Cara Membuat Saluran di WhatsApp

Cara Membuat Saluran di WhatsApp – Pada bulan September yang lalu, WhatsApp secara resmi meluncurkan fitur terbarunya yaitu Saluran WhatsApp atau Channel WhatsApp.

Fitur Saluran atau Channel ini mirip dengan fitur Channel Telegram yang memungkinkan penggunanya untuk bergabung di salah satu channel yang telah diverifikasi untuk mendapatkan berita terbaru.

Fitur Saluran WhatsApp ini terletak di dalam tab status, sehingga tab status WhatsApp kini berganti nama menjadi “Update/Pembaruan”.

Komunikasi yang terjadi adalah satu arah, sehingga pengguna tidak dapat membalas pesan atau informasi yang dibagikan oleh admin saat mereka bergabung di salah satu channel WhatsApp.

Namun, pengguna dapat memberikan reaksi emoji atas informasi yang dibagikan admin.

Berdasarkan informasi yang kami dapat dari laman resmi WhatsApp, tidak semua pengguna WA bisa membuat Saluran WhatsApp.

Hanya individu dan organisasi yang bermitra dengan Meta (perusahaan induk WhatsApp) yang dapat membuat saluran WhatsApp.

Namun, bagi perusahaan atau organisasi yang masuk dalam kategori verifikasi Meta, mereka dapat membuat saluran di WA.

Dalam artikel ini, kami akan membahas dan membagikan informasi mengenai cara membuat Saluran di WhatsApp dan informasi penting lainnya seputar WhatsApp yang perlu diketahui.

Apa Itu Fitur Saluran atau Channel WhatsApp?

Sebelum membahas tentang cara membuat Saluran di WhatsApp, penting bagi pengguna WhatsApp untuk mengetahui apa itu fitur Saluran atau Channel WhatsApp.

Fitur WhatsApp Channel memungkinkan pengguna WhatsApp untuk memfollow atau bergabung dengan Channel milik individu atau organisasi yang sudah diverifikasi secara resmi oleh WhatsApp.

Fitur WhatsApp Channel juga menjadi tempat komunikasi satu arah dari seseorang atau kelompok.

Dengan fitur baru WhatsApp ini, individu atau kelompok dapat menyampaikan informasi atau pendapat kepada pengikut mereka dengan mudah.

Awalnya, hanya mereka yang merupakan relasi tertentu dengan akun yang sudah terverifikasi yang dapat memiliki Channel. Namun, di masa mendatang akan dipertimbangkan untuk para pihak yang memiliki akun lain untuk membuat Channel.

Sehingga para pengguna WhatsApp dapat dengan bebas mengikuti Channel yang diinginkan dan tidak akan ada personalisasi yang dilakukan oleh WhatsApp.

Cara Membuat Saluran di WhatsApp

Pembuatan saluran atau channel WhatsApp dapat dilakukan dengan mudah, karena pengguna hanya perlu melakukan beberapa langkah saja.

Bagi pengguna yang ingin membuat Saluran atau Channel di WhatsApp, dapat menyimak tutorialnya pada uraian yang akan dibagikan di bawah ini.

Langkah-langkah membuat Saluran di WhatsApp yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama, buka akun WhatsApp.
  • Kemudian klik tab “Pembaruan” dan klik “Mulai”, lalu tambahkan nama saluran.
  • Nama Channel atau Saluran WA ini dapat diubah kapan saja. Lalu tambahkan deskripsi saluran.
  • Kemudian, tambahkan ikon Channel WA dari telepon atau web.
  • Selanjutnya, klik “Buat saluran” dan fitur Channel WA ini akan muncul di tab/menu “Updates” atau “Pembaruan”.

Cara Membagikan Saluran atau Channel WhatsApp

Setelah cara membuat Saluran di WhatsApp berhasil dilakukan, WhatsApp channel tersebut sudah siap untuk digunakan.

Pengguna juga dapat membagikan tautan tentang saluran tersebut kepada kontak mereka dengan cara yang mudah.

Langkah-langkah membagikan Saluran atau Channel yaitu sebagai berikut:

  • Buka saluran WhatsApp dengan mengeklik ikon “Saluran”.
  • Kemudian klik saluran dan nama saluran Anda.
  • Selanjutnya klik “Salin tautan”, kemudian kirim ke orang yang Anda tuju.
  • Perlu diperhatikan bahwa, walaupun saluran WhatsApp sudah mulai diluncurkan namun belum tersedia untuk semua orang karena WhatsApp akan meluncurkan fitur ini secara bertahap.

