Blog

Cara Menampilkan Titik Koordinat di Foto

Bagaimana Cara Menampilkan Titik Koordinat di Foto
Setiap orang yang mencari informasi mengenai teknik menunjukkan titik koordinat di sebuah gambar bisa merasakan kenyamanan di sini karena kami menyajikan penjelasannya untuk Anda. Ponsel modern pada dasarnya sudah dilengkapi dengan sistem GPS bawaan dan sudah terintegrasi dengan hampir semua aplikasi yang ada di ponsel, termasuk kamera.

Saat Anda mengambil sebuah foto, sistem GPS akan secara otomatis merekam informasi seputar foto tersebut. Informasi seperti ISO yang digunakan hingga lokasi pengambilan foto akan ditampilkan secara singkat dalam bagian “Detail” foto. Pertanyaannya, bagaimana cara men-setting dan menampilkan titik koordinat lokasi secara rinci di fotonya?

Untuk menampilkan titik koordinat di foto, Anda perlu menggunakan suatu aplikasi, salah satunya adalah aplikasi Open Camera.

Langkah-Langkah untuk Menampilkan Titik Koordinat di Foto

Nah, berikut ini kami akan membahas dan membagikan informasi tentang cara menampilkan titik koordinat di foto dan informasi penting lainnya yang perlu diketahui.

1. Menggunakan Aplikasi Open Camera

Seperti yang telah dijelaskan di awal, untuk dapat menampilkan atau men-setting koordinat di foto alias Geotagging, Anda harus menginstall aplikasi bernama Open Camera.

Open Camera adalah salah satu aplikasi kamera pihak ketiga untuk Android yang cukup populer dengan nilai review 4,2/5. Keuntungan dari aplikasi ini adalah ketersediaan fitur yang cukup lengkap dan penggunaannya yang mudah.

Untuk cara menampilkan titik koordinat di foto menggunakan aplikasi Open Camera sebagai berikut:

1. Install Aplikasi Open Camera dan Atur Pengaturan Geotagging

Pertama, yang harus Anda lakukan adalah menginstall aplikasi Open Camera di smartphone melalui link berikut ini (Download Aplikasi Open Camera). Setelah aplikasi terinstall, buka aplikasi tersebut dan akan langsung menampilkan sebuah papan informasi yang berisi ulasan seputar aplikasi, serta panduan penggunaannya dalam bahasa Inggris.

  • Anda bisa langsung tekan OK jika sudah selesai membacanya.
  • Di sana Anda akan melihat informasi yang tercantum pada kamera di sisi kiri atas berupa jam dan kapasitas memori internal atau eksternal yang digunakan sebagai penyimpanan kamera.
  • Kemudian Anda bisa mengatur pengaturan Geotagging dengan cara klik simbol “Pengaturan” yang ada di bagian kiri atas layar kemudian geser ke bawah sampai Anda menemukan pilihan “Pengaturan lokasi”.
  • Setelah itu, Anda akan menemukan 3 pilihan, mulai dari “Simpan data lokasi”, “Simpan arah kompas”, dan “Memerlukan data lokasi”; silahkan centang semuanya dan pastikan semuanya sudah tercentang.

2. Aktifkan Fitur Location di Smartphone dan Pilih Objek yang Diinginkan

Satu hal yang sangat penting dalam menggunakan aplikasi Open Camera adalah mengaktifkan fitur Location di smartphone Anda. Karena jika fitur ini tidak diaktifkan, maka aplikasi Open Camera tidak akan bisa digunakan.

Untuk cara menampilkan titik koordinat di foto menggunakan aplikasi Open Camera yaitu sebagai berikut:

Setelah selesai memotret, maka Anda bisa melihat titik koordinat foto yang baru saja diambil dengan cara buka Galeri foto Open Camera yang ada di sebelah kanan bawah. Kemudian Anda bisa melihat berbagai macam informasi secara detail dan lengkap, mulai dari tanggal, waktu pemotretan, dan yang paling menarik adalah informasi titik koordinat pengambilan gambar.

