Cara Endorse Selebgram

Sebagai pengguna aktif dari aplikasi sosial media khususnya Instagram dan TikTok, pastinya Anda pernah melihat artis atau selebgram mempromosikan suatu produk atau jasa? Dalam dunia bisnis, strategi tersebut disebut atau dinamakan dengan endorse.

Sementara cara ini dilakukan untuk membantu memperkenalkan bisnis atau produk milik pengusaha kepada khalayak luas dengan harapan agar bisa mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.

Promosi bisnis melalui media sosial memang cukup efektif untuk mendapatkan pelanggan di era digital seperti sekarang ini. Menggunakan jasa endorsement dari selebgram atau influencer terkena adalah salah satu strategi promosi yang bisa dilakukan bila mendapatkan customer atau pelanggan yang banyak.

Nah, berikut ini kami akan membahas dan membagikan informasi tentang cara endorse selebgram yang perlu diketahui.

Sebelum membahas tentang cara endorse selebgram, maka ada baiknya untuk membahas tentang apa itu endorse? Endorsement atau endorse adalah sebuah strategi memberikan produk kepada seorang key opinion leader (KOL) untuk membantu mempromosikan produk tersebut di akun media sosialnya. Sedangkan KOL dipilih dari seseorang yang bisa mempengaruhi audience salah satunya seperti selebgram.

KOL yang Anda pilih juga harus mendapatkan brief terlebih dahulu sebelum melakukan promosi bisnis agar pesan yang ingin disampaikan kepada audience bisa tepat sasaran. Sementara tujuan dari aktivitas endorse adalah menyasar target audience yang terdapat di akun KOL agar mengunjungi dan membeli produk yang ditawarkan di akun instagram Anda.

Seiring perkembangan zaman, membuat ada banyak selebgram dan influencer yang bisa diajak kerja sama untuk memasarkan produk bisnis Anda saat ini. Jika tertarik untuk melakukan contoh endorse pada selebgram, maka Anda harus memperhatikan terlebih dahulu beberapa cara untuk endorse yang harus diterapkan agar tujuan yang diharapkan bisa didapatkan.

Pilih Selebgram yang Sesuai dengan Target Pasar Bisnis
Cara endorse selebgram yang pertama bisa dilakukan dengan cara memilih selebgram yang sesuai dengan target pasar bisnis yang telah direncanakan. Agar strategi endorsement bisa berhasil, maka sebagai seorang pebisnis pemula Anda harus memilih selebgram dengan tepat. Anda bisa memilih selebgram yang memiliki niche konten berbanding lurus dengan produk bisnis yang sedang dijalankan. Karena dengan memilih selebgram yang sesuai dengan target pasar bisnis, maka peluang produk Anda bisa terjual akan semakin besar.

Menghubungi Selebgram yang Ingin Diajak Kerjasama
Setelah mendapatkan selebgram yang tepat, maka cara endorse selebgram selanjutnya adalah dengan menghubungi kontak selebgram yang bersangkutan atau yang akan diajak untuk kerjasama. Biasanya selebgram akan mencantumkan kontak kerja sama pada bio akun media sosialnya, baik itu di Instagram, TikTok dan lainnya. Pastikan untuk menggunakan akun bisnis saat menghubungi selebgram tersebut agar terlihat lebih profesional. Sehingga pihak admin dari selebgram yang bersangkutan bisa segera merespon pesan yang Anda kirimkan. Dengan begitu, proses kerjasama bisa dimulai dengan lebih cepat dan penjualan pun bisa segera dilakukan.

Menanyakan Rate Card dan Engagement Rate
Menanyakan rate card dan engagement rate juga termasuk cara endorse selebgram selanjutnya yang bisa diterapkan. Karena sebelum memutuskan untuk bekerjasama, jangan lupa untuk menanyakan rate card dan engagement rate dari selebgram yang bersangkutan. Hal ini penting untuk dilakukan karena akan berpengaruh terhadap budget yang harus Anda siapkan untuk membayar jasa endorse yang mereka tawarkan. Selain itu, pastikan juga rate card dan engagement rate yang mereka tawarkan sesuai dengan hasil penjualan yang akan Anda dapatkan nantinya. Jangan sampai Anda sudah membayar mahal, namun hasil penjualan yang diharapkan justru jauh dari target yang telah ditetapkan.

