Cara Mengetahui No Kartu ATM BRI 16 Digit yang Hilang




Cara Melacak Nomor Kartu ATM BRI yang Hilang

Cara Melacak Nomor Kartu ATM BRI 16 Digit yang Hilang – Umumnya, nomor kartu ATM BRI 16 digit dapat dilihat pada fisik kartu ATM, namun saat kartu ATM BRI hilang atau rusak, masyarakat sering kali perlu mencari tahu nomor kartu ATM tersebut.

Nomor kartu ATM Bank BRI terdiri dari 16 digit angka yang tertera pada fisik kartu ATM maupun dapat diakses melalui internet banking dan aplikasi BRImo.

Karena pentingnya nomor kartu ATM atau nomor kartu debit BRI dalam melakukan transaksi, termasuk transaksi pembayaran online, diperlukan kehati-hatian karena nomor kartu ATM BRI berbeda dengan nomor rekening.

Menurut informasi dari www.bri.co.id, nomor kartu ATM BRI yang terdiri dari 16 digit angka tertera di depan kartu fisik ATM bersifat rahasia karena berisi informasi dan identitas nasabah sebagai pemilik rekening.

Oleh karena itu, nasabah diharapkan menjaga keamanan nomor tersebut untuk mencegah akses yang tidak diinginkan seperti pembobolan rekening. Setiap kombinasi angka di kartu ATM BRI memiliki makna tersendiri, sehingga setiap nasabah memiliki nomor kartu yang unik. Sebagai contoh, digit pertama menggunakan angka 4 menunjukkan kartu nasabah menggunakan jaringan visa, sedangkan jika digit pertama menggunakan angka 5 maka kartu nasabah tersebut menggunakan jaringan Mastercard.

Lima digit setelah angka pertama merupakan identitas dari bank penerbit kartu, sedangkan sembilan digit lainnya adalah identitas dari nasabah atau pemilik kartu. Inilah penjelasan singkat mengenai nomor kartu ATM BRI yang berbeda dari nomor rekening.

Jika kartu ATM BRI hilang, langkah-langkah untuk mengetahui nomor kartu yang digunakan dapat dilihat di bawah ini.

1. Cara Melacak Nomor Kartu ATM BRI 16 Digit yang Hilang melalui Kartu Fisik

Menurut customer service BRI, cara paling mudah untuk melacak nomor kartu ATM BRI 16 digit yang hilang adalah dengan memeriksa fisik kartu debit. Pastikan kondisi kartu masih baik dan semua angka tertera dengan jelas.

16 digit nomor kartu nasabah dapat ditemukan di bagian depan kartu, yang kemudian dapat dicatat dan disimpan dengan aman jika tinta di kartu mulai pudar atau terlihat samar.

2. Cara Melacak Nomor Kartu ATM BRI 16 Digit yang Hilang Melalui Internet Banking

Selain melalui kartu fisik, nomor kartu ATM BRI juga dapat dilihat melalui layanan internet banking. Saat sedang bepergian tanpa membawa kartu ATM, pastikan untuk menggunakan fasilitas internet banking BRI agar dapat melihat nomor kartu debit.

Berikut langkah-langkah melacak nomor kartu ATM BRI 16 digit yang hilang melalui internet banking:

  • Buka internet banking BRI di alamat ib.bri.co.id atau kunjungi melalui link https://ib.bri.co.id/ib-bri/ dan lakukan login.
  • Masuk ke menu riwayat transaksi setelah berhasil login.
  • Pastikan untuk memiliki riwayat transaksi sebelumnya agar dapat melihat nomor kartu ATM.
  • Jika belum, lakukan transaksi terlebih dahulu, kemudian buka menu “Status Transaksi”.
  • Sistem akan menampilkan 16 digit nomor kartu ATM BRI.

3. Cara Melacak Nomor Kartu ATM BRI 16 Digit yang Hilang melalui BRImo

Untuk mengetahui nomor kartu ATM BRI 16 digit yang hilang, dapat dilakukan melalui aplikasi BRImo:

  • Buka aplikasi Mobile Banking BRI di ponsel.
  • Masukkan username dan password.
  • Pilih menu Mutasi.
  • Pilih nomor rekening dan tanggal transaksi, kemudian tekan Cari.
  • Aplikasi BRImo akan menampilkan riwayat transaksi dengan 16 digit nomor kartu ATM BRI.

Informasi tambahan, nomor kartu ATM berfungsi sebagai identitas pemilik dan pihak bank yang menerbitkan kartu. Nomor kartu juga diperlukan untuk registrasi layanan perbankan seperti mobile banking (BRImo) atau internet banking.

Penutup

Itulah langkah-langkah untuk melacak nomor kartu ATM BRI 16 digit yang hilang yang telah dijelaskan secara rinci. Pilih salah satu cara yang dianggap mudah untuk mengetahui nomor kartu ATM BRI yang hilang.

Semoga informasi ini bermanfaat dan silakan bagikan ke sosial media jika dirasa berguna. Terima kasih.


Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button