Cara Login My SAPK BKN

Cara Login My SAPK BKN – Dalam era modern dan perkembangan teknologi yang semakin maju, hampir semua hal menjadi digital untuk memudahkan masyarakat. Bahkan, kebanyakan orang saat ini memiliki smartphone yang mempermudah aktivitas sehari-hari. Demikian juga dengan pemerintahan di Indonesia, yang kini memanfaatkan teknologi digital untuk mempermudah berbagai hal termasuk dalam hal administrasi kepegawaian. Salah satu contoh aplikasi atau website yang dibuat oleh pemerintah adalah My SAPK BKN. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan para pegawai negeri dalam mendapatkan pelayanan kepegawaian, termasuk dalam hal penginputan gaji, PNS, dan lainnya.

Anda dapat mengunduh aplikasi My SAPK BKN melalui Google Play Store dan menginstalnya di HP Android Anda. Namun, bagi pengguna baru mungkin masih bingung tentang cara login ke dalam My SAPK BKN, oleh karena itu kami hadir untuk memberikan panduan lengkap dalam artikel ini.

Cara Login My SAPK BKN

Anda berada di tempat yang tepat untuk memahami bagaimana cara login My SAPK BKN, baik melalui website maupun aplikasi. Berikut penjelasannya:

1. Cara Login My SAPK BKN melalui Situs Web

Pertama-tama, untuk login ke My SAPK BKN melalui situs web, Anda harus melakukan aktivasi akun terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah aktivasi akun My SAPK BKN:

  • Buka peramban web dan kunjungi laman mysapk.bkn.go.id.
  • Klik “Lupa Password” jika Anda belum memiliki kata sandi untuk login.
  • Masukkan 18 digit NIP anda.
  • Masukkan Email publik yang didaftarkan pada instansi Anda.
  • Klik “Lanjutkan” dan tunggu beberapa saat hingga Anda menerima token berjumlah 6 digit melalui Email publik.
  • Kembali ke laman situs MySAPK, masukkan atau buat kata sandi untuk login.
  • Masukkan token yang dikirimkan oleh BKN ke Email publik tadi.
  • Klik “Reset Password”.

Setelah proses aktivasi akun selesai, Anda dapat login melalui situs web My SAPK BKN dengan memasukkan NIP dan kata sandi yang telah dibuat.

2. Cara Login My SAPK BKN melalui Aplikasi

Untuk login melalui aplikasi My SAPK BKN, pertama-tama buka aplikasi yang sudah terpasang di HP Anda. Kemudian, masukkan NIP dan kata sandi yang sudah dibuat, dan Anda sudah bisa login. Pastikan untuk memeriksa informasi pribadi Anda seperti data utama, golongan, jabatan, posisi, pangkat, dan sebagainya.

Fitur My SAPK BKN

Selain cara login, ada beberapa fitur penting yang terdapat dalam My SAPK BKN, antara lain:

a. Profil PNS

Fitur ini berisi data utama pegawai, posisi, jabatan, dan golongan.

b. Ubah Data

Pegawai dapat mengubah data yang terdapat di database Nasional BKN.

c. My Kartu Pegawai Elektronik

ASN dapat menggunakan KPE Virtual untuk keperluan administrasi kepegawaian.

d. Otentifikasi SK

Fitur ini berisi Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh SAPK.

e. Pelacakan

Untuk mengetahui proses kepegawaian yang dimiliki pegawai.

f. Personalisasi

Fitur untuk mengganti password di aplikasi My SAPK BKN.

Manfaat My SAPK BKN

My SAPK BKN membawa banyak manfaat, antara lain:

  • Mempermudah ASN dalam menyampaikan informasi pribadi ke database BKN.
  • Mempermudah ASN dalam menyimpan dan mengubah informasi dengan cepat.
  • Mempermudah permasalahan administrasi ketenagakerjaan milik para ASN Indonesia.
  • Mempermudah BKN dalam memperbarui informasi dan data milik pegawai atau ASN.

My SAPK BKN memiliki sistem pelayanan kepegawaian yang berfungsi untuk memudahkan PNS di seluruh instansi untuk mengakses data kepegawaian dengan mudah, akurat, dan cepat.

Akhir Kata

Dengan fitur-fitur yang lengkap dan manfaat yang besar, My SAPK BKN dapat memudahkan dalam proses administrasi kepegawaian. Demikianlah penjelasan mengenai cara login, fitur, dan manfaat My SAPK BKN. Jangan ragu untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi ini demi kelancaran administrasi anda sebagai ASN atau pegawai. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button