Membandingkan dengan Selebgram Lain
Cara endorse selebgram yang ke empat adalah membandingkannya dengan selebgram lain. Trik ini perlu dilakukan bila Anda ingin mendapatkan hasil endorsement yang maksimal, karena memilih selebgram yang tepat pastinya menjadi kunci utama. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda membandingkan beberapa selebgram terlebih dahulu untuk mendapatkan yang terbaik dan sesuai dengan target market dan tata cara endorse produk yang telah Anda rencanakan sebelumnya. Anda bisa membandingkan rate card dan engagement rate dari dua atau tiga selebgram sekaligus. Nantinya Anda bisa memilih atau menentukan mana selebgram yang sesuai dengan target market untuk diajak bekerjasama.

Membuat Kesepakatan
Setelah mendapatkan selebgram yang sesuai, maka cara endorse selebgram selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat kesepakatan. Anda bisa membuat kontrak perjanjian dan mengatur jadwal sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujuai bersama. Kesepakatan atau kontrak kerja ini dibuat untuk menghindari hal-hal yang bisa merugikan salah satu pihak. Sehingga Anda dan si selebram sama-sama mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang diharapkan.

Menyiapkan Brief Produk
Cara endorse selebgram yang terakhir yang harus dilakukan adalah menyiapkan brief produk yang Anda jual. Anda juga harus untuk menyiapkan brief endorse produk yang akan diulas oleh selebgram tersebut, agar kontent endorse yang diposting sesuai dengan kebutuhan bisnis yang ditawarkan. Hal ini penting dilakukan karena bertujuan agar selebgram bisa lebih mudah memahami produk bisnis yang akan mereka promosikan. Sedangkan script endorse tersebut biasanya berisi tentang informasi pemahaman produk yang harus dikuasai oleh selebgram sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari konten promosi yang dibuat. Nantinya selebgram bebas mengembangkan konten sesuai dengan gaya mereka sendiri agar terlihat lebih natural. Karena kunci utama kesuksesan dalam strategi endorse adalah memilih influencer endorsement, maka dari itu pilihlah selebgram yang profesional dan tidak boleh sembarangan namun harus relevan dengan bisnis Anda.

Perlu diketahui, bahwa saat ini juga sudah banyak selebgram yang menawarkan jasa endorsement kepada para pelaku bisnis untuk menggunakan jasa mereka. Jika Anda mendapatkan tawaran seperti ini, maka pastikan tahu cara untuk membalas tawaran endorse tersebut dengan tepat yaitu dengan memperhatikan keuntungan apa yang akan Anda dapatkan jika melakukan kerjasama tersebut. Tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan proposal endorsement dengan baik, untuk meyakinkan influencer agar mau bekerjasama untuk mempromosikan bisnis Anda. Karena semakin bagus proposal yang Anda siapkan, maka semakin menyakinkan juga influencer tersebut untuk mau bekerjasama.

Jenis Influencer atau Selebgram Marketing
Setelah cara endorse selebgram, informasi selanjutnya yang akan kami bagikan adalah beberapa jenis influencer atau selebgram marketing. Seperti yang diketahui bersama jika saat ini selebgram atau influencer memberikan pengaruh yang cukup besar untuk digital marketing, sehingga membuat banyak pelaku bisnis tertarik untuk menggunakan jasanya.

Namun sebelum membahasnya lebih jauh, sebagai seorang yang ingin menggunakan jasa endorse maka ada beberapa jenis influencer atau selebgram marketing berdasarkan jumlah followers yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Untuk jenis influencer atau selebgram marketing berdasarkan jumlah followers-nya yaitu sebagai berikut:

Mega influencer
Jika dilihat dari jumlah pengikutnya, maka mega influencer atau selebgram memiliki jumlah pengikut yang tergolong banyak di media sosial. Setidaknya influencer jenis ini memiliki pengikut lebih dari 1 juta followers dan sebagian besar influencer jenis ini berprofesi sebagai public figure seperti selebriti, artis, seniman dan lainnya. Maka dari itu, tarif untuk bekerjasama dengan mereka relatif lebih mahal bisa mencapai 16 juta untuk sekali posting.

Macro influencer
Di bawah mega influencer terdapat macro influencer dengan jumlah penggikut mencapai 40.000 hingga 1 juta followers. Sebagian besar influencer jenis ini dikuasai oleh para selebritis atau selebgram yang belum terlalu terkenal atau populer. Selain itu, ada juga pakar daring yang telah sukses membangun followers yang signifikan dan biasanya mereka lebih bersahabat untuk diajak kerjasama. Namun sebelum itu, Anda harus memastikan bahwa followers mereka asli atau bukan akun palsu.

