Cara Mengetahui NOTAS Taspen

Cara Mengecek NOTAS Taspen – Setiap CPNS pasti akan menjadi peserta Taspen, dimana setiap peserta memiliki nomor Taspen masing-masing yang sangat penting. Saat melakukan pengisian data diri di aplikasi MySAPK, peserta akan diminta untuk mengisi nomor Taspen mereka.

Jika Anda lupa nomor Taspen, Anda dapat memeriksanya menggunakan nomor identitas pegawai (NIP) atau secara online melalui laman TaspenCare. Di bawah ini, kami akan memberikan informasi tentang cara mengetahui NOTAS Taspen

Apa itu NOTAS Taspen?

PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah BUMN yang fokus pada asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi ASN dan Pejabat Negara.

Sebagai penyelenggara Jaminan Sosial Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara, Taspen menyediakan program-program seperti Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun, JKK, dan JKM.

Kantor cabang utama dan cabang lainnya tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Taspen juga memiliki tiga anak perusahaan, yaitu PT Taspen Properti, PT Bank Mandiri Taspen, dan PT Asuransi Jiwa Taspen.

Itulah singkatnya tentang NOTAS Taspen. Selanjutnya, kami akan menunjukkan cara mengetahui NOTAS Taspen.

1. Cara Mengecek NOTAS Taspen Melalui NIP

Setiap CPNS memiliki NIP yang berisikan nomor unik yang berbeda-beda. Nomor ini juga termasuk kombinasi angka yang menjadi nomor Taspen.

2. Cara Mengecek NOTAS Taspen Melalui TaspenCare

TaspenCare merupakan layanan terintegrasi dari PT Taspen (Persero) yang dapat digunakan oleh peserta aktif dan pensiunan. Di dalam aplikasi TaspenCare, tersedia berbagai layanan seperti pengajuan pertanyaan, download formulir klaim, informasi jadwal layanan, dan kamus ketaspenan.

Peserta Taspen dapat menggunakan fitur “Pertanyaan dan Keluhan” di TaspenCare untuk mengecek nomor Taspen. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Masuk ke situs TaspenCare melalui link berikut: https://tcare.taspen.co.id/tcare/
  • Pilih opsi pertanyaan
  • Isi pertanyaan dengan NIP dan domisili
  • Tulis pesan pertanyaan
  • Input kode verifikasi
  • Kirim pertanyaan
  • Tunggu jawaban dari pihak TaspenCare
  • Cek histori keluhan atau pertanyaan untuk mengetahui nomor Taspen

Cara Cek Saldo Taspen

Setelah mengetahui NOTAS Taspen, kita juga perlu memeriksa saldo Taspen. Autentikasi biometric (suara, wajah, sidik jari) dapat digunakan untuk memastikan dana pensiun diterima oleh yang berhak.

Langkah-langkah cek saldo Taspen:

  • Unduh dan install Aplikasi Mobile Taspen di Play Store
  • Pilih menu SIMULASI
  • Pilih opsi ESTIMASI TMT BUP
  • Masukkan NIP atau nomor KPE
  • Informasi saldo Taspen akan muncul di aplikasi

Penutup

Itulah informasi mengenai cara mengetahui NOTAS Taspen. Taspen merupakan persiapan dana pensiun bagi PNS, sedangkan bagi bukan PNS disarankan untuk mendaftar asuransi jiwa untuk tabungan hari tua dan perlindungan finansial. Selamat mencoba!

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button