Cara Hilangkan Iklan di HP Android dan iPhone Sekali Untuk Selamanya

Iklan di HP Android dan iPhone dapat sangat mengganggu pengalaman penggunaan perangkat. Iklan muncul di mana-mana – di aplikasi, browser, bahkan layar kunci. Iklan tidak hanya mengganggu tapi juga bisa membahayakan privasi dan keamanan data pribadi.

Berikut ini adalah cara ampuh untuk menghilangkan iklan di HP Android dan iPhone sekali untuk selamanya.

Mengapa Iklan Muncul di HP?

Ada dua alasan utama mengapa iklan sering muncul di perangkat seluler:

Alasan Bisnis dari Iklan HP

Iklan memang diciptakan agar penyedia layanan dan aplikasi bisa mendapatkan penghasilan meskipun menyediakan layanan secara gratis. Dengan kata lain, iklan mendukung model bisnis aplikasi dan layanan gratis di HP.

Pengembang aplikasi dan penyedia layanan memanfaatkan model bisnis berbasis iklan ini untuk mendapatkan penghasilan dari lalu lintas iklan yang ditampilkan di aplikasi atau layanan mereka.

Tracking Penggunaan HP untuk Menyasar Iklan

Selain itu, data aktivitas dan perilaku penggunaan HP juga sering disalahgunakan untuk melacak minat pengguna dan menampilkan iklan yang relevan secara personal.

Aplikasi tertentu melacak laman web yang Anda kunjungi, video YouTube yang Anda tonton, bahkan percakapan Anda di media sosial untuk menyasar iklan. Ini sangat invasif terhadap privasi pengguna.

Nah agar terbebas dari iklan yang mengganggu dan melindungi privasi data pribadi, berikut ini adalah cara ampuh menghilangkan iklan di HP baik Android ataupun iPhone.

3 Cara Ampuh Menghilangkan Iklan di HP Android

Di Android, ada beberapa cara efektif untuk blokir atau menghilangkan iklan, di antaranya:

1. Gunakan Aplikasi Ad Blocker

Cara paling mudah adalah dengan menginstal aplikasi ad blocker. Aplikasi seperti Blokada, AdGuard, dns66, dan NoRoot Firewall bisa memblokir iklan di seluruh perangkat tanpa perlu root.

Cara kerjanya adalah dengan menyaring lalu lintas jaringan HP untuk memblokir permintaan ke server-server iklan. Hasilnya, iklan tidak akan tampil di perangkat Anda.

2. Hapus atau Ganti Aplikasi Beriklan

Selain menggunakan ad blocker, langkah penting lainnya adalah menghapus atau mengganti aplikasi OEM dan pihak ketiga yang memuat banyak iklan.

Sebagai contoh, hapus aplikasi seperti browser, galeri, dan file manager bawaan yang biasanya penuh iklan. Kemudian ganti dengan alternatif bebas iklan dari Play Store.

3. Gunakan Custom ROM Tanpa Iklan

Langkah paling ekstrim adalah dengan memasang custom ROM modifikasi seperti LineageOS atau Paranoid di perangkat Anda. Kebanyakan custom ROM telah di-modifikasi sehingga bebas dari aplikasi & layanan iklan yang non-esensial.

Custom ROM membutuhkan proses root dan flashing image OS baru menggunakan recovery mode. Jadi, opsi ini sedikit lebih rumit tapi bisa menghilangkan iklan hampir sepenuhnya.

2 Cara Hilangkan Iklan di iPhone

Sementara di iPhone, berikut 2 cara ampuh menghapus iklan:

1. Gunakan Ad Blocker Safari

Browser bawaan iPhone yaitu Safari mendukung ekstensi dan add-on, termasuk plugin ad blocker.

Plugin seperti AdGuard dan Ka-Block! bisa dipasang di Safari untuk memblokir iklan di berbagai situs dan laman web. Cukup pasang ekstensinya dan aktifkan fitur ad blocking-nya.

2. Non-Aktifkan Pengikutan Apple

Layanan iklan Apple bernama Apple Advertising menampilkan iklan personal di aplikasi dan Apple TV berdasarkan aktivitas Anda di perangkat Apple lainnya.

Anda bisa mematikan Apple Advertising dan pengikutan aktifitas dengan masuk ke Settings > Privacy > Apple Advertising. Dengan begitu, iklan personal terkait akan berkurang.

Kesimpulan

Iklan di HP memang sangat mengganggu. Namun bisa diatasi dengan menggunakan adblocker dan tidak mengizinkan aplikasi atau sistem melacak aktivitas Anda.

Dengan mengikuti panduan di artikel ini, Anda bisa menghilangkan hampir semua iklan di HP Android ataupun iPhone. Sehingga bisa menikmati perangkat seluler dengan lebih nyaman tanpa gangguan iklan.

Google News

Berita Terkait

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button