Micro influencer
Mengerucut kebawah ada micro influencer yang mempunyai niche market tertentu dan selebgram atau nfluencer jenis ini memiliki pengikut mulai dari 1.000 hingga 40 ribu followers. Dengan jumlah followers tersebut, sebagian micro influencer justru merasa jika mereka belum bisa bahkan tidak bisa mempengaruhi orang lain. Sehingga para micro influencer terkadang mempromosikan produk milik orang lain secara gratis.

Nano influencer
Terakhir nano influencer memiliki pengikut tidak terlalu banyak, namun mereka merupakan pakar disuatu bidang tertentu dan jumlah pengikutnya biasanya kurang dari 1000 followers. Walaupun begitu, para followers mereka justru lebih tertarik untuk mendengarkan atau menonton konten yang dibuat.

Alasan Pelaku Bisnis Perlu Menggunakan Influencer atau Selebgram Marketing
Jika membahas tentang cara endorse selebgram, maka tak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang apa saja alasan yang mengharuskan para pelaku bisnis menggunakan jasa influencer atau selebgram untuk mempromosikan produk atau bisnis mereka. Yang perlu diketahui, influencer marketing membantu bisnis menyukseskan pemasaran digital karena metode marketing ini mempermudah membangun brand awarness dan customer trust.

Selain itu, masih ada alasan bisnis perlu bekerjasama dengan influencer berdasarkan hasil statistik yang telah diteliti oleh para pakar. Untuk alasan pelaku bisnis perlu menggunakan jasa influencer atau selebgram marketing untuk mempromosikan bisnis mereka yaitu sebagai berikut:

Pada tahun , pemasaran influencer telah berkembang menjadi $ 13,8. Untuk setiap $1 yang dihabiskan untuk pemasaran influencer, bisnis berhasil menghasilkan $5,78 ROI. Sejak 2016, ada peningkatan 465% dalam pencarian untuk keyword “influencer marketing” di Google. 90% responden survei percaya bahwa influencer marketing saat ini bisa menjadi tehnik pemasaran yang lebih efektif dibandingkan tehnik lainnya. Hampir 49% konsumen bergantung pada rekomendasi dari para influencer atau selebgram dan dijadikan sebagai referensi untuk keperluan pembelian mereka.

Manfaat Influencer atau Selebgram Marketing untuk Bisnis
Seperti yang telah dijelaskan di awal jika cara endorse selebgram memang sedang banyak dicari saat ini karena ada banyak manfaat yang akan didapatkan jika mempromosikan bisnis dengan cara tersebut. Untuk manfaat influencer atau selebgram marketing untuk bisnis yaitu sebagai berikut:

Meningkatkan Brand Awareness
Influencer marketing bermanfaat untuk memperluas jangkauan dan posisi Anda di pasar, karena para pengguna media sosial dapat mempelajari lebih lanjut tentang merek, cerita, dan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Sedangkan kontribusi yang dibuat oleh influencer dalam menumbuhkan kesadaran merek (brand awareness) Anda adalah salah satu manfaat paling menonjol dari social media marketing yang akan Anda dapatkan. Oleh karena itu, bermitralah dengan influencer yang mampu menggerakkan emosi dan dekat dengan audiens setia nya, agar mereka dapat terpengaruhi bahwa merek Anda adalah pemimpin di industri Anda saat ini.

Selebgram Membantu Anda Menjangkau Target Audiens dengan Mudah
Sebelum memutuskan untuk kerjasama dengan influencer, pastinya Anda sudah mempelajari karakteristik dari konten influencer tersebut. Setelah itu Anda juga pastinya sudah memahami apakah produk atau layanan yang Anda jual sudah relevan dengannya. Pada intinya, influencer yang menyebutkan merek Anda di media sosial pastinya bertujuan untuk mendorong peningkatan penjualan. Karena semakin kesini, para konsumen juga mencari influencer atau selebgram terpercaya untuk mencari saran tentang produk atau layanan apa yang harus mereka beli. Pasalnya media sosial telah menjadi “rumah kedua”, sehingga Anda memiliki peluang yang besar untuk menjangkau audiens sesuai dengan yang telah ditargetkan. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan untuk merek yang sedang diproduksi, maka influencer marketing dapat membantu Anda meningkatkan angka penjualan secara substansial.

