Cara Ganti Kata Sandi Email

Cara Ganti Kata Sandi Email – Sebagai aplikasi Email yang sangat populer, keamanan data dari para pengguna Gmail sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena, jika terdapat sedikit aktivitas yang terlihat mencurigakan pada akun para pengguna email, maka sistem dari Google akan langsung melakukan pemeriksaan. Agar akun anda tetap terjada dan aman, para pengguna disarankan untuk mengganti password Gmail secara berkala. Apalagi cara untuk mengganti email melalui handphone bisa anda lakukan dengan sangat mudah. Alamat email biasanya menjadi salah satu syarat untuk melakukan registrasi berbagai macam layanan yang ada di internet. Jadi, jika anda lupa password email tentunya hal tersebut akan sangat merepotkan dan yang pastinya akan menghambat aktivitas anda.

Terkait dengan hal tersebut, salah satu Email yang pada saat ini banyak sekali digunakan yaitu Google mail atau Gmail, yang dimana layanan email buatan Google ini mempunyai fitur yang sangat lengkap dan juga terintegritas dengan produk Google lainnya seperti YouTube, Google+, Hangouts, ataupun Google kalender. Kata sandi taupun password sering kali menggunakan kombinasi dari huruf dan juga angkat, ataupun sebuah simbol, jadi faktor lupa kata sandi sering kali di alami.

Para pakar kemanan internet selalu menyarankan para penggunanya untuk mengganti passwordnya secara berkala seperti yang sudah kami katakan di atas. Bagaimana tidak, data Risk Based Security per kuantal pertama mengakses 8,4 miliar pencurian data yang sudah terjadi di internet. Oleh sebab itulah, anda harus mengganti password Gmail anda untuk bisa menjadi akun email dan juga data yang ada di dalamnya tetap aman. Bukan hanya email saja, proses penggantian password Gmail ini juga akan mempengaruhi layanan Google lainnya, seperti Google Drive, Google Docs, Google Maps, Google Form, Google Photos, YouTube dan yang lain sebagainya.

Cara untuk mengganti password pada Gmail tidaklah sulit untuk dilakukan, namun yang terpenting anda haus memastikan memiliki akses untuk bisa masuk ke dalam kotak masuk atau inbox Gmail anda terlebih dahulu, kemudian login ke dalam akun email anda.

Cara Ganti Kata Sandi Email

Untuk lebih jelasnya, anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai cara ganti kata sandi Email yang memang sudah kami sediakan untuk anda di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!

1. Cara Ganti Kata Sandi Email Melalui Perangkat Android

Keberadaan akun Gmail pada saat ini sangatlah penting, terlebih lagi aku Gmail menjadi salah satu sarana yang bisa digunakan untuk mengakses platform digital. Bahkan, para pengguna Email seperi anda bisa menggunakan akun Gmail untuk masuk ke dalam beberapa media sosial di luar produk Google seperti Facebook, Twitter, Instagram, sampai dengan TikTok. Karena pada saat ini semakin meningkatkanya pengguna akun Gmail, jadi anda harus membuat kode sandi dengan menggunakan kombinasi angka, huruf, dan juga simbol.

Tujuannya tidak lain dan tidak bukan supaya akun anda tidak mudah untuk dibobol atau di retas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Walaupun anda sudah menyimpan kata sandi Gmail pada perangkat handphone, namun terkadang ada saja momen yang dimana anda lupa dengan urutas password anda. Bila anda sedang mengalami masalah tersebut, maka anda harus mengikuti langkah-langkah mengenai cara ganti kata sandi Email melalui Smartphone yang sudah ada di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

1. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Gmail yang memang sudah ada dalam perangkat handphone yang anda gunakan.
2. Kemudian, pada halaman utama Gmail anda bisa langsung saja klik icon foto profil akun yang sudah ada pada sudut kanan atas layar handphone anda.
3. Nantinya akan langsung muncul opsi Kelola Akun Google Anda.
4. Untuk cara mengganti password atau kata sandi Email melalui perangkat smartphone ini anda bisa langsung saja klik opsi tersebut.
5. Lalu, pada halaman utama akun google, anda bisa langsung memilih menu Keamanan.
6. Berikutnya, anda bisa langsung saja scroll layar ke bawah sampai anda menemukan bagian Login ke Google.
7. Selanjutnya anda tinggal klik Menu Sandi.
8. Dilanjutkan dengan anda memasukkan kata sandi yang lama dari akun Gmail anda.
9. Jika sudah, anda bisa langsung saja mengganti sandi Gmail anda dengan yang baru dengan cara anda hanya tinggal ketik kata sandi yang baru pada kolom yan memang sudah di sediakan.
10. Tahap selanjutnya, anda tinggal mengikuti semua langkah-langkah yang sudah ada di layar untuk menyelesaikan pergantian kata sandi.
11. Bila sudah, jangan lupa untuk menyimpan password baru dari akun Gmail anda pada notepad atau yang lainnya.
12. Selesai!!!

