Cara Otentikasi Taspen Supaya Berhasil

Cara Autentikasi Taspen Agar Sukses – PT Taspen (Persero) adalah sebuah perusahaan yang berfokus pada layanan asuransi, tabungan hari tua, dan dana pensiun untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sistem autentikasi menggunakan data biometrik yang dapat mengenali wajah peserta, dan layanan ini dapat mengintegrasikan informasi mengenai data peserta, keluarga peserta, mutasi, dan pembayaran secara digital. Otentikasi Taspen memudahkan proses klaim dana pensiun, meminimalkan kesalahan penerima data.

Agar lebih memahami bagaimana cara autentikasi Taspen agar sukses, simak informasi lengkapnya di artikel ini.

Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk mempermudah para pensiunan saat mengambil uang gaji atau uang pensiun. Dengan aplikasi ini, mereka tidak perlu lagi mengantri di bank atau kantor pos! Lalu, bagaimana cara autentikasi Taspen agar sukses? Simak penjelasannya di bawah ini.

Persyaratan Sebelum Menggunakan TASPEN Autentikasi

Proses autentikasi bersifat privasi sehingga harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Oleh karena itu, ada beberapa persyaratan yang perlu diketahui sebelum menggunakan Taspen, antara lain:
– Sudah melakukan perekaman data biometrik atau enrolment di kantor cabang Taspen atau mitra berbayar Taspen.
– Spesifikasi minimum OS untuk Android adalah Android 5.1.1+, sedangkan untuk iOS adalah 9.0+.
– Sudah mengunduh dan menginstall aplikasi Taspen autentikasi.
– Berada di tempat atau ruangan yang terang ketika proses autentikasi dilakukan agar wajah dengan mudah terdeteksi.
– Pastikan koneksi internet yang digunakan stabil dan berjalan lancar agar proses autentikasi berjalan tanpa kendala.
– Penerima pensiun harus melakukan autentikasi secara berkala, yaitu satu bulan sekali bagi penerima tunjangan veteran dan dana kehormatan, dua bulan sekali bagi penerima pensiun yang tidak memiliki ahli waris tertunjang, dan tiga bulan sekali bagi penerima pensiun yang masih memiliki ahli waris tertunjang.
– Pembayaran uang pensiun akan dihentikan sementara jika pensiunan tidak melakukan autentikasi selama 3 bulan.
– Penerima pensiun yang sudah meninggal atau anak tertunjang yang sudah dewasa/menikah/bekerja namun tidak melaporkan ke mitra bayar atau kantor cabang Taspen akan dikenakan biaya dari kelebihan bayar yang terjadi.

Cara Autentikasi Taspen Agar Sukses

Seperti yang dikutip dari taspen.co.id, aplikasi Taspen autentikasi memudahkan pensiunan untuk melakukan pembuktian fisik atas pembayaran dan pencairan dana pensiun.

Penerima pensiun hanya perlu mengarahkan kamera smartphone ke wajah mereka. Autentikasi tersebut wajib dilakukan agar dana pensiun diterima oleh pensiunan yang bersangkutan dan tidak salah sasaran.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara menggunakan Taspen autentikasi, simak tutorial berikut.

Adapun langkah-langkah cara autentikasi Taspen agar sukses yang bisa diikuti sebagai panduan, antara lain:
– Pertama, unduh dan instal aplikasi Taspen Autentikasi melalui Play Store atau App Store di perangkat masing-masing.
– Selanjutnya, buka aplikasi dan izinkan aplikasi mengakses smartphone.
– Masukkan Nomor Taspen (NOTAS) pada kolom yang tersedia dan klik “Autentikasi”.
– Pastikan posisi wajah sudah sesuai dengan bingkai yang tersedia pada aplikasi.
– Ikuti gerakan yang diminta, mulai dari menggelengkan kepala, mengangguk, mengucap huruf A, hingga mengedipkan mata.
– Jika proses autentikasi berhasil, akan muncul notifikasi bertuliskan “Autentikasi Berhasil. Terima kasih telah melakukan autentikasi bulan ini”.
– Selamat mencoba.

Cara Mengatasi Autentikasi Taspen Gagal atau Tidak Berhasil

Bagi pensiunan yang sering gagal melakukan autentikasi Taspen, kami akan berikan beberapa tips agar cara autentikasi Taspen agar sukses.

1. Pastikan Pencahayaan Terang

Usahakan saat melakukan autentikasi aplikasi Taspen pergi ke tempat yang terang atau hidupkan lampu jika diperlukan. Pastikan bagian bawah wajah terkena sinar atau cahaya agar bisa ditangkap oleh layar smartphone.

2. Gunakan Background Putih

Beberapa kali, proses verifikasi di aplikasi Taspen gagal karena penggunaan background sembarangan. Setelah mencoba menggunakan background tembok berwarna putih, proses verifikasi berhasil.

3. Hindari Gerakan Tidak Perlu

Gerakan wajah atau kepala yang tidak teratur dapat menghambat proses verifikasi. Usahakan posisi nyaman saat otentikasi berlangsung.

4. Gunakan HP dengan Kamera HD

Kualitas kamera yang kurang bagus bisa menjadi penyebab gagalnya otentikasi Taspen. Pastikan menggunakan smartphone dengan kamera yang jernih.

5. Gunakan Jaringan 4G atau WiFi

Kualitas sinyal yang bagus akan mempengaruhi keberhasilan dan kecepatan absen di Taspen. Gunakan jaringan internet yang mumpuni untuk mengirimkan data ke server aplikasi dengan mudah.

6. Lakukan di Waktu yang Efektif

Pilih waktu yang efektif untuk melakukan otentikasi, hindari waktu padat dan pastikan koneksi internet yang stabil.

Penutup

Dengan mengikuti tutorial yang kami bagikan, Anda bisa mengatasi masalah otentikasi Taspen yang selalu gagal. Pastikan menggunakan jaringan internet yang stabil dan mengikuti tahapannya dengan benar. Sekian dan semoga bermanfaat.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button