Cara Menghentikan HP di Hack

Apakah anda mengetahui HP sedang di hack, secepatnya lakukan tindakan pencegahan untuk melindungi data pribadi pada HP anda.

Jangan sampai foto, video atau dokumen anda lainnya tersebar ke publik atau dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Bagi para pengguna Ponsel pintar, data di dalam handphone sungguhlah penting! Mengingat sering dipakai sehingga banyak dari mereka yang menyimpan data pribadinya di HP.

Nah, kebiasaan inilah yang dimanfaatkan oleh hacker untuk mendapatkan data pribadi dalam Ponsel anda atau orang yang sudah ditargetkan menjadi korban lainnya demi keuntungannya sendiri.

Untuk menanggulangi, anda perlu mengetahui bagaimana cara menghentikan HP di hack! Untuk informasi lebih jelas dan lengkapnya akan kami bagi dibawah ini.

Tanda-tanda HP di Hack

Sebelum menyebar bagaimana cara menghentikan HP di hack, terlebih dahulu ketahui apa saja tanda-tanda HP yang di hack.

1. Baterai Cepat Habis

Tanda-tanda HP yang di hack pertama adalah baterai ponsel cepat habis, hal ini biasanya disebabkan oleh aplikasi yang diinstall hacker harus terus bekerja di belakang layar tanpa terlihat.

Aplikasi tersebut harus terus berjalan untuk mengirim semua data dari HP anda, hal tersebut membuat baterai menjadi cepat habis dan panas.

Itulah mengapa kami katakan penting mengetahui berapa lama biasanya baterai HP anda bertahap (Misalnya normal, termasuk untuk streaming dan gaming), baterai habis dalam 20 jam.

Anda dapat menjadikan angka tersebut sebagai patokan, kalau tiba-tiba daya tahap baterai merosot tajam anda perlu waspada.

2. Terpasang Aplikasi Aneh Tanpa Anda Ketahui

Biasanya cara hacker untuk menyadap adalah dengan memasang aplikasi khusus di HP korban, menariknya aplikasi ini bisa disembunyikan oleh hacker.

Kalau anda melihat ada aplikasi aneh terpasang otomatis di HP, mungkin saja anda sedang diawasi oleh seseorang (Disadap).

Tidak hanya itu, aplikasi aneh juga dapat terpasang otomatis di HP anda ketika membuka website yang sudah di susupi oleh Malware.

Usahakan jangan membuka situs terlarang atau yang mengundang muatan negatif, karena aplikasi pengintai bisa mencuri semua data pribadi anda dalam waktu sekejap.

3. Performa Melambat

Lalu lintas data akan dimonopoli aplikasi hacker sehingga aplikasi lain akan ikut terganggu, aplikasi sistem yang membutuhkan internet juga akan terganggu sehingga kinerja HP menjadi lambat.

Apabila kinerja Smartphone anda menjadi lambat, maka tidak menutup kemungkinan HP anda sedang di hack.

4. Kuota Internet Boros

Tanda HP di hack lainnya adalah masih berhubungan dengan aplikasi aneh yang di install hacker, cara kerja dari aplikasi tersebut adalah dengan mengirimkan data ke hacker.

Hal tersebut sudah pasti membuat kuota internet anda akan cepat habis, aplikasi akan secara terus-menerus mentransfer data keluar sampai semua data anda dikuasai oleh hacker.

Apabila hal ini terjadi, segera matikan sinyal seluler untuk mencegah aplikasi terhubung ke hacker.

Jangan hubungan HP anda dengan WiFi karena aplikasi juga dapat bekerja dengan bantuan internet dari WiFi.

Parahnya lagi, jika terhubung ke wifi rumah ada kemungkinan sang hacker dapat mengakses perangkat lain yang terhubung ke jaringan yang sama.

5. Muncul Aktivitas Aneh di HP dan Aplikasi

Pernah mengalami HP tiba-tiba mendapatkan banyak telepon masuk dan SMS? Beberapa orang tentu pernah mengalami aplikasi chat atau sosmed miliknya tiba-tiba mengirim pesan aneh ke orang lain.

Hacker juga dapat mencuri data di sosial media anda dan mengubah settingan profil serta informasi pribadi lainnya.

Tanda-tanda HP yang di hack ini sudah sering ditemukan, terutama saat nomor SIM anda tidak bisa menerima panggilan atau SMS.

Hal ini terjadi karena hacker sudah mengcloning SIM Card anda, kalau ini terjadi segera hubungi pihak Operator.

Langkah Menghentikan HP di Hack

Anda pasti sudah tahu bahwa tindakan pencegahan lebih baik dari pada mengatasi, untuk melakukan cara menghentikan HP di hack anda bisa melakukan beberapa tips dibawah ini.

1. Matikan Data Saat Tidak Sedang Digunakan

Aplikasi hacker tetap berjalan di latar belakang, aplikasi ini terus mengirimkan data dari HP anda ke hacker via internet.

Kalau anda tidak sedang menggunakan Smartphone, disarankan segera mematikan koneksi data seluler atau wifi.