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara untuk mengganti password atau kata sandi email dengan melalui perangkat handphone Android yang bisa langsung anda terapkan.

2. Cara Ganti Kata Sandi Email dengan Melalui Perangkat iPhone

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwasanya anda harus melakukan pergantian kata sandi akun Email anda secara berkala untuk melindungi akun anda dari tangan-tangan yang jahil dan tidak bertanggung jawab. Apalagi jika anda menggunakan password yang sederhana dan sangat mudah untuk di tebat pada saat melakukan pendaftaran Gmail untuk yang pertama kalinya. Cara ini memang akan membuat akun Gmail anda mudah untuk diingat, hanya saja password yang mudah di tebat sangat rentan terhadap pembobolan dan serangan dari hacker.

Oleh karena itu, anda harus mengganti password atau kata sandi dari akun Gmail anda untuk memastikan bahwa akun dan data anda terjada dengan aman. Bukan hanya pada perangkat Android saja, jika anda menggunakan handphone dengan basis iOS atau iPhone, anda bisa dengan mudah mengganti sandi Gmailnya. Hanya saja, metode yang akan di lakukan memang sedikit berbeda dengan cara anda mengganti password pada perangkat Android.

Di bawah ini sudah ada langkah-langkah mengenai cara ganti kata sandi Email melalui perangkat iPhone yang bisa langsung anda terapkan dengan sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka layar kunci pada handphone iPhone anda.
2. Lalu, anda harus memastikan bahwa anda sudah menginstall aplikasi Gmail, namun jika anda belum memasangnya anda bisa langsung saja membuka situs Google.com melalui link yang sudah kami sediakan berikut (Kunjungi Situs myaccount.google.com).
3. Kemudian anda bisa langsung saja membuka aplikasi Gmail atau bisa langsung login ke dalam akun anda.
4. Di kanan atas layar anda akan melihat foto profil anda silahkan anda klik icon tersebut.
5. Berikutnya, pada halaman akun Google, anda bisa langsung klik Info Pribadi yang sudah ada pada bagian atas.
6. Selanjutnya, anda tinggal scroll layar handphone anda ke bawah sampai anda menemukan opsi infor dasar, anda bisa langsung klik opsi tersebut.
7. Nantinya, pada bagian info dasar tersebut, anda bisa langsung klik opsi Sandi.
8. Barulah anda bisa langsung memasukkan kata sandi anda yang baru.
9. Dilanjutkan dengan anda memilih opsi Ubah sandi, dan ikutilah langkah-langkah yang sudah ada di sana sampai dengan proses ubah sandi akun Gmail anda selesai dilakukan.
10. Selesai!!!

Sangat amat mudah sekali bukan cara untuk mengganti kata sandi atau password akun email anda melalui perangkat iOS atau iPhone milik anda yang bisa langsung di terapkan.

Walaupun akun Gmail bisa sangat sulit untuk di akses jika anda tidak mengingat password yang lama atau memiliki akses sinkronisasi ke perangkat yang lain, namun anda harus tetap memastikan kemanannya dengan mengikuti Tips di bawah ini:

– Sign out dari semua sesi gmail secara berkala jika memang dibutuhkan.
– Pastikanlah anda mengenali dan mempercayai satu orang yang memiliki akses ke dalam akun akun Gmail anda.
– Jika dirasa sudah aman, aktivitas two step authetictation Gmail untuk bisa melindungi akun anda.
– Anda bisa menggunakan apliaksi Google Autenticator yang bisa anda dapatkan secara gratis melalui Appstore atau Playstore untuk menyimpan kode Authentikasi dari akun Gmail anda.

Karena mengingat kejahatan yang pada saat ini sedang berseliweran dan sudah banyak terjadi, maka tidak heran jika anda diharuskan untuk mengganti Password Gmail anda yang dilakukan secara berkala, misalnay setiap enam bulan sekali. Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa terdapat perangkat lain yang sudah terhubung dengan akun gmail anda, misalnya handphone. Bukan hanya email saja, jika anda memiliki website, maka website anda juga harus tahan dari virus dan juga ancaman peretasan lainnya yang sedang mengintai.

Akhir kata

Itulah dia pembahasan mengenai cara ganti kata sandi email yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat mudah loh guys. Silahkan anda bisa menggunakan cara yang sudah kami berikan di atas sesuai dengan perangkat yang sedang anda gunakan pada saat ini. Jika anda rasa ulasan yang sudah kami berikan di atas penting, maka jangan lupa untuk bantu share atau bagikan artikel ini sebanyak-banyaknya ke teman ataupun kerabat anda yang belum mengetahuinya. Semoga dengan uarian di atas anda sudah tidak kebingungan lagi jika ingin mengganti sandi email, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button