Cara Menghilangkan Saluran di WhatsApp



Cara Menonaktifkan Channel di WhatsApp – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan yang sangat populer di Indonesia. Di versi terbarunya, WhatsApp memiliki fitur Channels atau saluran WhatsApp yang memudahkan admin untuk mengirim pembaruan, pesan, dan media penting kepada sekelompok pengguna sekaligus.

Saluran WhatsApp dapat dianggap sebagai platform komunikasi satu arah yang dirancang khusus untuk menjaga para pengguna tetap terinformasi dan terlibat.

Fungsi utama dari fitur saluran ini adalah memberikan metode sederhana, andal, dan pribadi dalam interaksi dengan audiens.

Saluran WhatsApp dapat diakses melalui tab “Pembaruan”, di mana Anda dapat dengan mudah melihat status dan daftar saluran WhatsApp yang dapat diikuti.

Namun, WhatsApp juga menyediakan layanan berbayar atau monetisasi saluran untuk konten kreator yang menggunakan saluran WhatsApp.

WhatsApp juga menjamin privasi dengan tidak menampilkan nomor telepon admin dan pengguna yang terdapat di dalam saluran tersebut. Meskipun demikian, beberapa orang mungkin tidak ingin menggunakan fitur ini karena risih dengan pesan-pesan yang dikirimkan melalui saluran tersebut.

Jika Anda ingin menonaktifkan saluran di WhatsApp secara permanen, berikut adalah cara menonaktifkan saluran di WhatsApp. Namun, sebelum itu, mari pahami lebih lanjut tentang saluran WhatsApp.

Apa Itu Saluran atau Channel WhatsApp?

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, sebelum kita mempelajari cara menonaktifkan saluran di WhatsApp, pastikan Anda memahami apa itu saluran atau channel di WhatsApp. Saluran atau channel merupakan fitur siaran privat satu arah di mana admin dapat mengirimkan teks, video, foto, stiker, dan polling kepada pengikutnya. Orang yang mengikuti saluran tidak dapat mengirim pesan, namun mereka dapat memilih untuk mengikuti saluran yang sesuai dengan minat mereka, seperti hobi, tim olahraga, dan sebagainya. Saluran ini berbeda dengan obrolan yang biasanya digunakan untuk chat sehari-hari. Nomor telepon dan foto profil admin saluran serta pengikutnya tidak mudah untuk diakses, mengamankan privasi serupa dengan fitur saluran yang terdapat di Instagram, karena keduanya berada di perusahaan Meta.

Syarat Menonaktifkan Saluran di WhatsApp

Sebelum Anda mempelajari cara menonaktifkan saluran di WhatsApp, pastikan Anda mengetahui syarat-syarat yang diperlukan. Berikut adalah syarat-syarat menghapus saluran di WhatsApp yang perlu Anda penuhi:
  • Pastikan Anda menggunakan versi terbaru WhatsApp yang mendukung fitur saluran atau channel. Jika Anda tidak yakin, periksa versi aplikasi WhatsApp Anda dengan membuka menu Setelan > Bantuan > Info Aplikasi. Jika belum terbaru, Anda dapat melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp di Google Play Store atau App Store.
  • Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat untuk menghindari kendala saat melakukan penghapusan saluran di WhatsApp.

Cara Menonaktifkan Saluran di WhatsApp Secara Permanen

Jika Anda sudah memahami apa itu saluran atau channel dan memenuhi syarat untuk menonaktifkannya, berikut langkah-langkah cara menonaktifkan saluran di WhatsApp secara permanen:
  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda dan masuk ke akun yang ingin dihapus salurannya.
  • Akses tab Pembaruan atau Updates. Di layar utama WhatsApp, temukan dan akses tab yang disebut Pembaruan atau Updates. Di sini, Anda dapat melihat daftar saluran yang Anda ikuti.
  • Pilih saluran yang ingin dihapus. Setelah itu, tahan nama saluran untuk memilih lebih dari satu saluran secara bersamaan.
  • Tekan ikon Tempat Sampah. Setelah memilih saluran yang ingin dihapus, tekan ikon tempat sampah di pojok kanan atas layar untuk menghapus saluran tersebut. Maka akan muncul konfirmasi untuk menghapus saluran.
  • Pilih Hapus. Setelah memilih Hapus, saluran akan dihapus dari tab pembaruan, dan Anda tidak akan lagi menerima notifikasi dari saluran tersebut.

Cara Menonaktifkan Saluran di WhatsApp Versi Terbaru

Ada juga langkah yang lebih mudah untuk menonaktifkan saluran di WhatsApp, yaitu dengan menggunakan versi WhatsApp yang lebih lama. Namun, Anda perlu mencadangkan obrolan sebelum menghapus aplikasi WhatsApp. Berikut langkah-langkah menonaktifkan saluran di WhatsApp versi terbaru:
  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih menu titik tiga. Pilih Setelan > Chat > Cadangkan Chat, kemudian pilih Cadangkan ke Google Drive.
  • Lakukan cadangkan obrolan, lalu hapus aplikasi WhatsApp.
  • Unduh WhatsApp versi lama, misalnya versi 2.23.11.77.
  • Instal aplikasi WhatsApp yang sudah diunduh.
  • Login menggunakan aplikasi WhatsApp tersebut, dan fitur saluran akan dihapus.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Setelah Menonaktifkan Saluran di WhatsApp

Jika Anda memutuskan untuk menonaktifkan saluran di WhatsApp, keputusan tersebut bersifat final dan tidak dapat dibatalkan. Pengguna yang sebelumnya mengikuti saluran Anda masih dapat melihat jejak saluran tersebut dengan pemberitahuan bahwa saluran telah dihapus. Namun, mereka tidak dapat dengan mudah menemukan saluran Anda dan konten lama saluran tersebut masih tersimpan di perangkat mereka. Sementara itu, orang yang baru ingin mengakses saluran Anda tidak akan dapat menemukannya dengan mudah, dan upaya membagikan tautan saluran ke orang lain juga akan sia-sia karena tautan tersebut tidak berlaku lagi.

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai Cara Menonaktifkan Saluran di WhatsApp yang telah disampaikan dengan rinci. WhatsApp selalu berinovasi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Namun, tidak semua fitur baru sesuai dengan selera semua pengguna. Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat menonaktifkan saluran di WhatsApp dengan mudah, namun tetap berhati-hati karena penghapusan bersifat permanen. Selamat mencoba!


Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button