atau membagikan kembali video Reels favorit Anda. Namun, bagaimana caranya?

Beruntung Instagram kini menyediakan fitur resmi untuk mendownload Reels. Anda bisa langsung mengunduh video dari aplikasi Instagram tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Download Reels Instagram Lewat Aplikasi Resmi

Tahukah Anda jika Instagram baru-baru ini meluncurkan fitur Download khusus untuk video Reels? Ini artinya Anda bisa langsung mengunduh konten tersebut melalui aplikasinya secara legal dan mudah.

Berikut langkah-langkah download video Reels Instagram secara resmi:

Aktifkan Fitur Download Reels

Untuk menggunakan fitur ini, pastikan Anda telah memperbarui Instagram ke versi terakhir. Selain itu, fitur download ini biasanya dirilis secara bertahap kepada pengguna. Jadi mungkin beberapa orang belum bisa langsung menemukannya di aplikasinya.

Fiture download Reels otomatis aktif jika update aplikasi Instagram Anda sudah yang terbaru. Jadi pastikan selalu periksa di Playstore atau Appstore apakah ada pembaruan Instagram yang tersedia agar bisa menikmati fitur ini.

Download Video Reels Instagram

Setelah fitur Download aktif, Anda tinggal ikuti langkah mudah berikut untuk mengunduh video Reels di Instagram:

  • Buka video Reels publik yang ingin Anda simpan. Pastikan video berasal dari akun publik, bukan akun privat.
  • Klik tombol Share di pojok kanan bawah video Reels.
  • Pada menu Share, Anda akan menemukan opsi baru “Download”. Klik pada tombol itu.
  • Secara otomatis video Reels tersebut akan terunduh ke galeri atau media penyimpanan ponsel Anda.

Sangat mudah bukan? Dengan begitu Anda bisa langsung menyimpan video Reels favorit di galeri untuk ditonton lagi nanti secara offline.

Batasi Orang Lain Download Reels Anda

Sebagai pembuat konten Reels, Anda berhak membatasi orang lain untuk mengunduh video yang Anda posting. Hal ini bisa dilakukan dengan:

  • Buka menu Setting Instagram Anda
  • Pilih menu “Privacy”
  • Gulir ke bagian “Reels and Reels Remix”
  • Non-aktifkan opsi “Allow People to Download Your Reels”

Nah dengan begitu video Reels yang Anda buat hanya bisa ditonton oleh pengikut, namun mereka tidak akan bisa mengunduhnya tanpa seizin Anda.

Aplikasi Pihak Ketiga untuk Download Reels Instagram

Selain lewat fitur resmi Instagram, Anda juga bisa download video Reels dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Beberapa yang populer dan terpercaya antara lain:

  • IG Save: Aplikasi khusus untuk mengunduh video maupun foto dari Instagram. Tersedia versi gratis dan berbayar. Keunggulannya bisa download konten dari akun privat.
  • Repost for Instagram: Selain mengunduh, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membagikan ulang (repost) konten IG orang lain. Termasuk download Reels dengan Watermark atau tanpa Watermark.
  • InSaver: Aplikasi ringan tanpa iklan yang fokus untuk download video Instagram termasuk Reels. Gratis digunakan namun tanpa fitur advance seperti versi berbayar.
  • SwiftSave: Bisa download story maupun video feed Instagram seperti Reels. Tampilan antarmukanya cukup sederhana dan mudah dipahami pemula.
  • Story Saver: Salah satu downloader Instagram paling populer. Selain itu bisa juga digunakan untuk menyimpan story yang sudah hilang dari Instagram.

Secara keseluruhan kalau ingin fitur lengkap, disarankan menggunakan IG Save atau Repost. Namun aplikasi seperti InSaver dan SwiftSave cukup praktis digunakan untuk keperluan dasar.

Cara Pakai Aplikasi Pihak Ketiga

Cara download Reels menggunakan aplikasi pihak ketiga sangatlah mudah. Anda tinggal ikuti langkah berikut ini (contoh menggunakan IG Save):

  • Install aplikasi IG Save dari Playstore atau Appstore
  • Buka video Reels di Instagram yang ingin diunduh
  • Klik tombol share/bagikan lalu pilih “Other”
  • Pada list aplikasi, pilih “IG Save”
  • Reels akan otomatis masuk ke daftar unduhan IG Save
  • Buka tab “Downloads”, video siap di-save ke galeri

Begitu pula cara download menggunakan aplikasi Repost, InSaver atau downloader pihak ketiga lainnya relatif sama.

Kesimpulan

Demikian tutorial lengkap cara download video Reels Instagram baik lewat fitur resmi maupun aplikasi pihak ketiga. Dengan kemampuan mengunduh Reels ini, Anda dapat menyimpan konten favorit sebagai koleksi pribadi atau bahkan digunakan sebagai bahan promosi bisnis.

Jangan lupa untuk selalu update aplikasi IG agar bisa menikmati fitur download via Instagram secara langsung. Selamat mencoba!

Google News

Berita Terkait

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button