Cara Scan Ulang Set Top Box

Cara Scan Ulang Set Top Box

Jika Anda sedang mencari cara untuk melakukan scan ulang set top box, artikel ini akan memberikan panduan lengkapnya kepada Anda.

Proses scan ulang TV digital bisa dilakukan dengan mudah. Ada beberapa langkah yang memudahkan pengguna untuk menemukan saluran baru di TV digital. TV digital sendiri merupakan salah satu kampanye pemerintah untuk memindahkan saluran berbasis analog ke digital yang lebih jernih.

Sinyal TV digital berguna untuk menangkap informasi digital yang dipancarkan oleh satelit dan kemudian muncul di televisi. Program pemindahan TV digital kini sedang digalakkan untuk mengubah penggunaan TV Analog. TV digital diklaim memiliki kualitas yang lebih baik dari segi suara dan gambar.

Pada tanggal 2 November , penggunaan saluran TV Analog di Jabodetabek sudah dihentikan, dan pemberitahuan saluran TV Analog disusul di beberapa daerah lainnya.

Para pengguna TV Analog yang bermigrasi ke TV digital wajib mengetahui beberapa cara baik untuk setting ataupun scan ulang perangkat ini. Perangkat yang diperlukan dalam instalasi TV Digital adalah set top box atau STB sebagai penerima sinyal. Jadi, bagi anda yang penasaran bagaimana cara scan ulang set top box, sebaiknya mengetahui lebih dahulu bagaimana cara memasang set top box ke TV dengan mudah.

Cara Pasang Set Top Box ke TV

Langkah-langkah cara pasang atau menginstall Set Top Box TV Digital dengan mudah adalah sebagai berikut:

  • Pasang perangkat Set Top Box ke TV.
  • Hubungkan kabel antena UHF dari Booster ke Set Top Box.
  • Buka menu saluran via HDMI dengan bantuan remote.
  • Buka pengaturan set top box via remote STB.
  • Pilih “Satelit > terrestrial”.
  • Masukkan Nama sampai Kode Pos dan klik “OK”.
  • Tunggu pencarian otomatis untuk scan siaran TV Digital.
  • Selamat mencoba.

Cara Scan Ulang Set Top Box

1. Cara Scan Ulang Set Top Box TV Digital

Jika anda ingin melakukan scan ulang TV Digital, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu pengaturan di STB via Remote.
  • Pilih menu “Saluran” dan pilih menu “Pindai Saluran”.
  • Klik “Pencarian Otomatis” dan masukkan kode pos sesuai tempat tinggal.
  • Masuk ke mode penala ke antena dan tipe saluran digital.
  • Klik “Cari” dan pencarian akan berhenti ketika notifikasi selesai muncul.

Dengan adanya tutorial cara scan ulang TV digital dari Set Top Box diatas, anda bisa mengikutinya dengan mudah dan praktis.

2. Cara Scan Ulang Set Top Box Luby

Untuk men-scan ulang Set Top Box Luby sebenarnya sangat mudah. Pastikan STB terpasang dengan benar sehingga pencarian saluran televisi digital berhasil dilakukan.

Beberapa pengguna memilih Luby sebagai perangkat Set Top Box pilihan karena dirancang khusus dengan kemampuan menangkap sinyal dengan baik. Kualitas gambar yang didapatkan juga lebih tajam, begitu juga dengan banyaknya fitur menarik yang disematkan dalam STB Luby ini. Jika STB yang sudah terpasang belum dapat menampilkan siaran TV, pilihan terbaiknya adalah dengan melakukan scanning ulang.

Untuk melakukannya, cukup melakukan pencarian saluran secara otomatis via fitur yang disediakan di dalamnya. Berikut adalah langkah-langkah cara scan ulang set top box Luby untuk semua merk:

  • Pastikan pemasangan STB sudah tepat.
  • Nyalakan TV dan STB.
  • Ambil remote STB dan klik Menu.
  • Pilih menu “Cari/Pencarian” dan tekan OK.
  • Pilih menu Pencarian Otomatis, tekan OK untuk mencari saluran baru.
  • Tunggu beberapa menit sampai proses pemindaian saluran selesai dilakukan.
  • Kalau sudah selesai, STB akan menyimpan saluran dan akan muncul siaran sebagaimana mestinya.

3. Cara Scan Ulang Set Top Box Secara Manual

Cara scan ulang set top box dapat dilakukan secara otomatis atau manual. Scan otomatis adalah metode pencarian semua program Channel siaran yang sudah ditangkap sinyal digital.

Untuk scan manual merupakan pencarian program channel siaran yang sudah ditangkap sinyal digital secara individual atau satu persatu. Dengan melakukan scan Set Top Box akan menyecan semua siaran channel yang sudah ditangkap oleh TV Digital.

Jika siaran TV digital sudah terhubung, namun siaran Channel masih sedikit maka lakukanlah pemrograman dengan cara scan otomatis atau manual pada pengaturan STB anda.

Bagaimana Jika Siaran Tidak Muncul?

1. Pastikan Pemasangan STB Tepat

Gunakan kabel RCA jika dipasang ke TV Tabing, dan gunakan HDMI jika TV Led sudah mendukung.

2. Pastikan Posisi Antena Tepat

Posisi antena yang tidak tepat juga berpengaruh pada sinyal televisi. Jika scanning tidak berhasil, cobalah pindahkan arah dari antena dan ulangi proses pencarian saluran diatas.

3. Perhatikan Resolusi Gambar

Jika menggunakan TV tabung yang hanya mendukung kabel RCA, maka resoluisnya harusnya di 576p. Sedangkan jika menggunakan kabel HDMI, anda dapat mengatur resolusinya ke 1090p. Masalah utama dari tidak munculnya gambar adalah berkaitan dengan resolusi ini, jadi cobalah untuk mengubahnya sesuai dengan kabel yang dipakai.

Itulah seluruh pembahasan tentang beberapa cara scan ulang set top box. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button