Setelah itu, periksa di daftar aplikasi pada menu Setting dan periksalah apakah ada aplikasi aneh yang sedang berjalan atau tidak.

Metode ini paling efektif untuk memutuskan koneksi aplikasi ke hacker.

2. Tidak Sembarangan Install Aplikasi

Aplikasi yang tersedia di Play Store sebenarnya tidak semuanya aman, anda bahkan sering mendengar kalau ada aplikasi yang di Blacklist Google karena mengandung Malware berbahaya.

Aplikasi yang disusupi malware dapat mengakses semua data pribadi anda yang tersimpan di Smartphone.

Bahkan malware juga dapat mengumpulkan data penting dari browser, email, sosmed, dan aplikasi chat yang anda gunakan.

Untuk mencegah perangkat terserang malware, jangan pasang aplikasi dari developer yang tidak jelas! Hindari juga pemasangan aplikasi (APK) dari website asing (Bukan dari PlayStore).

3. Pasang Aplikasi Anti Malware

Anda dapat memasang aplikasi Anti Virus atau anti malware untuk mencegah HP di hack, aplikasi ini dapat mendeteksi malware dan segera menghapusnya.

Meskipun Android sudah memilik sistem keamanan sendiri, akan lebih baik kalau anda menambahnya dengan aplikasi anti malware khusus Smartphone.

Apabila anda membutuhkan aplikasi anti malware yang bagus, anda bisa mengunjungi website kami dan dapatkan aplikasi yang sesuai dan aman.

4. Aktifkan Kode Keamanan 2 Tahap (Two Verification)

Beberapa aplikasi email, chat, sosmed, sampai toko online sudah menyediakan fasilitas 2 Step Verification.

Fungsinya adalah untuk memberi keamanan tambahan ketika user ingin Login ke akun mereka.

Setelah memasukkan User dan Password, aplikasi akan mengirimkan kode OTP sekali pakai ke nomor HP atau Email yang terdaftar.

Kalau tiba-tiba anda memperoleh SMS atau email yang berisi kode OTP, bisa jadi akun anda sedang coba diretas.

Segera lakukan pergantian akun password pada akun yang terancam diretas dan ganti kata sandi email untuk menerima OTP supaya lebih aman.

Langkah Mengatasi HP di Hack

Setelah mengetahui bagaimana cara menghentikan HP di Hack, berikutnya adalah cara mengatasi jika perangkat anda sudah terlanjur di hack.

1. Ubah Semua Password

Cara terbaik untuk mengatasi Smartphone yang di hack adalah dengan Sign Out dan mengganti semua Password akun Email, Chat, Sosmed dan game anda.

Apabila anda memiliki aplikasi Banking, segera lakukan perubahan password dan PIN!

Apabila anda menyimpan informasi data kartu kredit di web e-Commerce, disarankan segera hapus dan ganti Password.

Perlu diingat! Jangan gunakan password yang pernah digunakan sebelumnya dan hindari menggunakan nama sendiri atau tanggal lahir sebagai password.

Kombinasikan password dengan angka, huruf kecil dan besar, juga gunakan karakter unik.

2. Matikan Pengalihan Panggilan

Untuk mengatasi HP yang di hack berikutnya adalah dengan mematikan pengalihan panggilan (Call Forwading).

Walaupun anda tidak pernah mengalihkan panggilan, namun hacker tentu sudah mengalihkannya sehingga anda tidak dapat menerima panggilan telepon lagi.

Untuk mengetahui apakah telepon anda di sadap, tekan kode USSD *#21# pada panggilan telepon anda.

Lalu akan muncul apakah panggilan dan SMS anda sedang dialihkan, kalau pengalihan panggilan bisa jadi telepon anda sedang disadap.

3. Lakukan Factory Reset

Setelah semua cara diatas dicoba, cara lainnya adalah dengan melakukan Factory Reset! Fitur ini akan menghapus semua data, aplikasi dan settingan di HP anda.

Termasuk aplikasi yang di instal oleh hacker juga akan ikut terhapus semua.

Cara Hard Reset di setiap merek Smartphone berbeda-beda, akan tetapi fitur ini dapat anda temukan di menu Setting.

4. Putus Koneksi HP ke Laptop

Apabila anda sering menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghubungkan HP ke Laptop, segera matikan saat HP anda terkena hack.

Tujuannya adalah supaya hacker tidak bisa lebih jauh mengakses perangkat lainnya yang juga terhubung dengan aplikasi di HP anda.

Seperti yang diketahui bahwa WhatsApp merupakan aplikasi yang sering menjadi sasaran hacker.

Kalau anda menggunakan WhatsApp Web di laptop, segera Logout dan ganti password!

Penutup

Itulah seluruh pembahasan tentang cara menghentikan Hp di hack, lengkap dengan tanda-tanda dan cara pencegahannya yang perlu diketahui.

Dengan mengetahui beberapa informasi yang kami bagi diatas, anda bisa terhindar dari pencurian data pribadi yang sedang di rencakan hacker kepada anda.

Semoga informasi diatas dapat membantu anda supaya lebih waspada dengan keamanan data di Smartphone. Sekian dan semoga bermanfaat.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button