Anda Dihubungkan dengan Generasi Milenial dan Gen Z oleh Selebgram
Seiring perkembangan teknologi, membuat para milenial semakin menyukai dan berkontribusi pada popularitas media digital. Jadi, jika Anda ingin menarik pasar milenial atau Gen Z, maka pemasaran influencer sangat penting di dunia digital pertama saat ini. Karena menarik konsumen dari segmen audiens ini bisa membawa nilai luar biasa bagi merek Anda dan akses tak ternilai ke salah satu demografi paling menguntungkan pastinya. Apalagi saat ini para generasi milenial memandang media sosial sebagai sumber informasi untuk berbelanja. Bahkan sebuah studi oleh Animoto menyatakan bahwa 75% keputusan untuk membeli pada generasi milenial dipengaruhi oleh media sosial suatu brand. Selain itu terkait generasi Z juga saat ini mulai penting dilihat karena telah melewati Milenial sebagai generasi hidup terbesar yang mewakili 40 persen konsumen global. Maka pertumbuhan populasi Generasi Z dan memiliki daya belanja sebesar $143 miliar tentu menjadikannya salah satu kekuatan konsumen paling berpengaruh di pasar saat ini.

Memberikan Benefit Jangka Panjang
Mirip dengan SEO, influencer marketing bersifat jangka panjang dan Anda jangan pernah berharap untuk melihat efek instan terkait angka penjualan Anda dari satu posting influencer. Karena merek harus melihat investasi influencer marketing sebagai strategi jangka panjang dan ini menjadi bagian penting dari membangun suatu hubungan yang tidak hanya sekedar promosi (hard selling) saja. Namun membangun kepercayaan antara merek Anda dan konsumen pastinya membutuhkan waktu dan hal tersebut juga berlaku terhadap influencer pada influencer marketing.

Membangun Kredibilitas Kepercayaan
Influencer telah membangun hubungan, kepercayaan, dan kredibilitas dengan para fans atau penggemar mereka. Sehingga orang-orang sangat menghormati konten dan rekomendasi dari para influencer. Bahkan penelitian juga telah menunjukkan jika jumlah pengguna remaja yang terhubung dengan influencer lebih banyak daripada selebriti tradisional sekitar 70%. Sedangkan 60% pengguna mengonfirmasi bahwa mereka lebih menyukai ulasan YouTuber favorit mereka daripada bintang TV ataupun film mainstream. Anda akan segera mendapatkan perhatian audiens mereka dengan membagikan konten milik dari influencer. Mereka juga bisa membagikan konten Anda jika mendapatkan perhatian dari audiens, sehingga ada engagement dan menumbuhkan rasa kepercayaan terhadap merek Anda.

Hemat Biaya
Saat ini bisnis merasa lebih sulit untuk mempromosikan produk atau layanan karena biaya di sebuah stasiun televisi aatau media masa karena harga iklan berbayar terus meningkat. Namun di sini lah influencer marketing dapat membantu menekan biaya, karena biaya influencer sangat tergantung pada ukuran audiens. Menariknya, influencer marketing juga membuka peluang baru bagi merek untuk bersaing dengan strategi yang lebih efisien dan optimal di situs media sosial seperti YouTube dan Instagram. Sehingga influencer marketing dapat membantu Anda untuk mendapatkan ROI yang besar, meningkatkan penjualan, dan menghemat lebih banyak uang. Bila ingin menurunkan biaya dengan influencer marketing, maka Anda bisa menegosiasikan kesepakatan kerjasama di mana influencer mendapatkan komisi berbasis kinerja.

Membantu Strategi Content Marketing
Memproduksi konten yang baru dan menarik tidak selamanya mudah, karena jika kehabisan ide, maka influencer dapat membantu proses pengembangan konten Anda. Nantinya Anda dapat bekerja sama dengan influencer untuk membuat konten yang lebih berkualitas dan secara estetik pastinya bisa lebih menyenangkan bagi audiens Anda.

Hemat Waktu
Seperti yang diketahui, Anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan gambar, menggandakannya, dan menjadwalkan iklan di seluruh platform untuk membuat kampanye iklan. Namun bekerjasama dengan influencer justru bisa membantu Anda mengalihkan pekerjaan di atas dan menghemat lebih banyak waktu. Karena influencer marketing akan membuat merek Anda dipromos

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button