Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET Android

Cara Mengatasi Kesalahan ERR_CONNECTION_RESET pada Perangkat Android

Saat Anda mengakses sebuah situs web, mungkin Anda pernah mengalami situasi yang menjengkelkan di mana browser tiba-tiba menampilkan pesan kesalahan ERR_CONNECTION_RESET.

ERR_CONNECTION_RESET adalah pesan kesalahan yang sering terjadi saat terjadi gangguan koneksi, khususnya saat Anda menggunakan browser populer seperti Google Chrome.

Anda tidak perlu khawatir, karena sudah ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ERR_CONNECTION_RESET yang sebenarnya cukup mudah diikuti.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ERR_CONNECTION_RESET muncul saat koneksi antara browser pengguna dan server terputus. Error tersebut menghentikan aliran data secara mendadak.

Pesan kesalahan ini adalah tanda adanya gangguan pada koneksi internet yang sedang terhubung, sehingga situs web yang ingin Anda akses tidak bisa dijangkau.

Sebagai pengguna browser Chrome, Anda mungkin pernah menemui pesan kesalahan ERR_CONNECTION_RESET, meskipun hal itu juga bisa terjadi pada browser lain.

Untuk solusi lebih jelas, berikut ini adalah ulasan Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET Android yang kami sediakan.

Penyebab ERR_CONNECTION_RESET

Berikut adalah beberapa penyebab ERR_CONNECTION_RESET yang perlu Anda pahami sebelum mencari solusinya:

– Jaringan lokal atau Wi-Fi terganggu. Gangguan pada koneksi Wi-Fi, sinyal lemah, atau terputus bisa menyebabkan pesan kesalahan “Err_Connection_Reset” muncul.
– Server hosting website bermasalah. Beban server yang berlebihan, gangguan listrik, dan konfigurasi server yang tidak tepat bisa menjadi penyebabnya.
– Kemungkinan website diblokir oleh ISP. Beberapa Internet Service Provider mungkin memblokir akses ke situs web tertentu.
– Cache dan cookies browser penuh atau rusak. Cache dan cookie browser yang corrupt bisa menyebabkan ERR_CONNECTION_RESET.
– Firewall atau software keamanan memblokir koneksi. Firewall atau antivirus terkadang salah memblokir koneksi yang sebenarnya aman.
– Masalah pada pengaturan VPN. Penggunaan VPN bisa menyebabkan konflik jaringan dan munculnya error koneksi direset.
– Driver perangkat tidak kompatibel. Error pada driver bisa menyebabkan gangguan pada komunikasi jaringan.
– Pengaturan TCP/IP perlu dikonfigurasi ulang. Konfigurasi TCP atau IP bisa membantu menyesuaikan parameter jaringan.
– Masalah dengan DNS. DNS yang bermasalah bisa menyebabkan pesan error ERR_CONNECTION_RESET.
– Konfigurasi proxy yang tidak sesuai.

Dengan memahami beberapa penyebab error ERR_CONNECTION_RESET, Anda dapat merencanakan solusi yang paling tepat untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET pada Android

Untuk mengatasi masalah ERR_CONNECTION_RESET pada perangkat Smartphone Android, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

1. Memeriksa Koneksi Internet

Pastikan koneksi internet yang digunakan cukup baik untuk mengakses website. Kadang-kadang akses internet yang lambat menjadi penyebab utama masalah ini.

2. Menyalakan Mode Pesawat Selama 1 Menit

Menyalakan mode pesawat pada perangkat smartphone dapat membantu merefresh koneksi internet yang sedang digunakan.

3. Menggunakan VPN

Menggunakan VPN adalah cara yang ampuh untuk mengatasi masalah serupa.

Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET pada Desktop

Setelah mengetahui Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET Android, berikut cara mengatasi ERR_CONNECTION_RESET pada Desktop:

1. Memeriksa Browser dan Website

Memeriksa browser dan website yang diakses dapat membantu menyelesaikan masalah ini. Cobalah menggunakan browser lain dan periksa kembali website yang diakses.

2. Memeriksa Settingan Proxy

Memeriksa pengaturan proxy dan menonaktifkannya jika diperlukan adalah solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ERR_CONNECTION_RESET.

3. Membersihkan Cache Browser

Membersihkan cache browser adalah langkah sederhana yang bisa membantu mengatasi masalah ini.

4. Menghapus Entri Katalog Winsock

Menghapus entri katalog pada Winsock dapat membantu pengguna Windows memperbaiki masalah ERR_CONNECTION_RESET.

5. Restart Router

Mereboot router juga bisa membantu memperbaiki kesalahan error.

6. Menonaktifkan Firewall dan Anti Virus

Menonaktifkan firewall dan antivirus sementara dapat membantu memastikan situs web yang diinginkan dapat diakses dengan lancar.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi kesalahan ERR_CONNECTION_RESET pada perangkat Android. Sebelum mencari solusinya, penting untuk memahami penyebab dari masalah tersebut agar solusi yang ditemukan tepat. Jika Anda merasa informasi ini bermanfaat, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman atau kerabat Anda yang mungkin membutuhkannya. Terima kasih atas waktu yang telah Anda luangkan untuk membaca ulasan ini.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button