Cara Membuat Amplop Dari Kertas

Cara Membuat Amplop Dari Kertas

Panduan berikut akan menjelaskan cara membuat amplop dari kertas, sangat penting bagi Anda yang ingin membuat amplop sendiri di rumah.

Amplop memiliki banyak kegunaan, seperti untuk memberikan hadiah pada acara pernikahan, ulang tahun, atau perayaan lainnya. Juga dapat digunakan sebagai kartu ucapan khusus untuk seseorang. Saat ini, tersedia banyak jenis amplop di pasaran, mulai dari amplop polos hingga amplop berwarna dan berbagai motif sesuai dengan acara tertentu.

Jika Anda ingin mencoba membuat amplop di rumah, siapkan bahan-bahan berikut:

  • Kertas polos seperti kertas HVS atau kertas origami berwarna
  • Double tape, lem, isolasi bening, motif, dan gunting

1. Proses Membuat Amplop Dari Kertas HVS

Pertama-tama, lipat dan potong selembar kertas HVS menjadi dua bagian untuk membuat amplop berukuran kecil. Kemudian, lipat kertas tersebut menjadi dua bagian yang sejajar, sehingga terlihat lipatan persegi persis setengah dari ukuran asli kertas. Rekatkan sisi kanan dan kiri dari pojok kertas dengan lem atau isolasi. Pastikan bagian atasnya terbuka agar bisa dimasukkan sesuatu di dalam amplop. Selanjutnya, lipat sisi bawah ke atas sampai membentuk sisi. Buat sisi kecil dengan melipat ke bawah ujung dari persegi yang terbuka sekitar 1/2 inch, sisi kecil inilah yang akan digunakan untuk menutup amplop. Setelah itu, amplop sudah bisa diisi dengan hadiah, uang, kartu, atau surat. Tutup bagian penutupnya dengan double tape agar isi amplop lebih aman. Selesai.

2. Langkah Membuat Amplop Dari Kertas Origami

Untuk membuat amplop dari kertas origami, pertama-tama, bentuk kertas menjadi belah ketupat. Pastikan kedua sisi rapi dan rata, lalu buka kembali kertas tersebut agar kembali menjadi bentuk awal yaitu belah ketupat. Kemudian, lipat sudut bawah ke lipatan tengah, dan lipat tepi lipatan sampai kertas terbentang rata. Rapikan setiap ujung lipatan agar tertata rapi. Melipat ujung kiri ke arah tengah sampai melewati sedikit bagian lipatan tengah, lakukan hal yang sama pada bagian ujung kanan. Bentuk segitiga kecil pada bagian bawah amplop untuk menutupnya. Isikan amplop dengan hadiah atau kartu ucapan, dan tutup bagian penutupnya dengan double tape. Selesai.

3. Langkah Membuat Amplop Dari Kertas Isolasi

Untuk membuat amplop dari kertas isolasi, lipat kertas menjadi dua memanjang dan posisikan tepi kertas lurus dan sejajar agar terbentuk lipatan rapi di bagian tengah. Selanjutnya, lipat sisi kanan atas sepanjang lipatan tengah, dan lipat ke sudut bawah sampai membentuk segitiga. Lipat juga bagian ujung kiri ke atas dan bagian ujung kanan ke bawah agar terbentuk dua segitiga kecil pada bagian ujung kertas. Lipat kedua sisi kanan dan kiri ujung ke tengah, dan sisakan ruang untuk isi amplop. Isikan amplop dengan hadiah atau kartu ucapan, dan beri isolasi bermotif untuk menutup bagian amplop yang terbuka. Selesai.

Penutup

Sekarang Anda sudah mengetahui beberapa cara membuat amplop dari kertas. Silahkan bagikan informasi ini kepada teman, keluarga, atau kerabat Anda agar mereka juga bisa membuat amplop dari kertas. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button