Cara bergabung di Saluran WhatsApp

Cara bergabung di Saluran atau Channel WhatsApp yaitu sebagai berikut:

  • Klik menu Pembaruan WhatsApp terlebih dahulu.
  • Gulir ke bawah sampai menemukan menu “Saluran”. Di bagian ini, akan disajikan dengan rekomendasi akun Channel WhatsApp yang bisa diikuti.
  • Anda juga dapat klik menu “Cari Saluran” untuk menemukan sendiri akun saluran yang akan diikuti sesuai dengan keinginan Anda.
  • Pada opsi “Cari Saluran”, Anda dapat mencari akun saluran berdasarkan beberapa kategori, seperti “paling aktif”, “populer”, atau “wilayah”.
  • Setelah menemukan channel yang sesuai keinginan, silakan klik ikon tambah dan secara otomatis channel akan langsung ditambahkan ke daftar saluran di menu pembaruan WhatsApp.
  • Tampilan daftar status WA akan berubah menjadi horizontal atau menyamping seperti tampilan Instagram Story setelah berhasil ditambahkan.

Fungsi Saluran atau Channel WhatsApp

Cara membuat Saluran di WhatsApp harus diketahui, namun fungsi dari fitur tersebut juga penting agar dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Saluran atau Channel WhatsApp merupakan fitur terbaru dari WhatApp yang dirilis secara resmi pada bulan September .

Fitur ini mirip dengan fitur Channel yang ada di Telegram dan memungkinkan penggunanya bisa mendapatkan berita terkini dari akun yang diikutinya.

Fitur ini juga bersifat komunikasi satu arah yang artinya, hanya admin channel saja yang bisa mengirimkan pesan.

Selain itu, bagi pengguna WhatsApp yang mengikuti Channel tertentu juga akan disuguhkan dengan tampilan status WA yang berubah menjadi horizontal dan mirip dengan Instagram Story.

Fitur Saluran atau Channel ini memiliki fungsi yang penting sehingga dibuat dan dirilis oleh WhatsApp.

Fungsi fitur Saluran atau Channel WhatsApp yaitu sebagai berikut:

1. Pengguna WhatsApp Bisa Mendapatkan Informasi Terkini

Para pengguna WhatsApp dapat lebih mudah dalam menerima berita terbaru dengan mengikuti Channel WA dari akun instansi/perusahaan atau organisasi tertentu.

2. Informasi Dapat Disiarkan ke Banyak Orang

Channel atau Saluran WhatsApp ini bisa dimanfaatkan oleh sebagian pengguna WhatsApp terutama yang bekerja pada sebuah instansi, perusahaan, atau organisasi untuk menyiarkan informasi penting ke banyak orang dengan lebih mudah dan cepat.

3. Interaksi Secara Anonim

Di Channel WhatsApp yang bisa mengirim pesan hanya akun yang berperan sebagai admin saja, sehingga pengguna yang tergabung di Channel WhatsApp hanya bisa memberikan respon lewat reaksi emoji.

Selain itu, antara admin dan pengguna yang berada di satu kanal juga sama-sama tidak dapat melihat nomor telepon pribadi. Hal ini akan membantu pengguna dalam menjaga keamanan data pribadinya.

Kelebihan Fitur WhatsApp Channel

Fitur WhatsApp Channel akan memberikan pengalaman kepada para pengguna WhatsApp dengan lebih baik lagi.

Beberapa kelebihan fitur WhatsApp Channel yaitu sebagai berikut:

1. Informasi Secara Privat Dapat Diterima

Fitur WhatsApp Channel adalah cara baru bagi para pengguna WhatsApp untuk menerima informasi penting dari individu atau organisasi secara privat dan langsung melalui WhatsApp.

2. Keamanan Privasi Lebih Terjaga

Fitur WhatsApp Channel telah dilengkapi dengan keamanan privasi tingkat tinggi, termasuk kerahasiaan dan informasi pribadi milik admin dan pengikut Channel.

Jadi fitur WhatsApp Channel ini sangat aman untuk digunakan karena informasi pribadi tidak akan disebarkan.

3. Muncul di Tab Pembaruan

Fitur WhatsApp Channel akan muncul pada tab ‘Pembaruan’, sehingga pengguna bisa melihat status dan Channel yang diikuti secara langsung.

4. Tidak Terenkripsi

WhatsApp Channel atau Saluran tidak akan dienkripsi secara end-to-end karena bertujuan untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara membuat Saluran di WhatsApp dan beberapa informasi penting lainnya seputar aplikasi WhatsApp yang dapat dipelajari dan diterapkan.

Fitur Saluran atau Channel WhatsApp memungkinkan pengguna WA dapat mendapatkan informasi yang relevan secara langsung dengan cara mengikuti saluran milik individu atau organisasi.

Setelah menerapkan langkah yang kami bagikan di atas, kini Anda bisa memanfaatkan fitur Channel tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button