2. Menggunakan Aplikasi Timestamp Camera Free

Aplikasi lain yang dapat digunakan untuk menampilkan titik koordinat di foto adalah aplikasi Timestamp Camera Free.

Timestamp Camera Free memiliki fitur keterangan alamat, tanggal dan waktu pada hasil kamera foto sehingga sangat bisa diandalkan untuk menampilkan titik koordinat pada sebuah gambar atau foto.

Untuk cara menampilkan titik koordinat di foto menggunakan aplikasi Timestamp Camera Free yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, download dan install aplikasi Timestamp Camera dari Google Playstore atau melalui tautan berikut ini (Download Aplikasi Timestamp Camera Free).
  • Setelah terinstal, Anda bisa membuka aplikasi Timestamp Camera Free kemudian klik Ikon Waktu di sebelah bawah kanan layar.
  • Kemudian pada bagian menu Settings, silahkan klik tombol None yang berada di bawah tombol Bottom Right.

3. Menggunakan Aplikasi Map Camera

Aplikasi ketiga yang bisa digunakan untuk menampilkan titik koordinat di foto adalah aplikasi Map Camera.

  • Unduh dan install GPS Map Camera melalui link berikut ini (Unduh Aplikasi GPS Map Camera).
  • Lalu buka aplikasinya setelah berhasil terpasang.
  • Lalu klik ikon ‘Style Screen’ yang ada di bagian atas kemudian aktifkan ‘Address + Lat/Lng (Both)’ agar hasil fotonya terdapat keterangan titik koordinat.

4. Melalui Pengaturan Kamera

Jika ponsel Android Anda mendukung fitur untuk menampilkan titik koordinat pada gambar yang diambil, maka bisa lebih mudah cara untuk menampilkannya.

  • Buka kamera yang ada di HP Anda kemudian masuk ke pengaturannya dengan cara klik ikon gear yang ada di ujung kanan atas.
  • Setelah itu, carilah bagian pengaturan lokasi geografis kemudian aktifkan fitur tersebut dengan cara menggeser tombolnya.

Cara Membagikan Titik Koordinat Foto

Informasi penting yang akan kami sampaikan adalah cara membagikan titik koordinat foto. Setelah mengetahui titik koordinat di foto, maka Anda dapat membagikan titik koordinat tersebut baik untuk diri sendiri ataupun orang lain.

1. Menggunakan iPhone dan iPad

  • Unduh aplikasi Google Maps di Play Store atau melalui link berikut ini (Unduh Aplikasi Google Maps).
  • Kemudian buka aplikasi Google Maps dari layar Home lalu letakkan pin di lokasi yang diinginkan.
  • Lanjutkan langkah dengan klik link yang didapatkan dari Google Maps sebelumnya lalu carilah titik koordinat garis lintang dan garis bujur.

2. Menggunakan Android

  • Buka aplikasi Google Maps yang telah diinstall sebelumnya.
  • Kemudian letakkan pin pada tempat yang diinginkan lalu cari lokasi pada peta.
  • Langkah terakhir, untuk menyimpan semua settingan yang telah dibuat silahkan klik tombol OK dan Anda bisa mencoba untuk mengambil gambar foto dengan aplikasi tersebut.

3. Menggunakan Komputer

  • Buka situs Google Maps melalui tautan berikut ini (Kunjungi Situs Resmi Google Maps).
  • Lalu cari alamat yang diinginkan kemudian ketik alamat sespesifik mungkin dan Google Maps biasanya akan memunculkan beberapa daftar pilihan.

Penutup

Dengan menampilkan titik koordinat dan nama lokasi secara otomatis pada gambar hasil foto, maka bisa sangat membantu kita dalam berbagai aktivitas lapangan. Karena secara langsung kita dapat mengetahui di mana lokasi pengambilan gambar tersebut dan sangat membantu saat membuat laporan kegiatan. Semoga informasi yang telah kami bagikan bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam menjalankan proses menampilkan titik koordinat di foto . Terima kasih!

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button