Blog

Cara Melihat Titik Koordinat di Maps

Cara Menemukan Koordinat Pada Peta Google

Google Maps adalah sebuah aplikasi peta digital yang pasti sudah ada di ponsel pintar Anda. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan memudahkan penggunanya.

Salah satu fitur yang paling disukai dari Google Maps adalah kemampuannya untuk membagikan lokasi dalam bentuk koordinat. Fitur ini membuat pengguna dapat dengan mudah berbagi lokasi dengan orang lain di seluruh dunia.

Bagaimanapun, tidak semua orang tahu cara menemukan titik koordinat pada Google Maps. Untuk itu, artikel ini akan membahasnya secara lengkap.

Penjelasan Tentang Koordinat Pada Google Maps

Sebelum membahas cara menemukan koordinat di Google Maps, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa itu koordinat. Titik koordinat adalah lokasi suatu tempat yang ditunjukkan oleh garis vertikal dan horizontal pada peta.

Ada dua jenis koordinat, yaitu koordinat geografis dan koordinat UTM. Koordinat geografis diukur dalam derajat, menit, dan detik, sementara koordinat UTM menggunakan sumbu X dan Y untuk menunjukkan lokasi.

Google Maps menggunakan sistem koordinat geografi dalam layanannya untuk membantu pengguna menemukan lokasi dengan mudah. Anda juga dapat membagikan titik lokasi langsung dalam format DMS, DMM, atau DD.

3 Langkah Melihat koordinat di Maps

Ada tiga cara untuk melihat koordinat di Google Maps, yaitu melalui HP Android, iPhone, atau menggunakan komputer. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing cara.

1. Langkah Melihat koordinat di Maps Menggunakan HP Android

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Google Maps di ponsel Android Anda. Kemudian, cari lokasi yang Anda inginkan dan tahan beberapa saat pada titik tersebut hingga muncul tanda pin lokasi merah. Setelah itu, Anda dapat melihat koordinat lokasi tersebut pada kolom pencarian di bagian atas layar. Untuk menyimpan koordinat tersebut, Anda hanya perlu menyalinnya dan membagikannya kepada orang lain.

2. Langkah Melihat koordinat di Maps Menggunakan iPhone

Pertama, buka aplikasi Google Maps di iPhone Anda dan tempatkan pin lokasi di titik yang diinginkan. Kemudian, sentuh dan tahan pada lokasi tersebut untuk menyimpan pin lokasi, dan pilih “Share”. Anda akan melihat banyak pilihan untuk membagikan titik lokasi melalui pesan, dan tautan koordinat akan muncul dalam pesan tersebut.

3. Langkah Melihat koordinat di Maps Menggunakan Komputer

Cari alamat atau lokasi yang Anda inginkan menggunakan Google Maps pada komputer, dan letakkan pin lokasi pada titik yang diinginkan. Kemudian, klik kanan pada pin lokasi dan pilih “What’s Here”. Koordinat lintang dan bujur akan muncul dalam sebuah kotak di bawah layar komputer.

Kesimpulan

Sekarang Anda telah mempelajari cara menemukan koordinat di Google Maps melalui berbagai perangkat. Semoga informasi yang diberikan dapat membantu Anda dalam penggunaan aplikasi Google Maps di masa mendatang.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button