Cara Membuat Komentar Di C++

Cara Membuat Komentar Di C++ – Tidak hanya bahasa pemrograman C++, hampir semua bahasa pemrograman telah menyediakan fitur komentar.

Karakter-karakter yang termasuk dalam komentar tidak akan dieksekusi atau dibaca oleh CPU. biasanya digunakan oleh para programmer untuk memberikan penanda atau keterangan pada kode program yang sudah dikembangkan.
Komentar adalah bagian dari kode program yang tidak akan dibaca atau diterjemahkan selama proses kompilasi. C++ memiliki dua jenis komentar, yaitu Satu baris (Single-line) dan Multi-line (beberapa baris). Kedua jenis komentar tersebut tidak akan mempengaruhi fungsi coding Anda, atau dengan kata lain, compiler akan mengabaikan bentuk komentar yang sudah Anda buat.
Untuk informasi lebih lanjut, simak ulasan mengenai Cara Membuat Komentar Di C++ berikut ini.

Cara Membuat Komentar Di C++

Dalam sebuah program, terdapat banyak kode yang sulit dipahami oleh orang lain. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya programmer menambahkan komentar untuk menjelaskan algoritma dan keterangan yang diperlukan dalam program.

Komentar juga digunakan untuk menuliskan informasi mengenai program, seperti nama pembuat kode, waktu pembuatan, dan deskripsi lain yang diperlukan.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, komentar merupakan bagian dari kode program namun tidak dibaca selama proses kompilasi. Ada dua jenis komentar dalam C++, yaitu untuk satu baris dan untuk banyak baris.

1. Komentar Satu Baris (Single-line) dengan tanda //

Komentar satu baris diawali dengan tanda ////. Cara menulisnya yaitu dengan diawali dengan dua garis miring (//) lalu ditambah dengan komentar yang ingin disampaikan. Komentar termasuk bagian dari kode namun tidak akan muncul pada tampilan layar.

Contoh Penulisan :

1 std::cout

2. Komentar dengan banyak baris (Multi-line Comments) diapit oleh /* dan */

Komentar dengan banyak baris memuat banyak baris. Fungsinya adalah untuk menuliskan komentar namun pada banyak baris. Untuk menuliskan komentar jenis ini pada kode program, anda harus menuliskan tanda awalan ( /* ) dan akhiran ( */).

Contoh Penulisan :

1 /*komentar anda, 1 baris */
2 /*komentar anda untuk 4 baris
3 baris 2
4 baris 3
5 baris 4*/

Fitur komentar juga digunakan untuk menandai pertanyaan dari algoritma yang bermasalah, menghilangkan sementara pertanyaan dari dalam baris eksekusi kompilator supaya tidak bisa dibaca oleh kompilator.

Anda juga bisa menuliskan komentar pada baris kosong tanpa adanya kode, biasanya komentar yang sudah dituliskan pada baris kosong tanpa adanya kode digunakan untuk menjelaskan alur kode dibawah barisnya.

Satu lagi yang harus anda ingat bahwasanya setiap operasi cout, kata apapun itu yang masuk ke dalam tanda “…….” akan langsung ditampilkan pada layar.

Akhir Kata

Itulah dia semua pembahasan mengenai cara membuat komentar di c++. Mungkin masih banyak dari anda yang tidak paham dengan bahas pemrograman seperti ini, namun kami berharap dengan adanya ulasan ini anda bisa memahaminya sedikit demi sedikit. Jika anda merasa bahwasanya penjelasan ini penting, jangan lupa untuk membagikannya kepada teman atau kerabat Anda. Terima kasih atas waktu yang sudah Anda luangkan untuk membaca artikel ini.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button